Simpel dan Gak Ribet, 5 Hal Kecil Ini Bisa Bantu Kamu Hemat Listrik Di Rumah

Seperti pepatah di sampul buku, "Hemat pangkal kaya"

:

Jika dilihat dari cara tidurnya, manusia itu bisa dibagi jadi dua kelompok: orang yang bisa tidur hanya jika lampu kamarnya mati dan orang hanya bisa tidur jika lampu menyala. Kalau misalnya kamu termasuk orang tipe kedua, sadarkah kamu kalau kebiasaan macam itu berperan dalam menambah jumlah angka dalam tagihan listrik? Ya, tanpa sadar, kebiasaan-kebiasaan kecil pun bisa bikin tagihan listrik jadi membengkak.

“Tapi, mesti gimana lagi dong? Saya takut ada hantu Babadook kalau tidur dengan lampu mati.”

Tenang, Kapten. Untuk itulah saya kasih tips soal cara-cara agar kamu bisa berhemat listrik. Sekarang saatnya kamu akali kebiasaan sehari-hari biar bisa semakin hemat.

1. Gunakan TV LED atau LCD

via ahlidesaininterior.com

Kalau kamu masih menggunakan TV tabung, sebaiknya cepetan ganti deh. Karena sudah terbukti, kalau TV tabung menyedot lebih banyak listrik dari TV LED maupun LCD. Walaupun ketika membeli agak mahal, tapi untuk biaya jangka panjangnya akan lebih murah.

Tapi ingat juga, matikan TV kalau kamu mau tidur. Selain jadi lebih hemat, suara dan cahaya yang berasal dari TV bakal mengganggu kualitas tidur kamu lho.

2. Ventilasi udara yang baik

via rumahminimalisoi.com

Apa hubungannya ventilasi dan listrik?

Begini, ventilasi yang baik akan membuat aliran udara dan angin semakin lancar di rumahmu, apalagi jika suhu ruangan rumah sering terasa panas. Efeknya kamu gak perlu lagi sering-sering pakai AC atau kipas angin. Makanya pada pagi dan siang hari, disarankan agar kamu membuka pintu dan jendela dalam waktu yang lama, biar pada malam harinya udara bakal terasa lumayan sejuk.


3. Ganti lampumu dengan lampu LED

via twentytwowords.com

Sama seperti TV LED, walaupun lampu LED mahal, tapi konsumsi listriknya lebih kecil dan hemat. Apalagi sekarang sudah banyak bermunculan lampu LED yang terang dan juga memiliki tingkat kehangatan bervariasi yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu, guys.

Kalau kamu termasuk orang yang suka tidur dengan lampu menyala, solusinya sudah kamu temukan, bukan?

4. Matikan power terminal ketika tidak digunakan

via twentytwowords.com

Ini nih yang sering dilupakan oleh banyak orang. Ketika kamu akan pergi usahakan cek dulu terminal atau terminal T yang ada di rumah. Cabut steker yang tidak terpakai seperti charger laptop atau HP. Atau lebih gampangnya sih matikan tombol daya di terminalmu.

Jadi kalau lain waktu kamu mau beli terminal, lebih baik beli yang ada tombol powernya. Biar lebih gampang dan efektif.

5. Tambahkan handuk kering ketika kamu mengeringkan baju di mesin pengering

via twentytwowords.com

Kalau kamu mau mengeringkan cucianmu, jangan lupa untuk tambahkan handuk kering ke dalam mesin cuci, guys. Kenapa? Karena handuk kering bisa menyerap air dengan baik dan membuat cucianmu cepat kering. Semakin cepat kamu menggunakan mesin pengering baju, semakin hemat listrik yang dikeluarkan.

Oh iya, kalau gak terlalu kepepet sih mending jemur secara manual saja. Lebih hemat,dan juga sekalian olahraga.

Nah, tadi itu sedikit tips dari kita agar kamu bisa berhemat, guys. Jadi, gimana nih menurut kamu? Apakah tips ini berguna? Kasih komentarmu di kolom komentar di bawah, ya!

Komentar:

Komentar