Selalu Gagal Mencapai Resolusi Tahun Baru? Jangan-Jangan 3 Alasan Ini Penyebabnya. Cari Tahu Solusinya Yuk

Resolusi tahun baru kamu selalu berakhir gagal? Kita evaluasi sama-sama yuk apa penyebabnya

Tahun 2018 sudah berjalan di bulan kedua loh, guys. Dan jika kamu membaca artikel ini di bulan Juli, tahun 2018 sudah memasuki bulan ketujuh! Tapi, bagaimana kabarnya resolusi-resolusi yang kamu tulis pas tahun baruan kemarin? Apa sudah ada kemajuan? Atau masih gerak di tempat alias begitu-begitu saja?

Bikin resolusi memang hal yang selalu membuat kita merasa lebih optimis dan semangat lagi buat menjalani kehidupan di tahun yang baru. Tapi jangan sampai semua resolusi yang sudah kamu buat hanya jadi pajangan di notes handphone atau di dinding kamar. Mumpung tahun 2018 belum berjalan terlalu jauh, kita evaluasi usaha kita dalam mencapai resolusi-resolusi yang sudah dibuat, yuk!

1. Jangan-Jangan Resolusi Kamu Ketinggian?

Te-ai-indragostit-de-proful-de-la-facultate–Si-acum-ce-faci-
Via: studentie.ro

Bikin resolusi agar jadi lebih baik sih, sah-sah saja. Tapi kamu harus tetap ingat sama kemampuan kamu, jangan sampai resolusi kamu ketinggian dan susah buat dicapai. Misalnya nih, kamu pengen jadi vlogger terkenal, terus kamu set resolusi harus dapat viewer sebanyak 1.000.000 dalam satu minggu. Hmm… mungkin-mungkin saja, sih. Tapi, apa resolusi kayak gitu bisa disebut realistis?

Punya cita-cita yang tinggi memang penting, tapi menikmati proses mencapai cita-cita tersebut justru jauh lebih penting. Jadi, gak masalah kamu mau bikin resolusi hidup yang mengawang-awang, asalkan kamu tahu cara mencapainya. Jangan sampai resolusi yang kamu buat malah jadi bumerang buat diri kamu sendiri, ya. Gak ada salahnya kok membuat resolusi yang biasa-biasa saja. Kamu pun gak perlu keteteran dalam mengejar resolusi.

2. Resolusi Kamu Gak Jelas

Resolution
Via: healthnetpulse.com

“Jadi orang yang lebih baik” adalah salah satu contoh resolusi yang terlalu luas dan gak memiliki tujuan jelas. Definisi orang yang lebih baik itu banyak, loh. Kalau resolusi kamu belum punya tujuan yang spesifik, jangan-jangan kamu malah belum tahu yang kamu mau sebenarnya apa?

Soalnya nih, salah satu tips agar resolusi kita bisa tercapai adalah dengan tahu persis goals dari resolusi kamu itu apa? Misalnya kamu mau jadi pribadi yang lebih baik, kamu bisa membuat resolusi yang lebih spesifik seperti, ikut serta dalam kegiatan relawan yang diadakan di lingkungan tempat kamu tinggal atau berinisiatif menggalang pengumpulan buku-buku untuk anak jalanan di sekitar kamu.

- Advertisement -

Dengan begitu, kamu akan tahu secara jelas tujuan dari resolusi yang kamu mau. Selain itu, dengan resolusi yang spesifik, kamu pun bisa punya perhitungan yang lebih jelas tentang waktu dan langkah-langkah yang diperlukan dalam mencapai resolusi tersebut.

3. Salah Mengambil Langkah

Training for a running race
Via: emmbie.com

Setiap resolusi pasti punya tujuan yang baik. Optimalkan hal itu dengan mengambil langkah yang tepat dalam mencapai resolusi yang sudah kamu tentukan. Jangan salah kaprah dengan mengambil langkah yang sepertinya terlihat seperti sebuah kemajuan, padahal sebenarnya gak berpengaruh besar dalam pencapaian resolusi kamu.

Misalnya nih, kalau kamu punya resolusi untuk hidup lebih sehat dengan menjaga kondisi jantung kamu, pastikan kamu berusaha mencapainya dengan berolahraga rutin dan memakan makanan yang sehat. Jangan merasa cukup hanya dengan membeli sepatu olahraga terkini tanpa pernah memakainya sama sekali, ya.

Yuk, ceritain sudah sampai mana progress pencapaian resolusi kamu di kolom komentar di bawah ini. Tetap semangat dan jangan menyerah, ya!

- Advertisement -
Shares 5