10 Sindiran Cerdas Buat Membalikkan Keadaan Ketika Ada Orang Yang Ngomong Kasar Sama Kamu

Buat menangkal para haters

Sebelum membaca artikel ini, ada baiknya kamu membaca artikel sebelumnya yang hampir serupa. Sebab, apa yang ada di sini merupakan kelanjutan dari tips kelima di artikel tersebut.

Yup, dalam kehidupan, kamu pasti ketemu sama orang-orang yang gemar berbicara kasar dan menyakitkan hati. Masih mending kalau niat mereka cuma bercanda. Nah, kalau mereka serius, atau lebih parahnya kenal juga nggak sama kamu? Awalnya, kamu bisa aja sih mencoba sabar. Tapi kalau mereka terus-menerus melakukannya, lebih baik kamu nggak diam aja nerima kata-kata pedasnya.

Sindir mereka!

Tapi jangan salah, menyindir di sini jangan diartikan sebagai cara buat cari gara-gara. Menjawab dengan sindiran malah bisa menunjukkan kecerdasan kamu dalam menghadapi omongan kasar lewat humor, alih-alih melawan kedangkalan kasar menggunakan kekasaran yang sama.

Dengan kata lain, dengan sindiran kamu nunjukkin pada mereka kalau kamu memegang kendali pembicaraan. Tapi ingat, lihat situasi dan jangan berlebihan juga dalam mempraktekkan 10 cara ini.

1. Bilang “Terima Kasih”

37c5c74f83029f881abbca75ade9044e_thanks-a-lot-memes-memesuper-sarcastic-thanks-meme_610-396
via memesuper.com

Kalau ada orang yang ngasih komentar atau pertanyaan bernada kasar/nggak sopan sama kamu, sebenarnya kamu cukup menjawab terima kasih. Tapi bukan dengan nada yang tulus seolah kamu baru mendapat pertolongan mereka. Bilang “terima kasih” seolah kamu baru aja mendapat nasihat yang nggak berguna sama sekali. Di sini, raut muka kamu juga berperan penting.

Mungkin setelah kamu bilang ini, mereka bakal malu sendiri dan berpikir apa ada yang salah dengan gaya berbicara mereka.

2. “Anda Benar!”

nkpbv1
via memegen.com

“Kamu bodoh amat sih, harusnya kaya gini nih metodenya…”, “Selera kamu kampungan amat sih..”, “Jomblo kaya kamu mana bisa ngerti keadaan kaya…” pernah mendengar ucapan kaya gini? Emang sih, lebih baik kamu mencerna dulu opini mereka sebelum memutuskan sesuatu.

Tapi jika mereka udah terbukti salah, dan mereka masih ngotot mempertahankan pendapat mereka yang salah, itu berarti saatnya kamu bilang “Ya, Anda benar”. Dan mereka pun akan diam.

3. “Maaf, Apa Saya Pernah Minta Tanggapan Kamu?”

download
via twitter.com

Terkadang, orang-orang yang mengucapkan kalimat bernada kasar langsung berbicara tanpa berpikir dahulu. Dan sebenarnya nggak ada yang minta mereka buat mengungkapkan pendapat yang bernada kasar dan menghina itu, kan?

Dengan mengatakan ini, bisa dibilang kamu berkata “jujur” dan langsung pada intinya.

4. “Oh, Saya Baru Tahu Kamu Punya Hobi Menyakiti Perasaan Orang Lain”

Thats_62db3c_1448029
via funnyjunk.com

Kemungkinan besar orang yang kasar sama kamu, emang sering melakukannya pada orang lain. Saatnya kamu menyadarkan mereka, atau kamu juga bisa bilang…

5. “Maaf, Apa Kamu Pernah Ngerasa Penasaran Sama Pendapat Orang Lain Tentang Kamu?”

4957441955-7a84986895-b
via boundless.com

Tapi kamu nggak perlu ngeluarin unek-unek kamu tentang mereka, biarkan aja mereka berpikir. Alih-alih kamu tertawa ringan aja, biar nggak berkesan kalau kamu bermaksud kasar.

6. “Saya Merasa Terhormat Bisa Mendengar Langsung Pendapat Kamu yang Cerdas Itu”

flattered
via lifeinapile.com

Walaupun, yah… kata-kata ini bermakna sebaliknya.

7. Cari Kesalahan dalam Pendapatnya, Lalu Manfaatkan Hal Tersebut untuk Mempermalukannya

mockery_cerero
via patheos.com

Cara ini nggak begitu disarankan, sih. Karena selain bisa menimbulkan konflik yang nggak perlu, orang yang mendengarnya pun bisa aja menyimpan dendam nantinya.

Tapi, cara ini juga bisa membuat si orang kasar itu jera dan mikir dua kali buat cari masalah sama kamu.

8. “Saya Yakin Kalau Kamu Terus-terusan Ngebicarain Saya, Kamu Bakal Bosen. Gimana Kalau Sekarang Kita Ngebahas tentang Kamu?”

p6otf
via cagesideseats.com

Dan kamu bisa memutar balikkan keadaan. Mungkin dengan ini dia bisa memahami gimana perasaan kamu selama ini, heheh.

9. “Saya Menduga Hari Ini Kamu Lagi Ketiban Sial, Makanya Kamu Ngomong Kasar Kaya Gitu Barusan. Apa Dugaan Saya Benar?”

49c43b3da4c8207893c971b6f233473d_you-know-you-are-having-a-bad-having-a-bad-day-memes_700-558
via memesuper.com

Bener nggaknya dugaan kamu, bukan itu yang penting sebenarnya, hehehe.

10. “Kamu Lagi Bercanda, Kan? Ya, Saya Yakin Kamu Lagi Bercanda, Karena Nggak Mungkin Orang Sepintar Kamu Mengatakan Hal Sebodoh Itu”

Venezuela Laughter Therapy
via theatlantic.com

Lalu kamu usahakan untuk mencairkan suasana. Jangan sampai mereka tersinggung.

Nggak ada manusia yang sempurna, dan karena itu pula mungkin tanpa disadari kamu pernah berkata kasar juga ke orang lain. Jadi, terlepas dari tips di atas, jangan terlalu menyudutkan mereka yang suka berkata kasar, karena mungkin mereka melakukannya tanpa mereka sadari. Setuju, nggak?

- Advertisement -
Shares 14K