Ternyata Orang Lebih Takut Bicara di Depan Umum daripada Takut Mati, Nggak Percaya?

Semua orang pasti pernah ngalamin ini nih, kamu juga, kan?

Pernah nggak sih kalian merasakan gugup, tegang, panik, atau perasaan semacamnya saat disuruh berbicara di depan umum? Entah itu orang yang sudah dikenal atau yang nggak dikenal sama sekali. Well, sebagian besar dari kita pasti pernah mengalaminya dan mungkin masih sering mengalaminya. Sebenarnya nggak ada yang salah kok sama perasaan tersebut, karena itu merupakan sifat alamiah kita saat sedang dihadapkan pada situasi yang berbahaya.

via Youth Are Awesome

Bahaya? Yup, kamu pasti nggak menyangka kan kalau ketakutan saat berbicara di depan publik itu ternyata bahayanya lebih besar daripada takut akan kematian. Jadi gini, seperti yang dilansir dari Curiosity, insting bertahan hidup pada otak kita pada saat berbicara di depan umum dapat membuat hipotalamus di otak kita menjadi aktif dan memicu hormon yang dapat menstimulasi kelenjar adrenal di ginjal dan setelah itu melepaskan adrenalin ke aliran darah.

via youthmanual.com

Hal ini dapat terjadi pada kehidupan sosial seperti takut berbicara di depan umum atau takut tampil di panggung dan pada saat pertandingan olahraga karena kita takut memalukan diri sendiri, takut apa yang orang lain pikirkan tentang kita, dan takut dikucilkan sehingga hal tersebut menyebabkan tangan mulai berkeringat, kita juga berkeringat dingin, jantung berdegup kencang, dan kata-kata yang kita omongkan tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya ternyata tidak terlalu sulit, lho. Kamu hanya perlu berlatih, berlatih, dan berlatih. Karena semakin sering kamu berlatih, maka kita akan semakin terbiasa pada saat berbicara di depan umum. Latihlah apa yang ingin kamu ucapkan, bagaimana bahasa tubuhnya, ekspresi wajah, intonasi, dan lain sebagainya.

via publicwords.com

Kalau berlatih sendiri kamu rasa terlalu sulit, coba bergabung atau membuat sendiri komunitas kecil-kecilan terlebih dahulu. Di komunitas tersebut nantinya kalian akan dapat saling membantu memperbaiki kesalahan satu sama lain. Setelah mampu menaklukkan rasa takut, baru kemudian kamu dapat menambah jumlah anggota komunitasmu atau bergabung dengan komunitas yang lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menarik dan menghembuskan nafas selama 8 detik sebelum mulai berbicara di depan umum.

Nah, apakah kamu mau mencoba mempraktekkannya atau tidak, itu keputusan kamu. Kalau ingin terus-terusan dilanda rasa takut, kamu dapat mengabaikan apa yang ada di artikel ini, tapi kalau kamu ingin berubah dan menjadi tidak lagi takut saat berbicara di depan umum, kamu dapat mulai sering-sering berlatih.

Apa kamu punya tips dan trik yang lain? Jangan sungkan-sungkan untuk membaginya di kolom komentar, ya.

Komentar:

Komentar