Pikir-pikir Lagi Deh Sebelum Masuk ke 4 Jurusan ‘Menjebak’ Ini!


Zaman kuliah memang berbeda dengan zaman SMA dimana kamu bisa memiliki kesempatan sangat besar untuk lulus bareng dengan teman-teman seangkatanmu. Kalau kamu cukup pintar dan nggak bego keterlaluan, kamu pasti bisa banget ngelewatin ujian kenaikan kelas dan ujian sekolah hingga waktu lulus tiba. Para guru pun dengan senang hati membimbingmu dengan aneka pelajaran dan les tambahan supaya kamu bisa mencapai kelulusan dengan sempurna.

Sedangkan saat kuliah kamu dituntut untuk mandiri dengan tekad dan semangatmu sendiri untuk lulus tepat waktu. Kapan kamu lulus pun kamu sendiri yang menentukan, karena gak semua mahasiswa seangkatan bakal lulus bareng di waktu yang sama. Berbeda dengan jaman SMA yang membantu muridnya untuk lulus tepat waktu, dosen-dosen di kuliah justru sebaliknya, Terkadang mereka malah membebani mahasiswa dengan tugas-tugas serta proses skripsi yang lama. Dosen sering sulit ditemui saat akan bimbingan dan segala tetek bengeknya sehingga waktu kuliah pun tak kunjung selesai.

Dan kecepatan lulus kuliah juga dipengaruhi oleh jurusan apa yang kamu ambil karena tiap jurusan tentu berbeda-beda level kesulitan untuk lulusnya. Ada jurusan yang cepat dan gampang lulus, tapi ada juga jurusan tertentu yang memiliki level kesulitan sangat tinggi sehingga para mahasiswanya pun harus rela bergelar mahasiswa abadi selama jangka waktu tertentu.

Nah ini dia 4 jurusan yang dinilai paling sulit untuk lulus dan bagi kamu yang memilih jurusan ini tentu harus bersiap-siap lulus dalam waktu yang tak bisa ditentukan.

1. Sastra

Kamu yang memutuskan untuk memilih jurusan ini kayaknya harus siap-siap lulus lama deh, karena meskipun jurusan ini tampak disepelekan namun nggak semua orang cocok dan berkompeten masuk ke jurusan ini. Hanya orang-orang tertentu yang benar-benar mencintai sastra yang bisa dan siap masuk jurusan ini. Saling cintanya sama sastra, mereka bahkan gak ingin cepat-cepat meninggalkan bangku kuliah lantaran udah pewe banget kuliah di sastra. Itulah mengapa banyak lulusan sastra yang masih saling terhubung satu dengan yang lainnya meskipun udah lulus sekalipun.

Lihat jurusan menjebak lain di halaman selanjutnya…

2. Kedokteran

Kalau jurusan ini sih nggak usah ditanya!  Hampir semua orang mengamini bahwa kedokteran merupakan jurusan kuliah yang paling sulit ditempuh. Selain karena materinya susah, ada prakteknya juga yang para dosennya pun nggak bisa sembarangan meluluskan mahasiswanya kalau dia nggak bener-bener udah mahir. Kodokteran bakalan berhubungan langsung sama nyawa seseorang, jadi nggak bisa main-main, lulusannya pun harus teruji.

3. Jurnalistik

Kuliah jurusan jurnalistik atau televisi jangan dikira gampang lho! Meskipun tampak sepele, namun kamu harus bener-bener punya passion dan kreatif kalau mau terjun di bidang ini, Kalau skill dan passion nggak ada, kamu bakalan kalah saing banget sama mahasiswa jurnalistik lain diluar sana. Terlebih jika kampus kamu termasuk kampus yang mengandalkan teori, jelas kamu harus magang di tempat lain supaya banyak pengalaman.

Dan kegiatan magang ini lumayan menyita waktu, tenaga, dan juga biaya tentunya. kamu harus berada di banyak tempat dengan segudang aktivitas mencari informasi yang faktual dan aktual. So, pengalaman yang banyak akan memperkaya intelektualitasmu dalam dunia jurnalistik. Ini tentunya akan memperlama masa kuliahmu secara akademis.

Untuk jurusan terakhir, pasti bisa kamu tebak..

4. Teknik Informatika

Jurusan yang identik dengan pemrograman komputer ini tentunya jangan dianggap sepele. Emangnya kamu pikir kuliah di jurusan ini sangat gampang? Biasanya tugas akhir dari jurusan Teknik Informatika adalah membuat sebuah program yang tidak hanya untuk di ujikan dalam sidang kelulusan, tapi juga implementasi pada kehidupan nyata. Apakah program yang dibuat benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

Nah, kebayang nggak proses pembuatan program yang ngejelimet dan juga yang berurusan dengan komputer terus-terusan? Belum lagi kalau komputer error dan berbagai faktor “X”  lainnya yang menghantui.  Jadi kamu butuh waktu yang lama untuk mempersiapkan semuanya di meja sidang  atau kamu bakal digoreng sama dosen penguji!

Itu dia 4 jurusan kuliah yang dinilai paling lama lulus.   Tapi semua itu balik lagi ke diri sendiri, karena dimana ada kemauan pasti ada jalan.   Selama kamu yakin bakal bisa lulus kuliah dan sukses, pilh 4 jurusan itu nggak ada masalah!

 

 

Komentar:

Komentar