Sukses Muda dan Pensiun Dini Bukan Sekadar Mimpi, 10 Tips Sederhana Inilah Kuncinya

Ini yang bisa kamu lakuin dari sekarang supaya masa depan kamu aman secara finansial

Sebagai anak muda millenial yang sering dicap konsumtif dan ceroboh dalam ngatur keuangan, kita wajib nyari tahu gimana caranya supaya uang yang kita hasilkan bisa dinikmati sampai tua. Ternyata di tengah era digital kayak sekarang, tips buat ngatur keuangan itu banyak banget sampai bikin kamu kewalahan buat nerapin semua tips itu. Nah, daripada kamu kebingungan, mending kamu baca 10 tips yang dilansir dari artikel INSIDER tentang seorang pria yang baru saja pensiun di usia 52 tahun dengan total kekayaan lebih dari 3 juta dollar. Penasaran? Yuk, kita mulai!

1. Punya Background Pendidikan Yang Sesuai dengan Passion Kamu

Via Freepik.com

Hari gini masih asal kuliah tanpa mempertimbangkan masa depan dari jurusan yang kamu pilih? Hati-hati masa depan kamu jadi blunder, loh. Masing-masing jurusan pasti sudah punya jenjang karir yang bisa kamu masukin begitu kamu lulus dari bangku kuliah, tapi ngelakuin research mendalam terlebih dulu tentang segala tetek bengek potensi karir yang bisa kamu capai berdasarkan jurusan kuliah yang kamu ambil, pasti bakal bikin persiapan kamu jadi lebih matang dalam menyongsong masa depan. Hal ini terbukti dari adanya beberapa jurusan favorit yang memang punya lapangan kerja lebih luas dibandingkan jurusan lainnya.

2. Fokus Ngembangin Karir Yang Kamu Punya Adalah Suatu Keharusan

Via: Freepik

Buat kamu para fresh graduate yang sudah mulai bekerja, jangan kebanyakan ngeluh! Deadline numpuk sampai atasan yang nyebelin cuma sedikit dinamika dunia kerja yang kamu alamin. Percaya deh semua hal nyebelin itu in the end bakal ngasih pelajaran berharga buat kamu. Fokus ngembangin karir yang kamu punya supaya kamu bisa dapetin banyak bonus di akhir tahun yang bisa kamu tabung buat masa depan kamu.

3. Kontrol Pengeluaran Kamu

Via: Freepik.com

Percuma kalau kamu punya gaji dan bonus gede tapi ujung-ujungnya habis gak berbekas cuma buat muasin gaya hidup hedon kamu. Batasin pengeluaran makan kamu di cafe-cafe hits dan mulai rutin makan siang di kantin kantor. Percaya deh, uang yang biasa terpakai buat bayar pajak restoran bisa kamu pakai buat nambahin uang bensin mingguan kamu.

4. Stop Ngutang

Via: Pexels.com

Kartu kredit memang menggiurkan buat belanja barang-barang yang kamu inginkan. Tapi ingat, barang yang kamu mau belum tentu barang yang kamu butuhin. Belanja pakai kartu kredit juga bikin kamu punya ‘penyakit’ belanja pakai uang yang gak kamu punya. So, mending stop pakai kartu kredit kalau gak mau uang hasil kerja kamu cuma habis buat bayar tagihan bulanan.

5. Belajar Investasi Sejak Dini

Via: theecogazette.com

Di era globalisasi kayak sekarang, harus kamu manfaatin seoptimal mungkin buat belajar berbagai hal termasuk soal investasi dini. Mulai dari buka-buka website keuangan, sampai nyari jadwal seminar keuangan buat anak muda. Bikin istilah Deposito sampai Obligasi jadi familiar di kuping kamu!

6. Cari Pasangan Yang Satu Visi Sama Kamu

Via: Pixabay.com

Percaya gak percaya, pacar kamu punya pengaruh besar dalam cara kamu mengontrol keuangan. Kalau pacar kamu sama-sama punya niat buat punya masa depan yang aman secara finansial, kalian bisa saling ngingetin saat salah satu dari kalian lagi kumat borosnya. Tapi kalau pacar kamu tiap weekend harus makan malam di restoran mewah sampai wajibin kamu buat arrange liburan ke luar kota di setiap akhir bulan, siap-siap bilang selamat tinggal sama saldo tabungan kamu deh.

7. Tentuin Tujuan Kamu dan Gimana Cara Mencapainya

Via Freepik

Punya cita-cita adalah salah satu cara buat bikin kamu semangat menata masa depan kamu termasuk soal keuangan. Kalau kamu pengen punya rumah sendiri di usia 30, tentuin gimana caranya buat mencapai itu. Mulai dari ngitung pemasukan dan pengeluaran bulanan sampai nyari kerjaan sampingan biar dapat uang tambahan.

8. Catat! Catat! Catat!

Via: Freepik.com

Meskipun kamu anak muda yang notabene harusnya punya daya ingat tajam. Tapi ngaku deh, kamu pasti sering lupa uang yang kamu pakai itu buat apa aja. Jadi, mulai sekarang mending catat semua pemasukan dan pengeluaran kamu, mulai dari yang rutin semacam bayar kosan sampai yang kecil-kecil semacam bayar parkir. Gak ada lagi alasan lupa uang habis buat apa.

9. Selalu Punya Plan B

Via: Pexels.com

Kerjaan yang kamu punya sekarang bukan jaminan kalau kamu bakal punya penghasilan seumur hidup. Banyak hal bisa terjadi mulai dari karir kamu stuck sampai ancaman pemecatan. Untuk itu kamu perlu siapin plan B buat jaga-jaga. Punya penghasilan sampingan adalah hal yang wajib kamu pertimbangin kalau mau ngerasa aman soal masa depan keuangan kamu. Kamu bisa mulai jualan online, ngajar kursus sampai ambil kerjaan freelance writer yang punya waktu kerja fleksibel.

10. Jangan Bosan Belajar

Via Freepik.com

Perkembangan dunia soal keuangan terjadi dengan sangat cepat, kalau beberapa tahun lalu kita masih bertransaksi pakai uang kertas dan kartu. Mulai beberapa saat yang lalu kita mulai kenal sama istilah yang namanya e-cash alias uang elektronik. Jangan sampai kamu gak update dan malas belajar soal perkembangan uang, karena info-info ter­-update soal keuangan bisa ngebantu kamu ngatur keuangan kamu jadi lebih baik.

Sudah siap buat sukses dan punya masa depan yang aman secara finansial? Jangan lupa praktekin tips-tips tadi ya!

 

- Advertisement -
Shares 203

Komentar:

Komentar