Sering Ngerasa Males? Mungkin Kamu Belum Lakukan 5 Hal Sederhana Ini


:

Udah bikin rencana A dan B dari bulan lalu tapi belum juga jadi kenyataan? Atau udah berkali-kali berencana bikin ini dan itu tapi lagi-lagi belum ada hasilnya juga? Hmm, jangan-jangan kamu terjebak sama rasa malas tak berkesudahan, lho. Tanpa kamu sadari, rencana atau goals yang udah dibuat dari jauh-jauh hari itu akhirnya cuma jadi wacana yang gak pernah terwujud. Coba deh, intip lima hal sederhana di bawah ini yang bisa membantu kamu lebih terpacu dan fokus untuk mengatasi rasa malas!

1. Bereskan Kamar

1pinterest
pinterest.com

Rasanya gak mood terus-menerus saat mau mengerjakan sesuatu? Sebut saja kamu udah berencana mau bikin komik, tapi kok rasanya males mulu ya. Padahal baru aja corat-coret dikit di sketchbook. Kalau kayak gini, coba alihkan pandangan dan perhatikan kondisi kamar kamu baik-baik. Kapan hayo terakhir beresin kamar? Hehehe.. Percaya deh kamar yang berantakan bisa bikin mood jelek, gak semangat, dan gak fokus ngapa-ngapain. Yuk, mulai sisihkan waktu untuk beresin kamar! Dijamin lebih  kerasan dan bikin suasana hati nyaman, lho.

2. Menulis Goals

3pinterest
pinterest.com

Mungkin terdengar klise tapi sebenarnya cara yang satu ini cukup ampuh, lho. Kalau kamu udah ragu duluan untuk menulis goals yang ingin dicapai karena takut gak kesampaian, gimana bisa termotivasi untuk mencapainya? Yuk, tantang diri untuk menulis semua goals yang mau dicapai dan kasih target waktu penyelesainnya. Biar gak terlalu membebani, mulai perlahan-lahan aja dengan menulis satu goal sederhana setiap minggu, kayak mulai posting tulisan-tulisan yang udah lama menganggur ke blog. Simpel kan?

3. Segarkan Pikiran

Stanford professor Michel Serres hikes the Dish on a regular basis.
news.stanford.edu

Kalau misalnya kondisi dan situasi gak memungkinkan kamu untuk jalan-jalan santai ke pantai atau ke luar kotagak ada salahnya kamu mulai menyegarkan pikiran dengan keluar dari rumah dan jalan-jalan sebentar. Terlalu lama berdiam diri di dalam rumah atau kamar juga bisa bikin pikiran penat dan gak bisa dipakai buat kerja, lho.

4. Bye-Bye Distraksi!

tumblrdotcom
tumblr.com

Niatnya mau ngerjain sambil dengerin lagu tapi malah keasyikan dengernya dan mager lagi? Kalau udah kayak gini sebaiknya buat komitmen ke diri sendiri untuk menjauhkan hal-hal yang paling jago bikin kamu terdistraksi, kayak HP, internet atau TV.  Terus latih diri untuk berkomitmen sama target dan goals yang udah dibuat. Soalnya, waktu yang terbuang gara-gara terdistraksi itu malah bikin kamu lebih bad mood, lho. Saat sadar kalau waktu udah berlalu dengan cepat, kamu jadi bete dan ujung-ujungnya jadi mager lagi. Duh, gak mau kan kayak gitu?

5. Gak Ada Salahnya Bercerita

passeldotcom
passel.com

Bukan untuk menyombongkan diri, tapi justru buat jadi pemacu dan pengingat bagi diri sendiri. Kamu bisa mulai ceritakan goals sederhanamu ke sahabat, kakak, adik atau pacar. Saat kamu membagikan keinginan-keinginan itu, secara gak langsung kamu juga lebih terpacu buat mewujudkannya. Selain itu, perasaan ingin membuktikan kemampuan diri pun bisa jadi lebih kuat dibanding sebelumnya.

Nah, habis cobain ide-ide sederhana ini, coba tanamkan sama diri sendiri deh kalau rasa malas itu cuma bikin perkerjaan tertunda, dan yang ada malah bikin kamu semakin tertinggal dari tujuan yang mau dicapai. Pasti bisa kok, semangat!


Komentar:

Komentar