Ssst… Sudah Tahu Belum 10 Hukum Fashion Untuk Pria Yang Nggak Boleh Dilanggar? Gentleman Wajib Tahu

Gentleman's code!

:

“Urusan pakai baju doang mesti ribet segala, sih. Pakaian itu yang penting nyaman buat dipakai. Zaman sekarang malah banyak orang yang busananya nyentrik.” Kalau kamu berpikir seperti itu, mungkin kamu ada benarnya. Dan terlebih lagi kita memang sebaiknya memakai pakaian yang nyaman ketika digunakan.

Namun, itu bukan berarti kita harus memalingkan muka dari aturan berbusana. Coba bayangkan jika kamu wawancara kerja dengan memakai boxer dan kaus bergambar Upin Ipin, lengkap dengan bandu warna pink. Nggak mungkin, ‘kan? Yup, itu karena kita punya hukum berbusana atau fashion ketika wawancara kerja.

Begitu juga dalam keseharian, ada semacam hukum tak tertulis bagaimana sebaiknya kita berbusana. Kita cari tahu yuk apa saja aturan-aturannya.

 

1. Jangan menggantung HP kamu di sabuk

2
via lifehack.org

Selain gak enak dipandang, fashion seperti ini udah ketinggalan jaman banget. Ingat, kamu bukan Batman yang harus siap dengan tumpukan gadget canggih di sabuk.

2. Jangan gunakan pantofel yang ujungnya berbentuk kotak

3
via lifehack.org

Ya, kecuali kamu pede banget dan siap diteriakin sama orang “Mau nyelam kemana, nih?” Karena bentuk sepatu model ini memang agak mirip sama sepatu katak yang biasa dipakai oleh para penyelam. Hihihihi, bener nggak?

3. Usahakan menggunakan jas yang sesuai dengan ukuran tubuh

main-qimg-68d2e49b37bad13f038805a5773b080f
via lifehack.org

Okay, kamu mungkin nggak pakai jas setiap hari dan nggak butuh-butuh amat tips memakai jas. Tapi biasanya ada momen-momen tertentu dalam hidup di mana kita wajib memakai jas. Jangan sampai di momen seperti itu kamu belum tahu aturan memakai jas.

Pertama, pakai jas yang sesuai dengan ukuran tubuh. Sepertinya gambar ilustrasi di atas juga sudah cukup menjelaskan kenapa kamu harus pakai jas yang ukurannya sesuai, bukan?

Kedua, soal kancing. Jangan pernah mengancingkan kancing yang paling bawah. Dan jika kamu duduk, buka semua kancingnya.

4. Dompet tebal belum tentu bagus

gawkerassets
via gawkerassets.com

Apalagi kalau tebal karena penuh dengan bon dan tagihan, hmm. Mending bawa uang secukupnya dan buang semua kertas-kertas yang sudah tidak digunakan dari dompetmu.

5. Jangan pernah menggunakan kaus kaki warna pink

8
via lifehack.org

Serius, kaus kaki warna pink bakal terlihat jelek bagaimana pun kamu memadukan pakaianmu. Sebisa mungkin hindari, ya!

6. Jangan pernah menggunakan kaus kaki + sandal

diquscdn
via diquscdn.com

Kalau mau pake kaus kaki, kenapa gak sekalian pakai sepatu, sih? Kecuali kalau kamu lagi berlatih jadi ninja.

7. Jangan biarkan kerah bajumu naik dan jangan membuka kancing bajumu lebih dari dua kancing

12
via lifehack.org

Kamu pengen kelihatan kayak abang-abang yang ada di gambar?

8. Sesuaikan warna sepatu dan ikat pinggangmu

youtube
via youtube.com

Siapa bilang pria gak boleh pake busana yang matching?

Aturan di mana warna sepatu dan ikat pinggang yang harus serupa sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Tapi, kalau ikat warna ikat pinggang dan sepatu kamu sama, yakin deh penampilan kamu bakal makin keren.

9. Gunakan sepatu olahraga hanya ketika berolahraga

freshbagelsblog
via freshbagelsblog.com

Bayangkan kamu ada janji meeting penting. Kamu sudah wangi karena mandi pakai tiga sabun yang dicampur jadi satu, lalu pakai jas dan setelan yang keren, tapi bawahannya sepatu olahraga. Hmm… bisa-bisa kamu dianggap gak professional, lho.

10. Gunakan parfum secukupnya

ebestpicks
via ebestpicks

Gunakan parfum secukupnya. Jangan sampai orang-orang jadi pusing dan terganggu gara-gara mencium aroma parfum yang menyengat, guys. Saking menyengatnya bahkan dari jarak 20 meter sudah kecium tuh parfum.

Nah itu dia guys tips fashion wajib khusus untuk pria agar tetep keren namun gak berlebihan. Boleh banget deh kamu coba sekarang juga. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber: Lifehack

68 Shares

Komentar:

Komentar