Supaya Konsumsi BBM Kendaraan Kalian Semakin Hemat, Cobain deh 8 Tips Praktis Ini

Bahan bakar irit, kantong tebal, hidup pun senang

Kendaraan pribadi, mau itu motor atau mobil (atau baling-baling bambu), sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer untuk banyak orang. Pergi ke kantor, sekolah, ataupun kampus; semua biasa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tapi, suka sebel gak sih kalau konsumsi BBM kendaraan bermotor yang kalian gunakan terasa boros? Masih untung kalau bahan bakar habis pas nemu pom bensin. Lah, kalau mati di tengah jalan gimana? Dorong sampai tempat tujuan? Kalau buat kalian yang suka tantangan sih hal itu mungkin gak akan jadi masalah. Beda halnya buat orang-orang yang punya hobi lain. Hal itu bisa sangat melelahkan sekali, bukan?

Nah, bagi kalian yang kebetulan gak punya hobi dorong-dorong motor atau derek mobil, berikut ada beberapa 8 tips dari BrightSide, biar konsumsi BBM kalian jadi lebih hemat, guys.

1. Tekan atau tarik pedal gas secukupnya

via brightside.me

Buat kalian yang punya semangat tinggi atau punya ambisi jadi Dominique Torreto, mungkin ada baiknya kalian tahan hasrat untuk menginjak atau menarik gas pada kendaraan kalian secara maksimal. Hal tersebut justru akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan kalian semakin meningkat. Atur gas selembut mungkin agar tenaga maupun bahan bakar yang dikeluarkan juga tetap efisien dan irit.

2. Patuhi batas kecepatan kendaraan kalian

via brightside.me

Kendaraan kalian akan lebih irirt apabila kalian mematuhi batas kecepatan yang disarankan. Usahakan jangan sering kebut-kebutan, guys. Karena selain boros bahan bakar, kebut-kebutan juga berbahaya. Inget, safety first, guys!

3. Servis rutin kendaraan kalian

via brightside.me

Ganti oli dan saringan oli kendaraan kalian setiap 4.500 mil atau 7.300 KM, guys. Oh iya, jangan lupa juga untuk selalu mengganti busi dan saringan udara kendaraan kalian, agar kendaraan tetap prima dan nyaman digunakan. Jangan ditunda-tunda; semakin ditunda, maka semakin besar kemungkinan kerusakan yang terjadi, dan semakin besar pula biaya servisnya. Udah tekor karena bensin boros, ditambah tekor servis mahal. Double trouble, deh.

4. Gunakan AC daripada membuka dan menutup jendela

via mastermechanic.ca

Pada mobil-mobil model lama memang penggunaan AC lebih memakan bahan bakar dibanding jika kita membuka jendela (karena pada mobil jaman dulu membuka jendela masih menggunakan tenaga manusia). Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, mobil-mobil mulai menggunakan penggerak kaca otomatis yang menggunakan mesin. Nah, ternyata, penggerak kaca otomatis ini mengonsumsi bahan bakar lebih banyak daripada AC lho, guys!

5. Pilih rute paling efisien

via brightside.me

Pilih rute paling pendek dan paling dekat dengan daerah tujuan kalian, guys. Karena sudah jelas, semakin pendek rute, maka semakin sedikit pula konsumsi bahan bakarnya.

You don’t say, huh?

Oh iya, buat kalian yang tinggal atau akan bepergian ketempat dingin, jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin kendaraan kalian setiap hari. Dengan begitu, mesin bakalan selalu siap dan konsumsi bahan bakar pun lebih hemat karena mesin tidak dingin. Mesin yang dingin akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak di 8 KM awal perjalanan kalian.

6. Sebisa mungkin jangan berkendara saat hujan

via brightside.me

Ketika hujan, kendaraan kita tidak hanya akan melawan arus angin, tapi juga arus air khususnya ketika banjir. Dengan perlawanan arus seperti ini, mesin akan bekerja lebih keras, dan tentu saja konsumsi bahan bakar lebih boros.

7. Selalu periksa tekanan angin pada kendaraan kalian

via brightside.me

Tekanan angin pada kendaraan kalian juga harus tetap dijaga, guys. Coba deh kalian pakai motor atau mobil dengan ban yang kempes atau bocor, gak enak banget, ‘kan? Selain gak enak, hal itu juga bikin konsumsi bahan bakar meningkat, lho. Khusus buat kalian yang tinggal di daerah yang dingin, monitoring tekanan angin ban ini harus lebih sering dilakukan karena udara di dalam ban akan cepat menyusut ketika udara dingin.

8. Jangan bawa barang berlebih

via brightside.me

Jangan bawa terlalu banyak barang di dalam mobil kalian, apalagi barang yang tidak terlalu kalian butuhkan. Ingat kalian membawa mobil untuk berkendara, bukan untuk menjadi rumah kedua (kecuali jika kalian hippie yang tinggal di dalam van, itu lain cerita). Karena semakin berat bawaan kalian, akan semakin besar pula konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh kendaraan kalian, guys.

Nah, gimana tips-tips nya, guys? Buat kalian yang ingin mulai berhemat bahan bakar, mulai sekarang terapin deh tips-tips di atas. Niscaya kendaraan kalian semakin irit, kantong semakin tebal, dan pacar semakin sayang. Mantap! Selamat mencoba, ya…

318 Shares

Komentar:

Komentar