Mumpung Masih 10 Hari Terakhir Ramadhan, Yuk Lakukan 5 Amalan yang Dicontohkan oleh Nabi Ini!


Wah, nggak kerasa ya bulan Ramadhan ini sudah masuk 10 hari terakhir. Gimana kabar ibadah kalian, bro, sis? Lebih lancar apa malah tersendat? Fenomena yang umum terlihat di masjid dan musholla sih biasanya shaf tambah maju pada saat 10 hari terakhir ini, alias lebih sepi kalau dibandingkan dengan hari-hari pertama puasa. Padahal di hari 10 terakhir ini kita berkesempatan mendapatkan Lailatul Qadr, lho!

Nah, mumpung masih dalam rangka 10 hari terakhir nih, yuk memperbanyak ibadah kita. Ibadah seperti apa? Kita bisa mencontoh hal-hal yang biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, apa saja itu?

1. Perbanyak sedekah dan amal jariyah

via tazkirah.net

Nggak usah dibilang juga udah pada tahu kan kalau harta kita di dunia ini hanya titipan. Nah, karena itu jangan pernah merasa keberatan untuk memperbanyak sedekah di 10 hari terakhir ini. Terlebih sekarang sedekah juga bisa dilakukan secara online dan kita bisa memilih sendiri target sedekah kita kalau misal nggak tahu harus nyalurin kemana. Lagian juga nggak harus uang kok, bisa sembako atau barang lain. Selain bisa ‘mencuci’ harta, kita juga sekaligus membantu sesama muslim supaya di hari raya nanti mereka ikut merasakan kebahagiaan Idul Fitri. Eh, tahu nggak, sebagaimana dinyatakan oleh Ibn Abbas ra,

“Baginda Rasulullah SAW adalah orang yang amat pemurah. Pada bulan Ramadhan beliau menjadi lebih pemurah lagi.” (Mutaffaq ‘alaih).

Jadi, mau mulai digiatkan bersedekah kapan nih?

2. Menggiatkan tadarus Al-Qur’an

via en.ipip.sg

Wah, kalau yang ini sih di bulan-bulan biasa aja udah banyak pahalanya, apalagi di bulan Ramadhan, tambah lagi kalau nanti dapat Lailatul Qadr. Wiiih, melimpah, bro. Selama niatnya karena Allah sih ya. Karena dengan membaca Al-Qur’an, kamu bisa dapat dua macam pahala, yang pertama adalah pahala membaca dan yang kedua pahala susah payahnya, seperti yang disebutkan dalam hadist ini.

“Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi ta’at, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” (Hadits Muttafaq alaih).

3. Bangun dan makan sahur di akhir waktu

via dream.co.id

Kalau berbuka itu kita dianjurkan untuk menyegerakan, nah kalau sahur kalau bisa sih mendekati akhir. Bukan karena ketiduran ya, mungkin bisa didahului dengan sholat sunnah dan tadarus sebelumnya. Seperti kata Ammar Ibnu Maimun,

“Para sahabat Nabi Muhammad SAW adalah mereka yang paling lambat waktu makan sahurnya” (HR Baihaqi).

Mungkin bagi sebagian orang mending lanjut tidur daripada sahur, padahal sahur itu banyak berkahnya lho. Yuk, mulai dibiasakan. Belum terlambat kok meski udah masuk 10 hari terakhir.

4. Memperbanyak shalat sunnah malam

via media.ihram.asia

Seperti yang telah dijelaskan di poin ketiga, sebelum sahur bisa didahului dengan sholat sunnah seperti tahajud, taubat, hajat, atau witir. Biasanya sih di masjid-masjid ketika 10 hari terakhir ada witir berjamaah 11 rakaat. Mungkin beda tempat beda juga ya. Keutamaan sholat sunnah berjamaah sendiri disampaikan dalam 2 hadist berikut ini

“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR. An Nasai)

 

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Gimana, masih nggak tergoda buat sholat sunnah berjamaah?

5. I’tikaf dan jangan lupa ajak-ajak

via wahdah.or.id

Ini yang paling berat. Coba deh jawab pertanyaan ini, kalian yang punya cita-cita i’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan, apakah sudah bisa mewujudkannya? Kalau udah, yah alhamdulillah, kalau belum, masih belum telat kok. Meski i’tikaf bisa dilakukan di setiap waktu, namun berasa spesial kalau melakukannya di bulan Ramadhan, apalagi biasanya sih masjid bakal dipenuhi banyak orang. Yang bikin malas sih biasanya kalau harus berangkat sendirian, oleh karena itu kamu bisa ajak teman atau keluargamu untuk i’tikaf bareng di masjid pilihanmu.

Nah, itu dia 5 amalan yang bisa kamu contoh dari kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Buat yang masih belum ngelakuin, belum terlambat kok kalau mau memulai.

Komentar:

Komentar