Sering Merasa Dikejar-kejar Waktu? Tenang, Coba Lakukan 5 Tips Ini

Kamu butuh planning, guys!

:

Sehari 24 jam rasanya kurang bagi kamu yang sering merasa sibuk dan dikejar-kejar waktu. Kamu merasa nggak punya waktu buat bersantai atau sekedar menikmati kesendirian lantaran waktumu habis buat ngelakuin sesuatu. Mulai dari ngerjain tugas kuliah yang numpuk, deadline kerjaan yang nggak kelar-kelar sampai kegiatan organisasi yang nggak ada habisnya.

Kalu udah gini, kapan bisa punya waktu buat scrolling timeline? Penting juga kan sesekali meluruskan kaki dan minum kopi? Nah buat kamu yang ngerasa sibuk banget dan selalu dikejar waktu, coba deh lakukan 5 hal ini yang bikin waktumu sedikit lebih longgar.

1. Buat perencanaan matang

to do list
via yestheyareallours.com

Sebelum melakukan hal apapun, pastikan kamu udah membuat perencaan atau to do list apa aja yang mau kamu kerjakan hari ini. Kalau semua udah terencana dengan baik, nggak bakalan ada lagi kegiatan yang bentrok yang membuat kamu dikejar-kejar waktu. Simpan perencanaan dalam notes dan sebisa mungkin lakukan kegiatan sesuai perencaan yang udah kamu buat.

2. Jangan ambil semua pekerjaan

o-multi-task-facebook-b4ca2c8fb9f5ede26f5f10943221eefa
via huffingtonpost.com

Meskipun merasa mampu, hindari mengambil banyak pekerjaan sekaligus. Kalau udah nerima tawaran sebagai project manager di kegiatan A, nggak usah ambil lagi tawaran nge-handle kegiatan B. Mengambil banyak pekerjaan sekaligus membuat kamu nggak fokus dan akhirnya selalu merasa dikejar waktu lantaran nggak ada pekerjaan yang selesai dengan maksimal.

3. Hindari menunda sesuatu

t1larg.procrastinat-750×421
via hipwee.com

Kalau tahu lagi banyak kerjaan, sebaiknya kamu nggak menunda-nunda kewajban. Tugas dari dosen buat minggu depan sebaiknya dikerjakan sekarang karena bisa aja ada halangan kan kalau kamu nekat mengerjakannya semalam sebelumnya? Nggak rugi kok menyelesaikan tugas atau kerjaan jauh sebelum deadline, karena justru membuat kamu jauh lebih santai.

4. Meminta bantuan teman

1476081380-screen-sho
via youthmanual.com

Kalau udah nggak sanggup melakukan banyak pekerjaan di waktu yang hampir sama, jangan segan buat meminta bantuan teman. Cari teman se-divisi yang sekiranya mampu membantu pekerjaanmu. Inagt, kamu nggak sendirian, guys.

5. Beri waktu untuk diri sendiri

rileks-di-kantor-2vqv79bdvrusws6zfxx43k
via info-bogor.com

Jangan lupa beri jeda di sela-sela kegiatan untuk diri sendiri. Sempatkan buat mandi air hangat, sarapan sehat, dan juga bersantai sambil minum kopi supaya kamu makin semangat menjalani hari. Ketika otak dan pikiran kamu rileks, maka bayangan dkejar-kejar waktu lantaran banyak kerjaan bakalan hilang kok.

 

Itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan saat merasa sibuk banget dan dikejar-kejar waktu. Semoga kamu selalu bisa menyempatkan diri buat rehat di sela kesibukan ya!

 

21 Shares

Komentar:

Komentar