Mau Otak Kamu lebih Encer? 10 Makanan Ini Bisa Bantu Kamu Supaya Jadi Lebih Pinter Lho!


:

Kepintaran seseorang itu memang pastinya, selain ada secara natural pastinya juga muncul karena kebiasaan rajin seseorang. Betul nggak sih? Tapi kamu tahu nggak, selain belajar yang lebih giat, kamu juga perlu menjaga asupan makan kamu biar pinter kamu itu pol!  Kamu mau tahu nggak makanan-makanan apa yang bisa bikin otak kamu lebih encer? Pasti dong. Simpen dulu mie instan dan sodanya! Ini nih makanan yang baik banget buat otak kamu!

1. Gandum Utuh dan Biji-Bijian

bread-food-healthy-breakfast-large

Gandum utuh dan biji-bijian itu ternyata bagus banget buat otak kamu, lho. Contoh makanan yang ada gandum utuh dan biji-bijian itu seperti oatmeal, roti gandum, dan nasi merah. Makanan ini bagus banget buat peredaran darah dan kalau kamu peredaran darahnya lancar, semua organ kamu akan jauh lebih sehat, termasuk otak kamu.

2. Ikan Yang Banyak Lemaknya

food-dinner-lemon-rice-large

Ikan, bukan sembarang ikan aja lho tapi ikan yang berlemak,  itu sangat bermanfaat buat otak kamu apalagi perkembangan otak anak-anak. Ikan yang berlemak itu contohnya seperti tuna, salmon, dan sarden. Ikan yang berlemak punya Omega 3 yang mengandung DHA dan EPA yaitu tipe lemak yang justru bagus banget untuk dikonsumsi oleh tubuh. Menurut riset, katanya kalau makanan yang kamu konsumsi itu DHA-nya rendah justru malah nggak bagus untuk otak kamu.

3. Selada

pexels-photo-89267-large

Banyak yang nggak tahu tapi ternyata selada punya kandungan Omega 3 juga, lho. Tipe Omega 3 dalam selada itu jenis ALA yang, selain untuk otak, juga bagus banget ntuk kesehatan jantung. Selain selada…


4. Bayam

food-salad-healthy-lunch-large

Bayam juga mengandung omega 3. Kalau Omega 3 di bayam itu bisa juga selain berfungsi untuk memberi nutrisi kepada otak, tapi juga bisa mencegah kanker dan inflamasi.

5. Tomat

pexels-photo-89852-large

Ternyata lycopene yang ada dalam tomat itu bagus untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk otak. Kandungan lycopene yang ada dalam tomat bisa mencegah penyakit ingatan seperti kepikunan dan Alheimer’s. Untuk lebh maksimal, tomat lebih baik dikonsumsi setelah dimasak dengan minyak zaitun agar nutrisinya lebih maksimal. Hmmm… pantesan aja orang Italia masak banyak yang pake tomat dan minyak zaitun…

6. Makanan Yang Kaya Vitamin B

food-breakfast-egg-milk-large

Makanan yang kaya akan vitamin B seperti ayam dan telur itu baik untuk otak kamu. Pasti kamu mau tetap punya otak yang tajam kan kalau kamu tua nanti. Nah, ayam dan telur punya nutrisi yang dapat memperkuat neurotransmitter yang berperan penting untuk ingatan kamu. Jadi kalau otak kamu dijaga neurotransmitter-nya, pastinya akan terhindar dari penyakit ingatan seperti kepikunan dan Alheimer.

7. Makanan Yang Tinggi Vitamin C

pexels-photo-139374-large

Vitamin C itu sudah dikenal sebagai vitamin yang berperan penting untuk daya tahan tubuh. Tapi kamu tahu nggak kalau vitamin C itu penting banget untuk otak? Yup! Menurut Jean Carper, dari bukunya yang berudul Your Miracle Brain, karena vitamin C itu berperan penting untuk membuat neurotransmitter (zat yang mempengaruhi pikiran dan mood), mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C itu bisa membantu meningkatkan IQ, ingatan dan fungsi mental lainnya. Wah keren ya!

8. Brokoli

pexels-photo-53821-large

Vitamin K yang ada Di dalam brokoli  ternyata bisa bikin fungsi kognitif dan kinerja otak lebih maksimal lho!

9. Margarin

butter-596296_960_720

Beda dengan mentega, margarin itu terbuat dari bahan-bahan nabati seperti canola dan zaitun, bukan hewani. Nah, lemak nabati itu bagus banget karena lemaknya tidak jenuh jadi lebih bagus efeknya ke peredaran darah dan pasti untuk otak juga.

10. Kacang-kacangan

coffee-theme-coffee-peanuts-large

Buat kamu yang suka kacang-kacangan, cap jempol deh! Ternyata kalau banyak makan kacang itu bisa mempertahankan kinerja otak, lho! Kacang kayak, kacang Arab, kacang tanah, dan banyak jenis kacang lainnya itu semua mengandung vitamin E yang baik untuk otak kamu.

Gimana? Udah deh, biar lebih pinter, jangan tertalu sering minum-minuman dengan pemanis buatan, makan mie instan, atau makan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Yuk, konsumsi makanan yang lebih sehat seperti makanan diatas! Tapi selain itu jangan lupa olah raga dan istirahat yang cukup ya!

Komentar:

Komentar