Meski Terdengar Remeh, 7 Tips Survival Ini Bisa Jadi ‘Ibu Peri’ Penyelamat Hidup

Bukan cuma hidup kamu malah, tapi orang lain juga

Hidup ini memang penuh hal-hal tak terduga. Tapi, itu bukan berarti kamu tak bisa membuat persiapan untuk menghadapinya. Amat sangat disarankan agar kamu membuat perencanaan sebelum hal tak terduga itu datang. Dan itu bisa dilakukan dengan mempelajari kemampuan kecil tapi besar manfaatnya, seperti memasang paku hingga melakukan CPR (pernapasan buatan).

Memang sih banyak dari kemampuan tersebut tak diajarkan di sekolah, dan itu berarti kamu mesti berinisiatif mempelajarinya sendiri. Itu makanya sekarang kita bakal bahas 7 kemampuan yang bisa sangat berguna dalam kehidupan ini.

1. Membuat simpul tali

sumber: brightside

Mempelajari cara membentuk simpul tali akan sangat berguna di saat-saat tertentu, salah satunya ditunjukkan oleh ilustrasi di atas. Apalagi kalau kamu cewek, pasti berat dong harus mengangkat-angkat galon? Nah, dengan menguasai gimana cara bikin simpul, kamu jadi bisa membawa galon dengan lebih mudah.

2. Kenali mana jamur beracun dan mana yang tidak

sumber: brightside

Saat kamu hiking atau berkemah di area gunung/hutan, kemungkinan besar kamu beberapa kali menjumpai jamur liar yang tumbuh di bawah pepohonan. Namun, perlu diingat bahwa tak semua jamur aman kamu konsumsi, bahkan ada jenis jamur yang hanya dengan menyentuhnya bisa membuat gatal hingga menimbulkan rasa terbakar.

Ilustrasi di atas menjadi ciri bagaimana membedakan jamur beracun dan mana yang tidak beracun. Jangan sampai hidupmu terancam karena jamur beracun, ya.

3. Menggunakan perkakas kerja

sumber: thesweethome

Saat kamu hidup terpisah dengan orangtua, ada beberapa kemampuan dasar yang perlu kamu pelajari dan kuasai; mulai dari memaku tembok sampai memasang sekrup. Tak hanya itu, kotak kecil yang berisi perkakas juga wajib ada di rumahmu, loh!

Sayang juga kan kalau manggil tukang cuma buat masang paku di tembok?

4. Menyelamatkan orang tenggelam

sumber: wikihow

Kamu bisa jadi penyelamat hidup seseorang yang tenggelam jika mengetahui cara ini. Tapi, hal yang paling penting untuk melakukannya adalah: kamu harus bisa berenang.

Nah, kalau kamu bisa berenang, aturan pertama untuk menyelamatkan orang yang tenggelam adalah dengan mendekati orang itu dari arah belakang. Kenapa? Karena orang yang tenggelam cenderung panik jika melihat ada yang datang dari arah depan.

Selanjutnya, setelah jarak kamu cukup dekat dengannya, selipkan lengan kamu lewat bawah ketiaknya atau pegang dagunya. Perhatikan juga posisi kepalanya; jaga agar kepalanya tetap berada di perutmu. Lalu, kamu bawa ia ke tepi, keluar dari kolam atau laut.

5. Ketahui cara menabung

sumber: carsonwealth

Penting banget loh ini! Siapa pun wajib mengetahui bagaimana mengatur keuangan sesuai bujet dan menyisihkan uang untuk ditabung. Seberapa pun besar atau kecilnya penghasilan, kamu wajib punya tabungan. Bukannya mau menakut-nakuti, gagal mengatur keuangan itu taruhannya masa depan, loh.

6. Ingin liburan? Rencanakan dengan seksama

sumber: uwhug

Jika kamu ingin liburanmu sempurna, maka kamu wajib membuat perencanaan liburan dengan sempurna juga. Yup, meskipun kamu percaya diri punya daya ingat yang kuat, sebaiknya jangan terlalu bergantung pada ingatanmu; catatlah setiap kebutuhan hingga rute perjalananmu nanti. Dengan begitu, kamu tak perlu direpotkan bertanya sana-sini di tempat tujuan, atau bahkan meninggalkan barang yang penting di rumah.

Dan yang paling penting dari semuanya adalah buat perencanaan agar liburanmu tetap hemat. Bersenang-senang travelling dengan mengorbankan keuangan juga bukan tindakan yang bijak. Ya, ‘kan?

7. Melindungi diri dari gempa

sumber: brightside

Jika terjadi gempa, jangan panik. Segeralah merunduk, lalu bersembunyi di bawah meja. Posisikan satu tangan melindungi leher bagian belakang dan tangan lainnya memegang kaki meja. Jangan lari dari gedung. Bagian eksterior gedung sangat berbahaya jika sedang gempa, dan bisa runtuh kapan saja.

Semoga ketujuh trik tersebut bisa menjadikan hidupmu lebih nyaman dan aman.

Sumber: Brighside

Komentar:

Komentar