Siapa Bilang Mahasiswa Nggak Bisa Cari Duit?


Gambar via littlefun.org

Saya yakin, kamu pasti pernah dong lihat gambar ini, dan merasa, “INI GUE BANGET!”

Ya, sama, apalagi waktu masih jadi mahasiswa. Rasanya ingin banget melakukan banyak hal seperti travelling, atau setidaknya mampu memberikan hadiah ulang tahun yang lebih mewah untuk pacar, sahabat, dan orang tua, deh. Tapi apa daya, kantong rasanya sekering gurun pasir yang belum melihat hujan selama bertahun-tahun.

Eits, jangan khawatir! Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mempergunakan waktu luang dan energi millenial kamu untuk mendapatkan uang demi liburan ke Bali atau demi memenangkan hati gebetan lewat rare collectible favorit dia. Tenang, kamu nggak perlu menyiapkan banyak modal untuk mencoba hal-hal di bawah ini, kok, karena semua ini bisa dilakukan di Internet.

1. Bikin Blog

Gambar via itworksonmymachine.net
Gambar via itworksonmymachine.net

Cara pertama adalah dengan membuat blog. Cara ini pas banget buat kamu yang suka menulis, atau yang suka banget soal sesuatu. Misalnya, kalau kamu suka banget Star Wars, kamu bisa bikin blog dengan domain gratis (seperti WordPress atau Blogger) dan tulis apa aja yang kamu suka (dan nggak suka) soal Luke dan Leia. Jangan lupa untuk pasang iklan di blog kamu, ya! Iklan ini yang nanti akan jadi sumber penghasilan kamu.

Selain mengandalkan iklan, kamu juga bisa bikin review produk atau apa saja yang kamu suka. Nanti, setelah audiens dan pengikut kamu lumayan banyak, kamu jadi punya dukungan kredibilitas yang membuat portofolio kamu lebih menarik di mata pemilik produk. Bisa jadi kamu dibayar untuk mereview produk mereka, lho! Jangan lupa untuk membangun fanbase kamu dengan aktif di sosial media dan berinteraksi bersama mereka, ya.

2. Freelance

Gambar via lifehacker.com
Gambar via lifehacker.com

Untuk kamu yang sudah punya kemampuan-kemampuan spesifik (seperti misalnya menerjemahkan teks dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia dan sebaliknya, membuat animasi, atau apa saja sesuai minat dan jurusan kamu di kampus), kamu bisa banget mencoba freelance. Ada banyak banget situs baik untuk dalam dan luar negeri yang bisa kamu coba, seperti Freelancer dan Projects.

Biasanya, di situs-situs seperti ini, akan ada banyak perusahaan, bisnis, atau individu yang membutuhkan kemampuan kamu. Kamu hanya perlu mencari proyek-proyek yang menarik minat kamu, mengutarakan kenapa kamu adalah orang yang tepat untuk dipercaya sang pemilik proyek untuk mengerjakannya dan berapa kamu harus dibayar untuk itu, kemudian tunggu respon dari mereka. Kalau mereka menyukai pitch kamu, kamu bisa mulai mengerjakan proyek mereka dan merasakan uang mengalir ke rekeningmu!

3. Jualan Online

Gambar via chinavasion.com
Gambar via chinavasion.com

Kamu pasti tahu dong kalau online shopping di Indonesia sekarang sudah jadi fenomena nasional yang nggak ada salahnya kamu coba. Kalau kamu berbakat dalam membuat produk (misalnya perhiasan atau notebook), kamu bisa langsung menjualnya di situs-situs seperti Bukalapak dan Tokopedia. Kalau kamu berminat bisnis tapi nggak punya keterampilan dalam membuat produk, jangan kecil hati! Kamu bisa mencoba jadi reseller produsen yang sudah memiliki produk. Bahkan sekarang ada banyak produsen yang memperbolehkan dropshipping, yang semakin mempermudah pekerjaan kamu.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo mulai cari uang jajan kamu sendiri! Cara mana yang kamu pilih?

32 Shares

Komentar:

Komentar