Stres Karena Kuliah? Ini Dia 6 Cara Biar Kuliahmu Nggak Bikin Kamu Gila!


Walaupun program wajib belajar di Indonesia cuma 12 tahun, tapi di jaman modern ini rasanya kurang mantap kalau nggak ngelanjutin ke perguruan tinggi alias kuliah, yang notabene kontras banget dengan masa-masa sekolah dulu. Apalagi kalau emang mampu dan mau.

Iya sih, kuliah memang sering bikin kepala mumet, otak overheat, dan tubuh nggak keurus. Entah itu karena mata kuliahnya, kuis, ujian, ataupun tugas akhir. Belum lagi ada beberapa dosen yang maunya aneh-aneh, suka marah-marah atau bahkan mempersulit tugas akhirmu. Nggak heran kalau beberapa tahun belakangan ini banyak terjadi kasus mahasiswa bunuh diri karena masa kuliah. Duhh.. jangan sampe deh kamu jadi penerus mereka ya!

Nah, buat kamu yang lagi stressful banget karena kuliah, coba deh baca 6 tips sederhana ini biar kuliahmu nggak bikin kamu kena gangguan jiwa!

 

1.Buatlah Catatan Mata Kuliah, Jadwalnya, Dan Nilai Yang Kamu Dapat Dalam Satu Aplikasi

grid-cell-2345-1476285060-10.jpg (309×463)
via buzzfeed.com

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu jadi bisa lebih terorganisir, membuat suatu catatan yang berisi mata kuliah, jadwal dan nilai yang kamu dapat dalam sebuah aplikasi adalah salah satu caranya. Jadinya kamu bisa tau perkembanganmu dan mata kuliah apa yang harus kamu tingkatkan. Tertarik ingin mendownloadnya? Kamu bisa dapetin aplikasi iStudiez Pro di App Store dan Google Play, tapi nggak gratis sih.

 

2. Masukkan Pakain Kotor Ke Laundry Bag

sub-buzz-14835-1476198809-3.jpg (625×625)
via buzzfeed.com

Hal-hal yang berantakan dan bau, baju kotor misalnya, bisa bikin kepalamu serasa mau pecah. That’s why kamu harus nyiapin laundry bag untuk menampung pakaian-pakaian kotor yang berserakan supaya bisa lebih konsentrasi belajar.

 

3. Nggak Ada Salahnya Untuk Beli Microwave

dreamstime_xl_22839078-Custom.jpg (900×600)
using microwave via wonderopolis.org

Belajar tentunya membuat kamu butuh energi ekstra. Nggak ada salahnya untuk mulai bikin makanan sehat ala kamu di rumah. Supaya lebih gampang dalam masak-memasak, kamu perlu microwave sederhana deh kayaknya!

Lanjut ke halaman berikutnya, ya!

 

4. Sulaplah Waktu Istirahatmu Jadi Spa Mini

sub-buzz-18904-1476111467-1.png (601×409)
via buzzfeed.com

Waktu break kuliah yang cuma 10 menit harusnya nggak boleh terbuang sia-sia. Nggak ada salahnya kok di gunakan untuk maskeran, luluran atau mini treatment lainnya. Kamu bakal keliatan lebih fresh deh!

 

5. Printer Jadi Salah Satu Barang Penting Buatmu

Lifestyle-1.jpg (1368×1026)
using printer via howng.com

Tugas kuliah yang dadakan dengan deadline yang singkat adalah salah satu alasan kenapa kamu bisa stres. Nah, untuk mengatasi itu kamu bisa membeli printer. Jadinya nggak repot-repot lagi harus ke toko buat nge-print. Lebih hemat biaya juga, lho!

 

6. Aplikasi Meditasi 60 Detik Yang Kaya Manfaat

sub-buzz-11822-1476111152-1.png (625×419)
via buzzfeed.com

Hal-hal yang bikin kamu stress tentunya harus dibuang juah-jauh. Caranya bermacam-macam, ada yang milih travelling, yoga, shopping, dan lain-lain. Tapi nggak ada salahnya mencoba aplikasi meditasi. Di sini kamu bisa nulis hal apa yang bikin kamu pusing, dan si aplikasinya bakal buang jauh-jauh hal itu. Penasaran? Yuk coba!

Nah, itu dia 6 tips super sederhana yang bisa kamu lakuin saat lagi pusing-pusingnya dengan tugas kampus ataupun dosen yang beraneka tingkah. Ingat, apapun yang terjadi kamu harus terus keep on spirit. Seperti kata pepatah, “kalau kamu nggak tahan lelahnya belajar, maka kamu harus menanggung perihnya kebodohan.”

Sumber : buzzfeed.com 

Komentar:

Komentar