Kalau Kamu Ingin Jadi Video Creator Yang Canggih, Simak 4 Tips Ini, Deh!


Di era digital seperti sekarang ini udah banyak banget yang terjadi pada perubahan hidup kita, dan salah satunya adalah perubahan dalam hal pekerjaan. Mungkin, zaman dulu jenis-jenis pekerjaan yang akrab banyak diketahui adalah seperti menjadi polisi, dokter, atau bisa juga presiden. Pada zaman sekarang ini, jangan kaget kalau muncul banyak jenis pekerjaan baru dan yang menjadi salah satu jenis pekerjaan tersebut adalah Content Creator. Content Creator adalah sebutan buat mereka yang suka menciptakan konten-konten kreatif yang banyak bertebaran di Internet.

pexels-photo-51171

Salah satu jenis pekerjaan di bidang Content Creator yang susah banget untuk adalah menjadi Video Creator. Beberapa situs berbagi konten yang sedang populer di Indonesia adalah YouTube, Instagram dan juga Blog. Situs-situs ini mengajak penggunanya untuk mengunggah konten yang sifatnya visual, alias ada gambarnya. Jenis konten yang diunggah juga macaem-macam. Dari mulai yang iseng-iseng aja sampai yang professional, dengan popularitas yang bervariasi.

Tapi belakangan ini, karena tingginya popularitas video di Youtube yang turut melahirkan Youtubers yang menjadi terkenal juga, menjadi Video Creator menjadi pekerjaan favorit yang sangat diminati generasi muda zaman sekarang. Sehingga enggak usah heran kalau banyak orang yang menekuni profesi sebagai Video Creator seperti Chandra Liao, Bayu Skak, dan masih banyak lagi.
Nah, sekarang gue mau kasih tau ke kalian beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjadi seorang Video Creator. Sederhana, kok! Pertama-tama…

1. Pakailah Topik Sehari-Hari untuk Mulai Membuat Konten

pexels-photo-27040

Bagi kalian yang baru terjun bidang video creator, biasanya mengalami hambatan dalam urusan mencari ide untuk video. Ide bakal menjadi sesuatu yang terlihat mahal, padahal sebenernya ide-ide tersebut bisa muncul dari kehidupan kita sehari-hari seperti dari lingkungan sekolah, pekerjaan, ataupun dari hubungan percintaan kalian. Kalau pingin bikin konten yang lebih unik, biasanya diambil dari beberapa pengalaman pribadi si Creator Video nya sendiri yang diubah menjadi sebuah karya video yang bisa dinikmati oleh banyak orang (tapi ingat untuk tidak oversharing ya, guys).

2. Tulis Materi Untuk Video

people-coffee-notes-tea

Ketika kalian akan membuat suatu Video, kalian harus mempersiapkan segalanya dengan matang, termasuk apa sih yang bakal di omongin di dalam video. Oleh karena itu, penulisan materi itu sangatlah penting sebelum masuk kedalam proses syuting dimulai. Jangan sampai saat kalian sudah mulai merekam video, kalian masih bingung dengan apa yang mau di omongin. Kalau enggak direncanakan dengan baik, bisa jadi alur video menjadi random, nggak jelas, dan terkesan acak-acakan.

3. Berimproviasi

pen-idea-bulb-paper

Salah satu kunci keberhasilan dari para Video Kreator adalah mereka dapat menghasilkan ide kreatif yang mengalir secara natural.
Karena itulah, meskipun kalian sudah mempersiapkan script tentang apa yang nantinya akan dibicarakan dalam video tersebut, kalian juga perlu untuk melakukan improviasi supaya video kita engga terkesan kaku dan bisa mengalir dengan sempurna.

4. Mintalah Pendapat dari Orang Lain

women-1209678_960_720

Jika kalian sudah selesai membuat video, langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah meminta pendapat atau masukan dari orang lain. Caranya gampang banget kok guys, cukup kalian publikasikan hasil video ke ruang publik. Seperti YouTube, Instagram dan lainnya. Dari sini kamu bisa lihat reaksi orang tentang video yang sudah kamu bikin.

Wah, keren ya. Memang internet bisa buat semua orang menjadi apapun yang dia mau, termasuk menjadi seorang Video Creator. Kalau kalian memulainya dari sekarang, kalian akan mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa menjadi terkenal dikemudian hari. Jangan pernah takut atau berkecil hati jika kalian mendapatkan kritikan, karena kritikan inilah yang bisa membuat kalian mengetahui bagian mana saja yang harus diperbaiki, dan jika dapat reaksi negatif anggap saja itu sebagai kritik yang membangun supaya kamu bisa bikin konten yang lebih kece kedepannya.  Selain itu, kalian menjadi lebih tahu bagaimana tanggapan dari netizen terhadap karya video tersebut.

So, kalian bakal mulai darimana nih? Terus berkarya ya, guys!

Komentar:

Komentar