Susah Fokus Saat Bekerja? Coba 9 Cara buat Meningkatkan Produktivitas Ini yuk!

Oh, gini toh caranya!

:

Saat kalian lagi bekerja, apa kalian sering dapat gangguan yang bikin hilang konsentrasi? Contohnya aja, kalau kalian bekerja di kantor atau lagi kerjain tugas, kalian tiba-tiba tergoda buat cek medsos atau chatting dari gebetan (walau kalian tahu dia belum bales chat kalian… hiks). Yap, gangguan-gangguan seperti itu memang sering muncul ketika kita bekerja kan, guys?

Padahal fokus dalam semua pekerjaan yang kita lakukan sangatlah penting, karena itu bisa menentukan prestasi kita dalam bekerja. Bos atau atasan mana sih yang gak suka liat bawahannya produktif dalam bekerja?

Nah, kalau menurut para atlet, penulis, dan psikolog, kita sebaiknya masuk ke dalam ruangan bernama “the zone” ketika bekerja, karena hal itulah yang bakal bikin produktivitas kita meroket. “The zone” sendiri bukan suatu tempat di muka bumi yang punya kekuatan magis di dalamnya. Dan bukan pula tempat di mana ketika memasukinya kita bakal punya kekuatan pikiran sekuat Dr.Strange. Bukan, bukan…

Apa yang dimaksud dengan “the zone” adalah suatu tempat dalam pikiran kita yang membuat kita menikmati pekerjaan yang kita lakukan, hingga membuat waktu tak terasa karena saking jadi produktifnya kita.

Seperti disarikan dari MentalFloss yang melansir dari NetCredit, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa masuk ke dalam “the zone” tersebut.

1. Ketahui jam paling produktif kalian

via pexels.com

Dengan mengetahui jam berapa kalian paling produktif, kalian bisa masuk ke dalam “the zone” lebih mudah. Di jam produktif itulah pintu untuk masuk ke “the zone” terbuka lebar.

2. Bayangkan tujuan kalian bekerja dan hasil apa yang ingin kalian raih

magz restubpr
via magz.restubpr.com

Buat mental image tentang tujuan dalam bekerja dan apa hasil yang kalian inginkan. Dengan kalian membayangkan hal tersebut, maka semangat kalian dalam bekerja juga akan semakin terpacu.


3. Tentukan target harian kalian

stockfresh
via stockfresh.com

Tuliskan jadwal dan hasil yang ingin kalian capai dalam sehari. Dengan begitu kalian punya tujuan yang harus kalian tepati dalam satu hari. Hal ini juga akan membantu kalian fokus dalam bekerja, guys.

4. Dengarkan musik instrumental atau musik elektro

pixabay
via pixabay

Dr. Teresa Lesiuk menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik tanpa lirik ketika bekerja akan lebih produktif. Usahakan jangan mendengarkan musik dengan lirik, karena musik jenis tersebut bisa mengganggu konsentrasi kalian.

5. Gunakan alam untuk meningkatkan konsentrasi kalian

unsplash
via unsplash.com

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan melihat sesuatu yang hijau bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Jika kalian lebih fokus ketika bekerja, maka kalian akan lebih mudah masuk ke dalam “the zone”.

6. Lakukan meditasi ketika konsentrasi terganggu

sahajayogalondon
via sahajayogalondon.co.uk

Ketika konsentrasi mulai buyar, pejamkan mata selama 30 detik dan lakukan meditasi di kursi kalian. Fokuskan pada berat tubuh kalian yang terus menekan kursi ketika duduk. Hal ini akan membantu untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi kalian, guys.

7. Stop segala bentuk komunikasi yang mengganggu selama beberapa jam

bucks-news
via bucks-news.com

Ketika kalian bekerja, sebisa mungkin gunakan waktu tersebut untuk bekerja. Tekan keinginan buat mengecek HP atau sosial media ketika tengah bekerja, karena hal tersebut bisa membuat konsentrasi yang sudah kalian bangun buyar seketika.

8. Perbanyak camilan yang bisa meningkatkan kinerja otak

via pexels.com

Perbanyak makan camilan yang bisa meningkatkan kinerja otak kalian; makanan-makanan yang mengandung omega-3 seperti walnut atau yoghurt. Jadi kalian bisa tetap ngemil sehat dan juga meningkatkan kinerja otak secara bersamaan.

9. Tetap percaya diri

via pexels.com

Dengan kalian berada di “the zone”, kalian berarti juga sedang mempercayai diri sendiri secara penuh. Tetap penuhi pikiran kalian dengan hal-hal positif, niscaya kalian juga akan mendapat hasil yang positif.

Jadi, buat kalian yang ingin lebih produktif, membuat atasan terkesan, naik jabatan, atau dapat kenaikan gaji karena kerja bagus kalian, cara-cara di atas bisa banget kalian aplikasikan, guys. Langsung coba mulai sekarang, yuk!

Komentar:

Komentar