Ternyata Begini Cara Menjadikan Tidurmu Jauh Lebih Berkualitas

Karena yang terpenting bukan kuantitas, tapi kualitas!

Banyak orang yang mengira bahwa tidur yang paling baik adalah yang jumlahnya lebih banyak. Misalkan dalam sehari bisa tidur 8-10 jam sehari, dianggap lebih sehat dan bugar ketimbang orang yang tidur dengan kuantitas lebih rendah. Padahal nggak selalu kayak gitu lho, buktinya banyak kok orang yang tidur lebih lama tapi saat bangun tidur justru badan jadi lemas dan kurang bertenaga.

Jika kamu mengalami hal diatas, tandanya tidurmu kurang berkualitas. Tidur yang kurang berkualitas akan membuat kamu tetap lemas meskipun kamu udah tidur cukup lama. Lalu gimana cara supaya tidur bisa berkualitas? Coba simak tips berikut ini.

1. Mandi air hangat sebelum tidur

via jawaban.com

Usahakan untuk mandi air hangat sebelum beranjak tidur. Air hangat bisa membuat tubuh rileks dan akibatnya tidur pun akan lebih nyenyak. Karena menurut penelitian, air hangat mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

2. Matikan peralatan elektronik di dalam kamar

via staciebridal.com

Sebisa mungkin matikan seluruh peralatan elektronik kayak HP, komputer, modem, dan sejenisnya saat tidur. Sinar biru dari peralatan elektronik terbukti bisa mengganggu tidur dan membuat suasana tidur jadi buruk.

3. Manjakan diri dengan minum susu hangat dan ngemil kue keju

via vemale.com

Sebelum tidur, kamu bisa memanjakan diri dengan minum susu hangat dan makan roti keju. Kandungan susu dan keju mampu membuat tubuh rileks sehingga siap untuk beristirahat. Tapi jangan terlalu dekat dengan jam tidur ya, paling tidak 1-2 jam sebelum tidur.

4. Sejukkan suhu kamar

via samsung.com

Hindari suhu yang terlalu panas atau dingin saat tidur. Suhu panas membuat kamu sering terbangun di tengah tidur, sedangkan suhu dingin membuat kamu kembung dan akhirnya bangun dengan rasa kurang nyaman.

5. Tidur di jam yang sama dan teratur

via aura.co.id

Dan sebisa mungkin usahakan untuk tidur di jam yang sama setiap hari. Otak akan memproses ritme tidur yang baik sehingga otak menjadi rileks dan tahu kapan harus beristirahat. Ini yang membuat tubuh menjadi jauh lebih siap untuk tidur, akibatnya tidur pun akan jauh lebih berkualitas.

 

Yuk buruan terapkan tips diatas, dijamin nggak ada adegan loyo setelah bangun tidur deh!

 

Sumber: Lifehack

- Advertisement -
Shares 15

Komentar:

Komentar