Kalau Kamu Susah Fokus Saat Beraktivitas, Artinya Kamu Wajib Lakukan 7 Hal Ini

Daripada kerjaanmu nanti nggak beres-beres

[tps_header]Fokus untuk melakukan sebuah pekerjaan atau fokus dalam belajar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi dengan keberadaan smartphone di samping kamu, susah fokusnya makin berlipat ganda karena kamu pasti penasaran mencek notifikasi yang masuk. Untuk mengembalikan fokusmu, kamu wajib lakukan 7 hal ini agar lebih fokus dan produktif.

1. Sebisa mungkin hindari multitasking

susah fokus multitasking

via wisdomlabs

Penelitian menemukan fakta bahwa mereka yang sering melakukan beberapa pekerjaan sekaligus (multitaskers) adalah mereka yang sering pecah fokusnya saat bekerja. Fokus pada satu pekerjaan akan lebih efisien dan tentunya lebih maksimal.

2. Atasi susah fokus dengan meditasi

susah fokus hilangkan dengan meditasi

via yogajournal.com

Meditasi melatih kamu untuk fokus. Dengan sering melatih fokus maka akan memiliki efek langsung untuk lebih mudah fokus pada pekerjaan yang dilakukan.

3. Rajin olahraga

susah fokus atasi dengan olahraga

via mensrunninguk.co.uk

Apa hubungannya susah fokus dengan olahraga? Ternyata, olahrga secara rutin dapat memicu zat-zat kimia di otak yang mampu meningkatkan kinerja bagian memori sekaligus menambah daya fokus. Nah, tuh masih berpikiran malas olahraga?

4. Buat daftar kerja

susah fokus bikin to do list

via blog.catchpoint.com

Hal ini memberikan kamu untuk mengatur pekerjaan mana yang harus menjadi prioritas dan mana yang bisa dilakukan belakangan. Membuat daftar kerja juga mencegah kamu melakukan pekerjaan sekaligus yang bisa berakibat susah fokus.

5. Ngopi? Boleh banget

susah fokus bikin kopi

via brickandmortarcoffee.com

Apalagi buat kamu yang sedang lelah, asupan kafein seperti dalam kopi mampu meningkatkan daya fokusmu loh! Tapi ingat, konsumsi terlalu banyak kafein juga bisa membahayakan. Jaga asupan kafeinmu seperti membatasi maksima 3 cangkir kopi per harinya.

6. Ikuti aturan 20-20-20

susah fokus break

via firmex.com

Setelah berjam-jam melihat layar komputer, semua orang pasti lelah mata dan susah fokus. Nah, kamu bisa rileks sebentar dengan melihat ke arah jauh yang berjarak sekitar 20 kaki selama 20 detik dan dilakukan setiap 20 menit sekali.

7. Yang jelas kamu harus tidur malam yang cukup

susah fokus hilangkan dengan tidur

via indiatimes.com

Agar kamu bisa fokus berkerja keesokan harinya, tidur yang cukup itu wajib. Kalau di pagi hari, kamu sudah menguap, mengeluh, dan lesu itu berarti kamu kurang tidur sehingga wajar saja kalau kamu susah fokus. Cobalah atur waktumu agar bisa tidur minimal 7 jam di malam hari.

Biar kerjaanmu cepet beres, kamu wajib lakukan tips dari Businessinsider di atas ya!

- Advertisement -
30 Shares

Komentar:

Komentar