Punya Karir yang Mulus Emang Keren, Tapi Jangan Sampai Kamu Ngorbanin 5 Hal Ini

Ngejar prestasi di kantor boleh aja, tapi bukan berati kamu jadi ngesampingin hal-hal penting lainnya

Lulus kuliah dan mulai berkarir di perusahaan gede pasti jadi mimpi banyak mahasiswa yang baru selesai kuliah. Setelah capek setengah mati ngelarin skripsi, ngelamar dan interview sana sini, kamu boleh bernafas lega setelah akhirnya kamu berhasil lolos kerja di sebuah perusahaan yang punya nama besar. Gak cuma  jadi punya uang sendiri, tapi kamu juga bisa bikin kedua orang tua kamu bangga sama keberhasilan kamu ini. Tapi jangan sampai keberhasilan ini bikin kamu jadi sibuk sendiri sampai ngorbanin banyak hal di hidup kamu.

Karir bukan satu-satunya hal yang harus kamu kejar di dunia loh, apalagi sampai bikin kamu ngorbanin banyak hal di hidup kamu. Kalau kamu gak mau menyesal di kemudian hari, dilansir dari entrepreneur.com, mending kamu baca ulasan tentang 5 hal yang gak boleh kamu korbanin demi pekerjaan di bawah ini, deh.

1. Kesehatan

Via: Freepik

Kalau kamu sakit-sakitan, kamu gak bisa ngapa-ngapain termasuk kerja. Jadi kamu harus jadiin kesehatan kamu sebagai prioritas utama kamu. Tubuh yang sehat gak cuma bikin kamu bisa ngejalanin aktifitas harian kamu, tapi bisa ngebantu pikiran kamu jadi lebih tenang dalam ngadepin tuntutan pekerjaan. Kamu bisa mulai dengan rutinitas kecil kayak nyemil makanan sehat, lebih memilih naik tangga daripada lift atau lari sore setelah jam kerja. Jangan lupa konsisten sama rutinitas kamu ini, ya!

2. Keluarga

Via: Freepik

We are nothing without family, sesukses apapun kamu, kamu harus selalu ingat dari mana kamu berasal. Semua orang di dunia ini bisa ninggalin kamu tapi keluarga dijamin bakal selalu ada buat kamu. Penting banget kan peran keluarga?

Makanya jangan sia-siain keberadaan mereka cuma karena kamu sibuk lembur di kantor semaleman. Apalagi kalau kamu tinggal di kota yang berbeda sama keluarga kamu, sempetin telfon Mama atau Papa kamu buat nanyain kabar mereka. Hal sekecil ini bakal bikin mereka happy banget, loh.

3. Minat dan Hobi Kamu

Via: Freepik

Mahasiswa-mahasiswa fresh graduate jaman sekarang banyak banget yang kejebak sama rutinitas baru di kantor sampai lupa sama jati diri mereka sendiri. Padahal pas kuliah mereka bisa asyik nge-review buku-buku filsafat yang mereka baca atau main musik sampai larut malam. Tapi begitu kena sama rutinitas kerjaan, jangankan nge-review buku filsafat, baca majalah musik yang ada di kantor aja udah gak sempet.

Padahal hobi dan minat kamu ini justru gambaran jati diri kamu yang sebenarnya loh, jadi jangan sampai kesibukan kantor ngilangin jati diri kamu, ya.

4. Hubungan Percintaan

Via: Freepik

Sibuk di kantor selalu jadi alasan kamu lupa jemput pacar dan ngajak dia makan malam bareng, ujung-ujungnya kamu jadi jomblo deh karena diputusin sama pacar kamu. Duh klise banget sih, inget kerjaan itu bukan segalanya dan semua hal itu harus seimbang baik itu antara kerjaan, keluarga, pacar dan diri kamu sendiri.

Nih tips biar hubungan kamu sama pacar gak bubar jalan cuma gara-gara sibuk kerja, sempetin hubungin pacar kamu sebisa mungkin dan selalu inget janji yang udah kamu bikin sama pacar kamu. Kalau perlu pasang reminder kapan kamu harus jemput pacar kamu pulang dari kampus atau tempat kerjanya.

5. Integritas

Via: Freepik

Integritas adalah hal yang sangat krusial gak cuma di pekerjaan kamu tapi juga di hidup kamu. Kalau kamu belum familiar sama istilah ini, integritas adalah sebuah sikap yang nunjukin konsistensi kita sama hal yang benar. Asal kamu tahu dunia kerja itu seluk beluknya rumit banget, mulai dari saling sikut rebutan jabatan sampai dinamika-dinamika lainnya. Jadi integritas ini diperluin banget supaya kamu bisa tetap stick sama kebenaran.

 

Sekarang udah siap kan buat ngadepin tantangan dunia kerja tanpa kehilangan hal-hal penting di hidup kamu? Pokoknya jadiin hidup kamu seimbang dan jangan sampai kamu kehilangan 5 hal di atas cuma buat ngejar karir di kantor kamu. Good luck!

 

- Advertisement -
Shares 19

Komentar:

Komentar