Mulai dari Olahraga hingga Teknik Bernapas Ala Tentara, 4 Tips Ini Dijamin Mampu Atasi Rasa Grogi

Jangan mau dikalahin sama rasa grogi

:

Pernahkan kamu merasa sesak nafas dan bingung harus berbuat apa saat grogi? Pasti pernah dong. Momen penting saat wawancara kerja, presentasi masalah kerja, ataupun berhadapan dengan calon mertua bisa memicu grogi yang bikin kamu hilang kendali dan hilang kata-kata.

Grogi itu wajar dan sangat manusiawi karena semua orang pasti pernah mengalaminya. Tapi, jika rasa grogi yang kamu alami sudah mengganggu kehidupan pribadi dan pekerjaanmu, maka cara berikut wajib dilakukan.

1. Berolahraga

sumber: besyocuyuz

Olahraga bukan hanya sekedar urusan menjaga kebugaran fisik, tetapi juga bisa mengurangi kegugupan. Dengan berolahraga, kamu bisa meningkatkan produksi neurotransmitter yang memberi efek rileks.

2. Menuangkannya ke dalam tulisan

sumber: kmcommunications


Menuangkan rasa grogi ke dalam tulisan juga bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi grogi yang berkelanjutan. Otak akan merespons bahwa kamu tidak harus berfokus pada rasa grogi karena kamu sudah memindahkannya ke dalam bentuk permanen, yaitu tulisan.

3. Tidur untuk hilangkan grogi

sumber: health

Kalau kamu termasuk orang yang sering susah tidur gara-gara memikirkan acara penting yang bakal kamu hadiri, sebaiknya kebiasaan macam itu jangan terus dipupuk. Soalnya, kurang tidur malah bisa jadi pemicu dari rasa cemas yang berlebihan. Makanya, pastikan kamu dapat waktu tidur yang cukup beberapa hari sebelum hari pentingmu tiba.

Dan jika kamu masih merasa grogimu tidak tertolong, lakukan cara paling ampuh di bawah ini.

4. Bernafas taktis ala tentara

Sering menghadapi situasi dimana nyawa menjadi taruhan membuat para tentara memiliki cara untuk mengatasi rasa cemas dan takut, yaitu dengan konsep bernapas ala tentara atau dikenal juga sebagai pernapasan diafragma. Saat kamu berada di tengah-tengah situasi yang mencekik, yang kamu perlukan adalah gerakan menarik dan menahan napas seperti yang ada di video ini.

Dr. Belisa Vranich, seorang pakar psikologi klinis menyarankan untuk melakukan metode pernapasan ini untuk menurunkan detak jantung yang berdebar dan mengontrol napasmu sehingga rasa cemas bisa terkendali. Lakukan metode bernapas ala tentara tadi hingga kamu merasa tenang dan sanggup mengatasi hal-hal yang mencekikmu itu.

Wah, patut dicoba nih semuanya. Bermanfaat loh buat kamu yang suka tampil di depan umum ataupun akan menghadapi moment penting seperti melamar pasangan. Cheers!

Sumber: Mentalfloss

Komentar:

Komentar