Tak Disangka! 11 Benda Sederhana Ini Ternyata Bisa Kamu Manfaatkan di Situasi Darurat

Sekarang, kita bisa lebih tenang saat camping atau mendaki gunung...

Di saat darurat, benda-benda yang sering kita sepelekan keberadaannya atau bahkan dibuang begitu saja ternyata bisa sangat bermanfaat banget, loh. Bahkan benda yang biasa kamu lihat sehari-hari ini bisa menyelamatkanmu di saat-saat kritis, seperti saat terjebak di tengah hutan dan kehilangan arah.

Mau tahu apa saja bendanya dan gimana memanfaatkannya jadi tips cerdas? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kardus telur bisa dipakai untuk menyalakan api

Sumber: brightside.me

Karena kotak telur seperti di atas sangat mudah terbakar dan menghasilkan api yang cukup panas yang bisa menghangatkkan tubuh. Jangan lupa juga untuk memasukkan ranting kering atau arang ke dalam kardus kotak telurnya. Bahkan jika cuaca sedang berangin, kardus dan isinya bakal terbakar dengan mudah, kok.

2. Menjernihkan air dengan kaus

Sumber: brightside.me

Ambil dua wadah, lalu tempatkan wadah berisi air kotor di posisi yang lebih tinggi dari wadah kosong yang disiapkan untuk air bersih. Taruh sobekan kain bersih dari kaus sebagai penghubung antara dua wadah tersebut, kemudian tunggu beberapa menit. Akan lebih baik jika merebus air saringan tersebut sebelum dipakai.

3. Krayon sebagai pengganti lilin

Sumber: brightside.me

Krayon bisa digunakan sebagai alternatif pengganti lilin. Itu karena krayon memang terbuat dari lilin dan mudah terbakar. Satu batang krayon bisa bertahan selama 30 menit, loh!

4. Masukkan rerumputan untuk hangatkan badan

Sumber: brightside.me

Tips cerdik ini berguna banget saat kamu mendaki gunung. Untuk menghindari terserang hipotermia, masukkan beberapa gundukan rumput ke dalam pakaian (jaket) kamu. Rerumputan tersebut bisa menghangatkan tubuh di saat kritis.

5. Bakar dedaunan herbal untuk mencegah gigitan serangga

Sumber: brightside.me

Nyamuk, lalat, dan serangga lainnya tidak menyukai bau daun-daun herbal yang dibakar. Jadi, manfaatkan tips cerdik ini untuk mengusir mereka.

6. Odol untuk mengatasi gigitan serangga

Sumber: brightside.me

Odol atau pasta gigi bisa digunakan sebagai anti inflamasi yang bisa mencegah kemerahan atau rasa terbakar setelah digigit serangga. Kandungan mentolnya pun bisa meredakan rasa sakit setelah digigit.

Masih ada lagi loh tips cerdik lainnya

- Advertisement -
Shares 333

Komentar:

Komentar