Pengen Olahraga Meski Sibuk Bekerja? Bisa Kok, Ini Caranya.


Apa kamu termasuk sebagian orang yang menyalahkan kesibukan bekerja sebagai alasan untuk tidak berolahraga? Pertanyaan terbesarnya adalah apakah kamu memang tidak sempat atau sengaja tidak menyempatkan diri? Padahal dengan menyempatkan olahraga kamu bisa tetap menjaga tubuhmu tetap fit sehingga tidak mudah terserang penyakit dan virus.

Buat kamu yang masih bingung mengatur waktu untuk berolahraga, nih ada pembagian waktunya.

1. Sebelum Bekerja

Manfaatkan waktu sebelum bekerja untuk berolahraga. Udara pagi yang segar dapat membuatmu merasa fokus dan semangat menjalani sisa hari-harimu. Setel alarm jam 5 pagi, atau buat kamu yang muslim selepas sholat Subuh, dan mulai olahraga selama kurang lebih 30-40 menit.

via warriorhomefitness.com

Sebaiknya olahraga yang kamu lakukan pagi hari ini lebih bersifat individu, atau bisa kamu lakukan sendiri tanpa teman. Seperti bersepeda, jogging, atau HIIT (High Intensity Interval Training). Bisa sih ajak temanmu untuk menemani tapi pastikan yang kamu ajak nggak bakal memadamkan motivasi berolahragamu. Misal dia lebih memilih tidur, nah kamu yang tadinya bersemangat malah jadi ketularan pengen tidur lagi dan nggak jadi berolahraga. Pernah kejadian?

Buat kamu yang malas keluar kamar tapi pengen olahraga coba aja ini.

2. Saat Bekerja

Meskipun paginya sudah berolahraga, kamu tetap bisa melanjutkan olahragamu selama jam kerja lho. Caranya mudah banget, ada banyak opsi yang bisa kamu pilih dan kamu lakukan.

via regionalfitnesscenter.com

Contohnya :

  • Berangkat ke kantor jalan kaki/bersepeda
  • Lebih memilih naik tangga daripada lift
  • Kalau sedang tidak terburu-buru kurangi penggunaan telepon untuk berkomunikasi dengan mereka yang berbeda ruangan dan berjalan kakilah menuju ruangan mereka
  • Beli makan siang dengan berjalan kaki kalau di kantor tidak ada kantin
  • Ada yang ingin menambahkan?

3. Setelah Bekerja

Olahraga setelah bekerja ini nggak harus tiap hari kamu lakukan sih, setidaknya kasih jadwal seminggu berapa kali. Nah, olahraga yang cocok kamu lakukan setelah kerja ini enaknya sih olahraga yang bersifat kelompok seperti futsal, bulutangkis, basket, atau voli.

via aremafc.com

Kamu juga bisa mengajak teman kantor, teman kos, atau tetangga. Kalau misal di kantormu tidak ada agenda olahraga bersama, ajak teman-teman kantormu melakukan olahraga kelompok setidaknya seminggu sekali. Lumayan lah nambah-nambah relasi dan mempererat hubungan.

4. Hari Libur

Kalau hari libur sih sudah jelas kamu punya banyak waktu luang, jadi alasan apa yang mau kamu utarakan?

via pantip.com

Memang kenapa sih kok harus olahraga? Asal kamu tahu, semakin sedikit kamu bergerak maka semakin rentan kamu menderita penyakit, baik fisik maupun psikis. Contohnya pengeroposan tulang, obesitas, fungsi jantung melemah, mudah stres, mudah emosi, dan malas. Makanan yang kamu makan pun jadinya menumpuk di tubuh dan karena tidak ada aktivitas jadinya kayak gini nih.

via screenmusings.org

Yuk dimulai olahraganya dari sekarang!

Komentar:

Komentar