Pengen Bisa Akrab Sama Atasan? Praktikin 4 Cara Ini Supaya Kamu Jadi Kesayangan Si Bos, Yuk

Jangan sampai karir kamu mandeg karena gak bisa menaklukan hati si bos.

Ketika kamu memilih untuk terjun ke dunia kerja setelah selesai kuliah, perasaan yang pasti muncul adalah deg-degan sama berbagai proses adaptasinya. Perubahan lingkungan yang asalnya nyaman karena dipenuhi teman-teman sebaya berubah 180 derajat dan berganti dengan orang-orang dari berbagai kalangan dan usia.

Nah, ketika kamu masuk dunia kerja, salah satu orang yang pasti harus kamu hadapi di kantor adalah atasan kamu. Berhubungan sama atasan itu gampang-gampang susah, loh. Kalau kamu terlalu akrab nanti disangka gak sopan dan, sebaliknya, kalau kamu sedikit-sedikit parno gimana karir kamu bisa maju? Supaya kamu bisa tetap akrab sama atasan tanpa melampaui batas wajar, coba praktikin empat cara di bawah ini, deh. Dijamin kamu bisa jadi kesayangan si bos di kantor!

1. Temukan Gaya Komunikasi Yang Sesuai

thumb_employee_20talking_20to_20boss_202
Via: c2.dq1.me

Seperti orang-orang pada umumnya, atasan juga punya karakter yang berbeda-beda. Ada yang bawaannya santai dan menganggap bawahan sebagai teman, ada juga yang senang menjaga jarak dan memposisikan diri sebagai orang yang harus dihormati.

Sebagai bawahan, jangan sampai kamu salah memilih gaya berkomunikasi dengan atasan kamu. Sesuaikan cara bicara dan gesture tubuh kamu, dengan gaya komunikasi yang diinginkan si bos. Jangan sampai kamu kelihatan sok asyik ngajak ngobrol si bos dengan gaya bahasa yang terlalu kasual, padahal bos kamu merasa hal itu gak sopan.

2. Minta Saran Dari Pegawai Senior

ThinkstockPhotos-dv1922023-e1427316874173-545×365
Via: callruby.com

Sebagai anak bawang yang baru masuk ke dunia kerja, gak ada salahnya kamu belajar banyak dari orang yang lebih berpengalaman. Gak cuma soal pekerjaan sehari-hari, tapi juga soal gimana caranya menghadapi bos kamu di kantor. Minta lah saran dari pegawai senior yang terpercaya dan jangan pernah ragu buat tanya-tanya sama orang-orang di kantor kamu.

Di sini kamu memang harus pintar-pintar menyerap dan menyaring informasi yang kamu dapat, supaya kamu bisa tahu cara yang tepat buat menaklukan atasan kamu.

3. Netral

t1larg.nervous.boss
Via: turner.com

Namanya juga dunia kerja, konflik yang ada didalamnya pasti lebih rumit dibandingkan konflik-konflik yang pernah kamu alami sewaktu kuliah. Dalam menghadapi konflik di dunia kerja, jangan pernah terlibat terlalu dalam kalau kamu memang gak terlibat langsung dalam konflik tersebut. Apalagi kalau atasan kamu nanyain pendapat kamu tentang rekan sekantormu, mending pilih jawaban-jawaban yang bersifat netral supaya gak jadi bumerang buat diri kamu sendiri.

4. Bikin Prestasi

office-365-sharepoint-intranet
Via: bizportals365.com

Cara paling efektif merebut perhatian atasan adalah dengan mebuat prestasi yang baik di kantor. Pastikan pekerjaan kamu gak pernah melewati deadline yang ditentukan dan hasilnya melebihi ekspektasi atasan kamu. Dengan begitu, kamu gak perlu repot-repot cari cara buat menyenangkan hati atasan kamu, karena hasil kerja kamu sudah membuat atasan kamu senang dengan sendirinya.

 

Berkarir di dunia kerja memang gampang-gampang susah, tapi jangan gampang menyerah karena justru itu seninya bekerja. Percaya diri dan mau belajar adalah kunci utama supaya kamu bisa bertahan di dunia kerja. Semangat ya, guys!

- Advertisement -
Shares 40

Komentar:

Komentar