Sering Mengalami 10 Tanda-tanda Ini? Itu Artinya Kamu Kurang Cairan Alias Dehidrasi

Banyakin minum air bro biar nggak dehidrasi

Menurut Grace Derocha, ahli diet, pendidik diabetes, dan pelatih kesehatan di Blue Cross Blue Shield of Michigan, banyak orang yang masih sering menyepelekan dehidrasi dan mengabaikan, atau malah belum tahu, tanda-tanda tubuh kita kekurangan cairan. Padahal hal tersebut bisa berbahaya bagi tubuh kita, mulai dari masalah saluran kencing dan ginjal, sampai yang paling parah adalah kejang.

Sudah mulai aware dengan bahaya dehidrasi? Sekarang kita bahas yuk 10 tanda-tanda tubuh kita pada saat kekurangan cairan seperti yang dilansir dari Insider ini.

1. Sakit kepala

via Reader’s Digest

Menurut Jennifer Fitzgibbon, seorang ahli diet onkologi di Stony Brook Cancer Center, New York, ketika level hidrasi kita turun, sebuah reaksi kimia terjadi pada darah kita sehingga menyebabkan otak menjadi sensitif dan dapat menyebabkan sakit kepala. Banyak-banyak minum air untuk meringankan sakit kepala, apabila masih belum hilang, coba tambahkan satu atau dua pil ibuprofen.

2. Sembelit

via NDTV Food

Kamu semua pasti pernah tahu perosotan yang ada di kolam renang kan? Sistem di tubuh kita mirip-mirip seperti itu, lho. Tanpa air, makanan tidak akan bisa turun dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan sembelit. Selain itu, jangan lupa perbanyak makan serat supaya dapat membantu melancarkan penurunan makanan.

3. Pusing

via BabyCenter

Meningkatnya detak jantung atau perubahan mendadak pada tekanan darah ketika kita berdiri dapat menyebabkan pusing. Kebanyakan orang menyebutnya darah rendah, akan tetapi menurut Derocha, bisa jadi hal itu terjadi karena kamu kurang cairan.

4. Bau mulut

via Defacto Dentists

Salah satu penyebab bau mulut, selain makanan yang memang berbau seperti bawang putih, jengkol, pete, dan semacamnya, adalah kurang minum air. Menurut Shahzadi Devje, ahli diet dari Toronto, hal itu disebabkan karena dehidrasi mencegah produksi air liur pada mulut kita, padahal air liur mempunyai antibakteri. Ketika kita kurang minum, bakteri di mulut kita tumbuh subur dan menyebabkan bau mulut.

5. Lapar

via iStock

Menurut Fitzgibbon, jika kamu merasa tetap lapar padahal barusan makan, penyebabnya adalah kamu kurang minum. Selain itu, minum air juga dapat digunakan untuk menunda lapar apabila kamu belum sempat untuk makan, tapi awas, jangan dibiasakan karena bisa-bisa terkena maag.

Lima cara lain dapat kamu lihat di halaman selanjutnya.

Komentar:

Komentar