Punya 7 Ciri Ini? Kalau Iya, Itu Tandanya Kamu Punya Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Kamu termasuk nggak, nih?

Selama puluhan tahun, kita selalu dicekoki pandangan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) sangat memengaruhi kesuksesan seseorang. Contoh kecilnya, orang yang pintar secara akademis dan punya IQ tinggi disebut-sebut pasti bakalan sukses, masa depannya pun cerah benderang. Padahal faktanya belum tentu, bukan?

Ya, riset sudah membukikan orang dengan kecerdasan intelektual yang biasa saja bisa menjadi sukses juga. Usut punya usut, ternyata orang-orang ini memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Kecerdasan emosional itu sendiri adalah kemampuan yang sangat memengaruhi bagaimana kita mengelola perilaku dan membuat keputusan pribadi untuk mencapai hasil positif dalam kehidupan.

Penasaran nggak, apa kamu termasuk orang yang punya kecerdasan emosional tinggi?

Ternyata orang yang masuk kategori tersebut punya ciri-ciri unik, lho. Dan kebiasaan ini juga yang menjadi pembeda bagaimana mereka mengatasi suatu masalah dan memutuskan sesuatu. Jadi, kenali 7 ciri ini yuk, siapa tahu kamu juga termasuk orang yang cerdas secara emosional.

1. Bisa mengidentifikasi emosi

via sukalive.com

Setiap orang pasti memiliki emosi, tapi cuma beberapa orang aja yang bisa mengidentifikasi apa tepatnya emosi yang sedang dirasakannya. Orang yang punya EQ tinggi ini bisa menguasai emosinya karena memang sangat memahaminya; mereka tahu betul apa yang sedang mereka rasakan dan bisa menjelaskannya lewat kata-kata dengan tepat. Daripada cuma menyebut kalau “perasaannya lagi nggak enak”, orang dengan kecerdasan emosional tinggi bisa menjelaskannya lebih detail: apakah ia lagi “gelisah”, “marah”, “frustrasi”, “jengkel”, atau “kecewa”.

Singkatnya, orang yang ber-EQ tinggi punya kosa kata yang lebih lengkap untuk mengungkapkan emosinya.

Editor’s Pick

2. Punya empati yang tinggi

via david-pramana.com

Orang yang memiliki EQ tinggi ini selalu penasaran mengenai orang-orang yang ada di sekelilingnya, nggak peduli mereka orang yang tertutup atau terbuka. Rasa penasaran ini sendiri adalah hasil nyata dari rasa empati.

Orang yang punya EQ tinggi pasti punya rasa empati dan kepedulian pada orang lain.

3. Siap menerima perubahan

via nationalgeographic.co.id

Orang yang punya kederdasan emosional selalu fleksibel dan terus mencoba beradaptasi. Mereka tahu bahwa ketakutan terhadap perubahan bakal menumpulkan kebahagiaan mereka. Mereka bahkan nggak akan sungkan untuk selalu mencari perubahan. Dan mereka bakal siap menyambut perubahan itu karena mereka sudah membuat persiapan sebelumnya.

4. Tahu kekuatan dan kelemahan diri

via santaisaja.net

Pastinya orang yang punya kecerdasan emosional nggak cuma bisa mengidentifikasi emosi, tapi juga tahu apa yang mereka sukai dan apa yang terlihat mengerikan. Orang dengan EQ tinggi pasti sangat tahu kekuatan dan kelemahannya demi mendapatkan keuntungan dalam pengambilan keputusan penting.

5. Menjadi hakim karakter

via mandiribinapersada.com

Orang yang punya kecerdasan emosional punya kemampuan membaca orang lain dengan baik. Keterampilan yang terus diasah karena sering penasaran dengan orang di sekitarnya ini membuat mereka jadi ahli dalam menilai karakter. Jadi, kamu bisa benar-benar tahu karakter seseorang karena kamu melihat dan memerhatikannya dari segi emosional.

6. Nggak gampang tersinggung

via terselubung.in

Karena memiliki pemahaman yang kuat tentang diri sendiri, orang yang punya kecerdasan emosional tinggi pasti punya kepercayaan diri yang sama tingginya. Selain itu, mereka juga punya pikiran terbuka.

Orang ber-EQ tinggi juga biasanya nggak keberatan menjadikan dirinya bahan guyonan orang lain. Itu karena mereka tahu batasan antara humor dan niat mempermalukan.

7. Tahu kapan harus menjawab “tidak”

via meretas.com

Kontrol diri yang baik akan membuat kamu mudah dalam mengambil keputusan. Orang yang sulit berkata “tidak” pada perkataan atau permintaan orang lain cenderung bakal merasa stres, kelelahan, sampai depresi. Tapi, tentunya orang yang ber-EQ tinggi nggak akan pernah ngalamin ini karena sudah punya standar pengendalian diri yang baik.

Kalau kamu ngerasa punya 7 sifat di atas, pastinya kamu udah termasuk ke dalam orang-orang yang ber-EQ tinggi. Dan tentunya keseimbangan antara IQ dan EQ mesti sejalan supaya mencapai kesuksesan yang sebenarnya.

- Advertisement -
724 Shares

Komentar:

Komentar