Yey, Sebentar Lagi Puasa! Yuk, Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Hari Pertama Bulan Ramadhan Tiba


Uyey, beberapa hari lagi kita bakal memasuki bulan Ramadhan. Yup, banyak orang yang senantiasa gembira menyambutnya. Lantaran memang spesialnya bulan Ramadhan ini, Allah SWT sediakan beragam kenikmatan; mulai dari ampunan, rahmat, keberkahan, pahala, dan lain sebagainya.

Nah pertanyaannya, bagaimana kita bisa memperoleh semua kenikmatan pada bulan Ramadhan secara optimal? Apakah hanya dengan berdiam diri kita bisa otomatis dapat keberkahan, pahala, ampunan, dan sebagainya itu? Belum tentu. Kalau mau yang pasti sih, kita harus berusaha.

Tapi sebelum itu, pastikan juga kita udah mempersiapkan diri dengan matang untuk mendapat semua kenikmatan di bulan yang spesial ini. Setidaknya, 5 persiapan ini bakal membantu kamu siap lahir batin menjalani ibadah puasa nantinya. Yuk, kita intip satu per satu!

1. Pelajari Hukum-Hukum Puasa

menyambut ramadhan
quran via teknikhidup.com

Seorang muslim wajib mempelajari aturan soal ibadah, termasuk fikih puasa. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana cara berpuasa yang benar; sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW, agar ibadah kamu bisa diterima.

Dengan mempelajari fikih puasa pula kamu dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan hukum puasa seperti rukun puasa, sunat dan adab puasa. Untuk lebih baiknya sih, disarankan juga untuk memperdalam pengetahuan tentang ibadah lainnya yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, seperti shalat tarawih, i’tikaf dan membaca Al-Quran.

Persiapan ilmu ini wajib kamu lakukan untuk memasuki bulan Ramadhan. Dengan ilmu, maka ibadah dapat dilakukan dengan cara yang benar.

2. Segera Ganti Puasa Tahun Lalu yang Sempat Batal

menyambut bulan ramadhan
ramadhan via wordpress.com

Sudah seharusnya kamu meng-qadha a.k.a mengganti puasa di tahun sebelumnya yang batal sesegera mungkin sebelum datang Ramadhan berikutnya. Menunda mengganti puasa, atau menggantinya dengan membayar sedekah, secara sengaja tanpa ada alasan yang jelas sampai masuk Ramadhan berikutnya adalah dosa

Namun, kalau kamu mempunyai kesibukan atau halangan tertentu, seperti hamil atau tengah menyusui anak, maka sebaiknya kamu menuntaskan utang puasa pada bulan Sya’ban atau satu bulan sebelum bulan Ramadhan.

Jadi, jika kamu tak bisa menamatkan puasamu nanti, kamu tahu kan apa yang mesti dilakukan? Udah diingatkan, lho. Hehehe.

3. Jaga Kesehatan

tumblr_o972qugXzq1v15f85o1_500.jpg (500×334)
ramadhan via tumblr.com

Persiapan fisik agar tetap sehat dan kuat pada bulan Ramadhan sangat penting, mengingat kesehatan merupakan modal utama dalam beribadah. Orang yang sehat pun dapat melakukan ibadah dengan baik dan penuh semangat.

Namun sebaliknya bila seseorang sakit, maka ibadahnya sangat terganggu dan tidak semangat. Seperti kata pepatah, “Pergunakanlah kesempatan yang lima sebelum datang yang lima; masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum datang kematianmu.” 

Oleh karena itu, menjelang bulan Ramadhan, maka kesehatan dan stamina fisik mesti dijaga. Makan harus teratur. Pola makan yang sehat harus dijaga. Selain itu, istirahat harus cukup.

4. Siapkan Isi Kantong Lebih

menyambut bulan puasa
sedekah via blogspot.com

Agar dapat memanfaatkan keberkahan bulan Ramadhan, maka sepatutnya kamu menyiapkan sebagian hartamu sebelum kedatangan bulan Ramadhan untuk diinfakkan dan disedekahkan nantinya.

Selain itu, persiapan finansial ini juga sangat bermanfaat untuk keperluan bersahur dan berbuka puasa. Terlebih lagi bila kamu ingin menu berbuka puasa yang mencukupi dan sesuai dengan standar gizi yang diperlukan oleh tubuh kita.

5. Pacu Diri Memburu Pahala

persiapan menyambut ramadhan
puasa via teknikhidup.com

Pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, dan puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan itu sendiri, dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan.

Siapa yang mendekatkan diri dengan kebaikan di bulan Ramadhan, maka seperti mendekatkan diri dengan kewajiban di bulan lain. Siapa yang melaksanakan kewajiban di bulan Ramadhan, maka seperti melaksanakan 70 kewajiban di bulan lain.

Nah, itu dia 5 hal singkat tapi super duper penting yang perlu kamu persiapkan sebelum bulan puasa tiba. Selain itu, jangan lupa buat berharap agar ibadah yang kamu lakukan diterima olehNya. Tentu melakukannya dengan ikhlas dan sesuai ajaran agama ya, jangan cuma karena pingin dapat pahala doang.

Semoga kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan dapat meraih berbagai keutamaannya, ya!

Komentar:

Komentar