Sering Dianggap Remeh, Tolong Hindari Sebarkan 5 Hal Ini di Medsos. Akibatnya Fatal, Guys!

Memang sepele, tapi bahaya!

Salah satu keasyikan tersendiri saat bermain medsos adalah ketika banyak orang yang menanggapi status kita. Entah dalam bentuk like, komen, atau lainnya, bermain medsos menjadi lebih menyenangkan ketika post kita direspon karena, bagi kebanyakan orang, akan memberikan kesan ‘eksis’ di dunia maya.

Hal inilah yang membuat kita nyaris selalu berbagi di medsos apapun yang kita lakukan. Tapi, tanpa kita sadari, hal ini bisa membuat kita kecanduan dengan medsos dan membuat kita ‘berlebihan’ saat membagikan sesuatu, bahkan hal-hal yang sebetulnya lebih baik menjadi informasi pribadi saja.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kita bagikan di dunia maya karena, harus diingat baik-baik, dunia maya itu tidak selamanya aman.

Dilansir dari boombastis.com, inilah 5 hal yang sebenarnya sepele tapi bisa fatal akibatnya kalau kita nekat membeberkannya di media sosial:

1. Lokasi

via pexels.com

Kadang ada yang merasa kalau”share loc” alias sharing lokasi gitu kesannya keren. Apalagi kalau kita pas lagi berada di tempat-tempat ‘wah’ rasanya pasti bangga abis. Tapi, ternyata ini bisa bahaya terutama jika ada orang-orang tertentu yang nggak suka dengan kita. Dia bisa merencanakan sesuatu yang jahat di lokasi yang kita bagikan atau di rumah kita karena dia tahu kita lagi nggak berada di rumah.

2. Tiket Pesawat

via pexels.com

Niatnya sih mau pamer ketika lagi liburan dan akhirnya kode booking yang ada di tiket pesawat pun ikutan nongol di postingan. Ups! Ini bahaya banget! Kalau ada pihak yang iseng, dia bisa aja meretas kode booking pesawat kita dan mengubahnya sesuka hati. Dia juga bisa tahu identitas pribadi kita seperti kartu kredit, alamat rumah, dll. Kalau jatuh ke tangan orang yang salah, kita bisa rugi bandar!

3. Foto Identitas Pribadi

via pexels.com

Kalau dipikir-pikir sebetulnya fungsinya apa sih posting identitas pribadi seperti KTP, SIM atau paspor di medsos? Tapi, meskipun tidak penting, ada saja orang yang melakukannya, lho! Padahal membagikan identitas pribadi ke publik itu bisa disalahgunakan oleh orang yang nggak bertanggung jawab. Bisa jamin aman? Nggak sama sekali!

4. Nomor telpon

via pexels.com

Unggah KTP aja bahaya, apalagi nomor telpon. Udah fix dan jelas, ini nggak perlu dan tidak boleh dilakukan, ya. Kalau memang mau memberitahu seseorang nomor pribadi kita, lakukan lewat chat pribadi atau japri dan pastikan kalau orang yang kamu berikan nomor itu bisa dipercaya. Pokoknya hindari membagikan nomor pribadi supaya tidak disalahgunakan orang.

5. Foto anak

via pexels.com

Hal tersering yang orang tua lakukan adalah mengunggah foto anaknya. Yah mungkin karena euforia jadi orang tua baru, ya? Ini wajar, tapi nggak perlu keseringan. Hal ini bisa memicu kejahatan terhadap anak-anak seperti penculikan dan pemerkosaan.

Intinya, di luar sana emang banyak orang baik, tapi orang jahat juga nggak sedikit

 

Nah, sekarang sudah paham kenapa lima hal di atas harus dihindari untuk diunggah ke sosmed, kan? Jadi, lebih hati-hati lagi dan lebih waspada mulai sekarang ya.

 

sumber: boombastis.com

- Advertisement -
Shares 82

Komentar:

Komentar