Kamu Punya Teman Pemalu? Coba 6 Cara Jitu Ini Supaya Dia Jadi Lebih Berani

Siapa bilang jadi pemalu gak berani bertemu orang-orang baru?

Setiap orang punya cara masing-masing buat berinteraksi dalam lingkungannya. Ada yang bisa dengan mudah masuk ke dalam sebuah lingkungan baru dan ada juga yang perlu usaha ekstra buat memulai sebuah pertemanan baru. Kalau kamu kenal dengan teman yang masuk dalam kategori kedua, bisa jadi teman kamu memang terlahir sebagai orang yang pemalu. Tapi, tenang! Teman kamu ini gak perlu ngerasa minder karena ada banyak cara yang bisa kamu lakuin supaya mereka bisa jadi lebih berani menghadapi lingkungan yang dipenuhi dengan orang-orang baru.

Enam cara yang ditemukan para ahli Sosiologi ini diantaranya adalah…

1. Memulai Pembicaraan

talking-to-woman-with-confidence
Via: whattosaytogirls.com

Bagi pemalu, memulai sebuah pembicaraan adalah hal yang sulit untuk terjadi. Oleh sebab itu, kalau kita pengen teman kita yang pemalu bisa lebih mudah masuk dalam sebuah lingkungan yang benar-benar baru, kita bisa mengambil alih peran tersebut supaya teman kita gak kebingungan dalam memulai sebuah percakapan. Langkah ini bisa dilakukan lewat obrolan tentang hal yang paling ringan seperti mengajak berkenalan, dengan begitu si pemalu bisa terlibat dalam sebuah percakapan dengan mudah.

2. Kasih Afirmasi

A shot of two college students having a discussion on campus
Via: msecnd.net

Afirmasi atau pernyataan positif adalah bagian penting dalam membuat seorang yang pemalu menjadi lebih percaya diri. Ketika si pemalu harus masuk ke dalam lingkungan yang baru, seringkali ia merasa gugup dan gak percaya diri. Sebagai teman, kamu bisa menambah rasa percaya diri mereka dengan mengucapkan kalimat-kalimat positif yang bisa membangun mental mereka menjadi lebih pemberani. Dengan begitu mereka akan lebih PD buat berinteraksi sama orang-orang yang baru mereka kenal.

3. Sebut Nama Mereka

3
Via: picdn.net

Layaknya mayoritas orang pada umumnya yang senang mendengar namanya disebut ketika terlibat dalam sebuah percakapan, hal yang sama juga berlaku buat si pemalu. Mendengar namanya disebut dalam sebuah percakapan bisa membuat si pemalu merasa lebih dihargai dan diakui keberadaannya oleh lingkungannya. Selain itu, mereka juga jadi merasa benar-benar terlibat dalam sebuah aktifitas di lingkungan barunya tersebut.

4. Telusuri Minat Mereka

Girl-Reading-Book
Via: goodereader.com

Apa sih yang menarik perhatian mereka? Pada dasarnya setiap orang senang membicarakan hal-hal yang mereka minati dan hal ini juga berlaku untuk si pemalu. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat si pemalu berani berbicara. Tanyakan apa hobi dan kesukaan mereka, lalu lanjutkan dengan obrolan mengenai hal tersebut. Percaya deh, dengan begini si pemalu bakal jadi lebih berani buat terbuka sama orang lain.

5. Tawari Mereka Bantuan

iStock_52232896_LARGE
Via: media.socastsrm.com

Ketika seseorang yang punya sifat pemalu membutuhkan bantuan, biasanya mereka sungkan untuk minta bantuan sama orang lain. Kamu bisa membantu mereka dengan pro aktif menawari mereka bantuan, saat mereka terlihat sedang mengalami kesulitan.

6. Bangun Rasa Percaya Diri Mereka

Three young happy teenage girls have fun in city outdoors
Via: shesaid.com

Kadang-kadang sifat pemalu itu mencerminkan rasa tidak percaya diri dalam diri seseorang, loh. Untuk itu kita bisa membantu mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka dengan membantu mereka mengatasi rasa ketidakpercayaan diri tersebut. Hal ini bisa dilakukan lewat memberikan pujian atas prestasi yang mereka buat atau bahkan mengkritik kekurangan mereka dengan cara yang baik, yang penting teman kamu yang pemalu bisa jadi tahu kekurangan mereka dan bisa memperbaiki hal tersebut.

 

Bagaimanapun karakter pemalu dimiliki sebetulnya bukan sesuatu yang harus diubah demi diterima sama lingkungan baru. Cara-cara tersebut ditemukan agar si pemalu bisa melengkapi kekurangannya dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Intinya, semua cara di atas ditemukan bukan untuk mengubah kepribadian si pemalu melainkan untuk membuat mereka lebih menjadi dirinya sendiri!

41 Shares

Komentar:

Komentar