Sering Mengalami 10 Tanda-tanda Ini? Itu Artinya Kamu Kurang Cairan Alias Dehidrasi

6. Warna kencing

via TheDiabetesCouncil.com

Menurut Courtney Meidenbauer, ahli gizi di Wisconsin, cara paling mudah mengetahui apakah kita dehidrasi atau tidak adalah dengan melihat warna air kencing. Apabila air kencing kamu memiliki warna seperti jus apel, maka itu adalah tanda bahwa tubuh kamu benar-benar membutuhkan cairan.

7. Kulit kendor

via vanitycube.wordpress.com

Apabila kamu merasa kulitmu kendor dan kurang kenyal, yang perlu kamu lakukan adalah perbanyak minum air, bukan suntik atau perawatan dan semacamnya. Menurut Fitzgibbon, cara paling mudah adalah mencubit kulit kita dan melihat seberapa lama kembali ke bentuk semula. Kalau bingung area mana, coba cubit aja area punggung tangan dan lihat hasilnya. Kalau setelah dicubit baliknya lama, berarti kamu dehidrasi, tuh.

8. Kram otot

via Home Remedy and Natural Cures

Menurut Amy Goodson, seorang ahli gizi, kram otot dapat terjadi karena kurang pemanasan sebelum berolahraga, dehidrasi, atau kurang elektrolit. Menurut Goodson, untuk mereka yang berolahraga cukup keras, dapat menambahkan 5-10 ons (147-295 ml) air untuk setiap 20 menit berolahraga.

9. Mulut kering

via Authority Remedies

Salah satu penyebab mulut kering adalah selain pemilihan pasta gigi, juga karena dehidrasi. Menurut Fitzgibbon, tanda yang dapat dilihat dengan mudah adalah lidah dan kulit disekitar mulut dan bibir. Apabila lidah kita agak bengkak dan kulit di area mulut serta bibir kering, yang harus kamu lakukan selain mengoleskan lip balm adalah perbanyak minum air.

10. Gampang lelah

via NDTV Food

Apabila kamu merasa gampang lelah, selain tidur yang cukup, perbanyak minum juga bisa membantu mengurangi rasa lelah itu, lho. Menurut Fitzgibbon, ketika kita hidrasi, air akan berpindah dari sel kita melalui aliran darah untuk membantu memasok oksigen dan mengatur tekanan darah. Kurangnya oksigen dapat memperlambat otot dan fungsi saraf sehingga menyebabkan mudah lelah.

FYI, dehidrasi lebih rentan dialami oleh bayi, orang tua, atlet, orang sakit yang susah makan dan minum, penderita diabetes, dan mereka yang sering menghabiskan waktu di luar pada saat cuaca sedang panas-panasnya. Oleh karena itu, jangan lagi sepelekan masalah dehidrasi dan mulai perbanyak minum air mineral ya, bukan air rasa-rasa.

Punya cara lain untuk mengetahui bahwa kita sedang dehidrasi? Coba tuliskan di kolom komentar, ya.

Previous 2 of 2

Ryz: Seorang manusia yang membagikan sudut pandang dan pemikirannya terhadap suatu hal melalui artikel. Nggak ada paksaan untuk menyetujui apa yang tertulis di artikel, karena tiap manusia punya sudut pandangnya masing-masing. Apabila ada yang ingin didiskusikan, silahkan hubungi email mailme@rizkirn.com
Leave a Comment