Terapkan 6 Hal Ini dan Dapatkan Tidur Yang Lebih Berkualitas


Tidur adalah kebutuhan semua manusia. Tapi ternyata tidur juga tidak bisa dilakukan tanpa aturan karena akan mengganggu tubuh dan psikologi orang tersebut. Tidur yang berkualitas akan membuat sesorang memiliki mental dan kondisi tubuh yang lebih baik. Jadi kalo kamu masih sering tidur tanpa aturan, sebaiknya segera ubah kebiasan tersebut.

tidur berkualitas via shutterstock
tidur berkualitas via shutterstock

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan agar kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan membuat kamu jadi lebih produktif.

1. Tak perlu alarm

Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Jadi jika kamu bangun tidur karena suara alarm, bisa jadi tubuh belum mendapatkan tidur yang cukup. Bangun pagi tanpa alarm berarti bertanda tubuh kamu cukup beristirahat. Cobalah untuk tidur lebih awal dan hitung mundur berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk tidur.

2. Tidur tanpa gangguan

Tidur yang baik adalah tidur tanpa ada gangguan yang membuat kualitas tidur jadi kurang. Biarpun kamu sudah tidur selama 10 jam tapi jika kamu tidak tenang maka tidurmu tidak akan membuatmu semakin baik. Coba cari tahu gangguan tidur apa yang sekarang kamu alami. Konsultasikan ke dokter dan dapatkan solusinya.

3. Disiplin waktu tidur

Jika selama ini kamu memulai tidur dengan jam yang berbeda-beda maka akan mengakibatkan perasaan jet lag saat bangun. Tidurlah pada jam yang sama setiap hari agar tubuh terbiasa dengan irama tidur dan bangun. Ini akan membuat kehidupanmu lebih disiplin dan berpengaruh baik pada produktifitasmu.

4. Usahakan tidur siang

Usahakan kamu melakukan aktivitas tidur siang saat istirahat di kantor atau aktivitas lainnya. Menurut penelitian, tidur siang bermanfaat terhadap ketelitian, kecermatan, dan performa kerja. Jadi sisihkan beberapa menit di istirahat siang untuk tidur.

5. No kafein dan alkohol sebelum tidur

Kamu pasti tahu kafein punya khasiat untuk mengundur rasa kantuk. Jelas sekali ini akan membuat siklus tidur menjadi tidak beraturan. Secara tak sengaja, kafein akan merubah kebutuhan tidur dan kamu terkesan masih bugar saat itu. Jadi hindari minum kopi dan alkohol sebelum tidur agar jam tidur tidak berantakan.

6. Perhatikan lingkungan

Percaya atau tidak, kualitas tidur juga ditentukan oleh keadaan lingkungan sekitar. pengaturan cahaya atau suara-suara saat menjelang tidur berpengaruh pada nyenyaknya tidur. Redupkan lampu senyaman mungkin, hindari suara tv, atau radio yang terlalu berisik, juga perangkat elektronik dari atas ranjang. Dijamin tidur kamu akan lebih berkualitas dibanding sebelumnya.

 

Nah kalau kamu mau jadi orang yang produktif dan berujung pada sukses, jangan lupa terapkan 7 kebiasaan saat tidur diatas ya. Dijamin kamu bakal lebih bahagia dan sukses menjalani kehidupan. Selamat mencoba!

 

sumber: beritagar.com

Komentar:

Komentar