Nggak Nyangka, 10 Profesi yang Dikesampingkan Ini Digaji Besar di Luar Negeri!


Kalau mau ditilik lebih dalam lagi, kenapa sih orang Indonesia mau jadi TKI di luar negeri yang kerjaannya serabutan gitu? Kita kesampingkan dulu kasus-kasus malangnya nasib TKI di luar negeri, tapi yang jelas mereka rela melakukannya karena gaji yang diterima besar. Yap, jelas besar, apalagi kalau dibandingkan dengan Indonesia yang menggaji para profesional aja belum sesuai standar. Apalagi yang cuma tukang sapu atau tukang sampah? Bisa-bisa gaji mereka jauh dibawah standar UMR.

Tapi jangan salah, proefesi-profesi yang dipandang sebelah mata di Indonesia ternyata memiliki bayaran yang tinggi lho diluar negeri. Bahkan cuma sekedar cleaning service WC yang kerjaannya jorok aja bisa mendapatkan kehidupan yang layak disana. Jelas nggak mungkin ada kasus OB yang bunuh mahasiswa gara-gara nggak punya duit di luar negeri sana. Itulah sebabnya orang Indonesia berlomba-lomba buat dapetin kerjaan di luar negeri atau bahkan rela pindah warga negara demi kehidupan yang jauh lebih mapan.

Ini nih Selipan bahas satu persatu pekerjaan apa aja yang gajinya gede di luar negeri, padahal di Indonesia justru dikesampingkan. Simak yak!

1. Pembantu rumah tangga

via tmpo.co
via tmpo.co

Di Indonesia, profesi pembantu rumah tangga atau PRT agak dikesampingkan, pasalnya pekerjaan ini biasanya hanya dilakukan oleh orang-orang yang nggak berpendidikan. Tapi ternyata, diluar negeri sana, PRT termasuk profesi yang cukup diminati lantaran gajinya cukup menjanjikan lho! Bahkan pekerjaan rumah tangga yang ringan aja bisa digaji sekitar Rp 4 juta per bulan di Hongkong dan Rp 100.000/jam di Kanada. Coba bayangkan gimana PRT yang kerjaannya full dan agak berat? Bisa puluhan juta tuh masuk kantong. Nah sedangkan di Indonesia? Paling banter Rp 1,5 juta, itu juga plus ngurus bayi dan jaga rumah.

2. Caregiver

via pembantu.com
via pembantu.com

Tau nggak caregiver itu profesi apa? Ternyata ini adalah nama lain dari perawat lansia. Tugas merawat para lansia yang dianggap nggak bisa ngapain-ngapain termasuk sangat berat bagi orang luar negeri. Maka dari itu, bayaran yang mereka terima pun setimpal dengan berat dan ribetnya jobdesk mereka. Di Jepang, caregiver bisa mendapat gaji Rp 10-17 juta per bulan hanya dengan merawat para lansia. Sedangka di Indoensia? Huff, jawab sendiri deh.

3. Tukang sampah

via terbitsport.com
via terbitsport.com

Kamu pasti nggak ada yang mau kan kalau ditawari jadi tukang sampah? Ya iyalah, udah jorok, bau, gajinya kecil lagi! Tiap hari ngangkut gerobag sampah yang kotornya luar biasa. Tapi gimana kalau profesi itu digaji Rp 25 juta per bulan? Dijamin pada mupeng! Yap, di luar negeri kisaran gaji tukang sampah bisa mencapai nominal itu, sangat jauh dibandingakn Indonesia yang mungkin hanya menghargai tulang sampah Rp 500.000 per bulan.

4. Tukang ledeng

via malumau.com
via malumau.com

Di Indonesia, profesi tukang ledeng termasuk profesi yang dianggap sebelah mata lantaran pekerjaannya yang serabutan. Profesi ini juga jarang ada, karena klien di Indonesia hanya membayar seadanya untuk tukang ledeng yang mau membetulkan ledeng yang bocor di rumah-rumah. Tapi di luar negeri, profesi ini justru diperebutkan lho. Gimana pada nggak mupeng kalau gajinya bisa mencapai Rp 500 juta per tahun? Wow!

5. Tukang cuci piring

via okezone.com
via okezone.com

Kalau di negara kita, pekerjaan mencuci piring dari rumah ke rumah pasti akan dilimpahkan pada pembantu rumah tangga. Tapi beda dengan di luar negeri, profesi tukang cuci piring ternyata ada sendiri. Biasanya pekerjaan ini diserbu oleh mahasiswa yang ingin bekerja paruh waktu. Nggak cuma di rumah-rumah aja, restoran dan kafe pun banyak membutuhkan jasa tukang cuci piring untuk membatu pekerjaan mereka. Dan mau tahu gaji yang diterima berapa? Bisa mencapai Rp 100.000 per jam lho!

 

Komentar:

Komentar