Supaya Nggak Gampang Dikadalin Sama Berita Hoax, Kamu Harus Tahu 5 Trik Ini!


Sekarang ini berita beneran dan berita hoax sulit buat dibedain. Banyak banget berita yang muncul di internet, tapi kita nggak tahu itu berita beneran atau malah bohongan. Parahnya, hampir sebagian besar orang jusru lebih percaya dan ketipu sama berita hoax kayak gitu ketimbang berita beneran.

Nah, ketimbang terus-terusan dibohongin sama berita-berita bohong yang menyesatkan, mending bentengi diri pake trik-trik cerdas ini.

1. Cek dulu url beritanya

No hoax anymore

Buat memastikan berita tersebut asli atau enggak, jangan lupa mengecek url artikelnya. Jangan ketipu sama alamat website media yang terkenal, karena bisa aja dimanipulasi sama orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Kalo setelah .com ada tambahan .co atau .su, kamu wajib curiga.

2. Jangan lupa baca juga sumber aslinya

No hoax anymore

Biasanya berita hoax juga bakal menampilkan sumber asli supaya meyakinkan pembaca. Tapi jangan langsung percaya, kamu mesti mengecek sumber asli dan mencocokkan beritanya.

3. Cocokkan judul dan isi beritanya

No hoax anymore

Berita hoax identik dengan judul dan isinya yang nggak nyambung. Jadi kalo kamu nemu berita yang siis dan judulnya nggak nyambung sma seklai, bisa dipastikan itu cuma hoax.

4. Pastikan foto dan videonya nyambung

No hoax anymore

Kamu juga mesti memastikan bahwa foto dan video yang ada di berita tersebut nyambung dan sesuai dengan isi berita. Jangan langsung percaya kalo foto dan videonya nggak jelas.

5. Cek berita serupa di situs lain

No hoax anymore

Dan jangan lupa buat mengecek berita yang sama di situs lain. Karena kalo beritanya emang beneran, pasti situs-situs lain yang terpercaya juga bakalan rame memberitakan.

So, jadilah pembaca yang cerdas ya!

 

sumber: brilio

 

Komentar:

Komentar