Selain Untuk Diminum, Kopi Ternyata Punya Banyak Manfaat Lainnya, Lho!


Sebagian dari kalian pasti kalau pagi-pagi langsung minum kopi sebagai awal dari hari kamu. Mungkin ada juga yang suka dengan wangi kopi tapi nggak bisa minumnya. Tapi tahu nggak kalau kopi bisa jadi lebih dari sekedar serbuk untuk diminum saja? Ya betul sekali! Ayo simak beberapa manfaat kopi di bawah ini!

 

1. Merawat Kulit

via thearnacoeur.com
via thearnacoeur.com

Bagi kamu yang khawatir dengan kondisi kulit kamu, tenang saja! Kopi ternyata bisa mengencangkan kulit, lho. Ternyata kalau mengoleskan kopi di kulit bisa membuat kulit tampil lebih segar. Ini disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi yang membantu mengencangkan kulit karena unsur anti-aging dan antioksidan di dalamnya. Caranya adalah dengan mencampur tiga sendok serbuk kopi, dua sendok minyak kelapa, dan satu sendok garam untuk membuat lulur yang selain untuk mengencangkan kulit badan tapi menghaluskan serta mencerahkan juga. Lulur ini tidak kalah dengan yang ada di toko tentunya!

Selain bisa mengencangkan kulit, kopi juga bisa mencerahkah kulit wajah. Untuk mencerahkan kulit wajah, kopi bisa dibuat masker dengan cara mencampur satu sendok teh serbuk kopi yang halus dengan satu sendok madu dan satu sendok yogurt. Tunggu sekitar setengah jam sampai kering dan cuci dengan air dingin.

2. Mengurangi Puffy Eyes

via helloglow.co
via helloglow.co

Mengurangi tampilan mata yang sembab. Mata sembab itu karena cairan yang tidak surut dari kelenjar di kantung mata, biasanya kalau kita menangis atau baru bangun tidur kelenjar di kantung mata menjadi sembab. Untuk mengurangi sembab cukup celupkan kapas ke air kopi hitam dan letakkan ke daerah yang sembab untuk beberapa menit. Kandungan kafein di kopi bisa membantu menghilangkan cairan di kelenjar dalam kantung mata.

3. Menyehatkan Rambut

via homesogood.com
via homesogood.com

Kalau ingin membuat rambut kamu lebih sehat, kamu bisa pakai kopi untuk mendetoks rambut kamu dari endapan bahan kimia dari sampo. Caranya adalah dengan membuat hair mask dengan mencampur 1 sendok kopi halus dan dua sendok minyak zaitun. Diamkan sekitar 15 sampai 30 menit lalu bilas.

Kopi juga bisa untuk membilas rambut. Cukup buat 2 sampai 4 gelas espresso, dinginkan, lalu gunakan saat membilas rambut setelah rambut disampo dan diberi conditioner, biarkan untuk beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin. Manfaat dari penggunaan kopi seperti ini adalah untuk menyuburkan rambut kamu.

4. Membantu Saat Mencoba Parfum

via pixorac.blogspot.com
via pixorac.blogspot.com

Pernah nggak kamu mencoba parfum tapi karena saking banyaknya parfum yang dicium, wanginya mulai susah dibedain? Nah untuk membantu untuk me-reset indera penciuman kita agar hidung kita tidak bingung saat mencoba parfum, cukup cium wangi kopi saja setelah mencium wangi dari satu parfum ke parfum lain.

5. Menghilangkan Bau Tak Sedap

via etsy.com
via etsy.com

Saat memegang daging ada bau yang menempel. Kopi bisa membantu menghilangkan baunya. Cukup dengan Tambahkan sedikit serbuk kopi ke sambun cuci tangan.

Masukkan 3 sendok makan kopi giling kasar ke kantong kain dan tali ujung kain tersebut untuk membuat deodorizer untuk rak sepatu, mobil, atau lemari.

6. Mencegah Kanker Kulit

via pixabay.com
via pixabay.com

Kanker kulit itu terjadi karena eksposur kulit kita ke sinar UV dari matahari yang terlalu lama dan merusak kulit kita di jangka panjang bila terus menerus terbakar. Untuk pencegahan, campur tabir surya yang kamu suka dan serbuk kopi halus, lalu usapkan ke daerah yang gampang terkena sunburn untuk mencegah sengatan UV dari matahari.

 

Kopi itu selain enak diminum, manfaatnya ternyata banyak banget, bukan? Nggak nyangka yah! Bisa dicoba nih, guys!

Komentar:

Komentar