Nggak Selamanya Buruk, Belajar Menggunakan ‘Sistem Kebut Semalam’ Bisa Efektif dengan 5 Tips Ini

Wah, boleh juga nih!

Hayo ngaku, siapa yang suka belajar pake sistem SKS alias Sistem Kebut Semalam? Yap, harus diakui bahwa sistem ini emang banyak diadopsi oleh para pelajar dan mahasiswa yang merasa ‘nggak punya waktu cukup’ buat belajar jauh-jauh hari. Hafalan pun jauh lebih terserap otak saat belajar pake sistem ini, walaupun katanya sistem belajar ini sama sekali nggak efektif.

Tapi tenang guys, nggak selamanya sistem SKS itu buruk kok. Kamu tetep bisa belajar efektif dengan sistem ini asalkan 5 tips ini kamu terapkan.

1. Pastikan kamu tahu ada berapa banyak materi yang harus dipelajari

via gregetan.com

Trik pertama adalah mengetahui seberapa banyak materi yang kira-kira keluar di ujian besok. Dengan mengetahui  jumlah materinya, otak akan lebih rileks dalam menyerap bahan ujian. Kamu juga nggak terlalu terburu-buru dalam belajar karena kamu udah tahu seberapa banyak materi yang dujiankan.

2. Kamu juga harus tahu materi mana saja yang akan muncul di ujian

via health.detik.com

Selain itu, kamu juga perlu tahu materi mana saja yang masuk sebagai bahan ujian. Jangan sampai kamu terlalu banyak membaca dan menghafal, padahal nggak semua materi diujikan. Setelah itu, cobalah memilah mana materi yang mudah dan sulit sehingga mempermudah proses belajarmu.

3. Pelajari materi yang lebih sulit dulu

via papasemar.com

Materi sulit dan mudah udah dipisah, saatnya menentukan materi mana yang harus dipeajari terlebih dahulu. Ternyata sistem SKS ini akan lebih tokcer jika kamu mempelajari yang susah terlebih dahulu. Ketika materi yang sulit udah dikuasai, maka akan jauh lebih mudah untuk menghafal materi yang gampang.

4. Catat semua materi dengan tangan

via tandapagar.com

Ketika kamu menulis semua bahan ujian di kertas dengan tangan, maka secara otomatis otak pun ikutan menghafal dan mempelajari. Bahan ujian juga ikut terserap dengan baik. Asalkan kertas tersebut nggak dipakai buat contekan, lho!

5. Hindari membaca ulang materi sebelum ujian

via tumblr.com

Satu hal lagi yang perlu kamu terapkan adalah tidak membaca materi ujian di detik-detik menjelang ujian. Misalnya 30 menit sebelum ujian atau bahkan 5 menit sebelum ujian. Hal ini justru mengacaukan sistem belajarmu semalam. Hafalan bisa mendadak hilang semua ketika kamu melakukan ini, karena otak nggak disetel untuk selow dan santai di waktu menjelang ujian. Jadi mending berdoa aja sebelum ujian ketimbang sibuk membuka dan membaca ulang materi.

 

Terlepas dari itu semua, belajar jauh-jauh hari terbukti lebih efektif memudahkan kamu menghadapi ujian. Jadi, kalau punya waktu lebih banyak, minimalisir belajar dengan sistem SKS ya. Tapi kalau terpaksa kamu bisa pakai 5 tips di atas 🙂

 

- Advertisement -
Shares 215

Komentar:

Komentar