Mau Nikah Tapi Gaji Pas-pasan? Bakal Cukup dengan 5 Trik Ini

Cocok buat pasangan muda!

:

Uang tentu jadi hal yang penting untuk bertahan hidup. Untuk beli makanan, beli kuota, sampai beli bensin pasti butuh uang.

Apalagi setelah menikah, kebutuhan tentu akan semakin besar, karena makin banyak orang yang harus dipenuhi kebutuhannya. Nggak cuma sekedar untuk beli kuota, kamu juga harus memikirkan soal tagihan listrik dan biaya bulanan lainnya.

Meski gajimu pas-pasan, bukan berarti kamu nggak bisa membangun rumah tangga harmonis. Yang kamu butuhkan cuma manajemen keuangan yang baik kok. Soalnya, gaji besar sekalipun kalau nggak dimanajemen dengan baik bakal terasa kurang.

Biar nggak pusing mikirnya, coba deh terapkan 5 trik sederhana ini.

1. Sisihkan 20 persen untuk menabung

vai mentalfloss.com

Berapapun gaji yang kamu punya, coba deh biasakan menyisihkan 20 persennya untuk menabung. Meski nggak banyak, tabungan ini bakal berguna banget di saat-saat mendesak. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan-keperluan lain nantinya.

2. Rencanakan belanja bulanan

via thetimes.co.uk

Trik kedua ini memang kelihatan sepele banget. Tapi, manfaatnya untuk keuanganmu sangat besar lho.

Setiap bulan, coba buat daftar kebutuhan yang harus kamu beli. Nah, saat berbelanja, bawa daftar ini dan hanya membeli apa yang ada dalam daftar. Dengan cara ini kamu nggak akan ngelirik barang lain yang sebenernya nggak terlalu kamu butuhkan.

3. Makan di rumah pasti lebih hemat

via leafly.com

Makan di luar boleh aja kok. Tapi, sesekali aja ya.Terlalu sering makan diluar akan menghabiskan gajimu dengan cepat. Saat makan di restoran kamu mungkin harus merogoh kocek minimal Rp 100 ribu. Bandingkan saat kamu memasak sendiri di rumah. Lebih hemat, kan?

4. Cari penghasilan tambahan

via ideator.com

Kalau kamu ngerasa gajimu kurang, coba deh cari penghasilan tambahan. Kamu bisa berjualan pulsa, membuka les kecil-kecilan untuk anak-anak tetangga, ataupun menjadi freelance di beberapa perusahaan.

Meski nggak banyak, pekerjaan sampingan ini bisa membantu keuanganmu.

5. Nikahi orang yang tepat

via rd.com

Pernikahan bukan cuma soal sehari dua hari yang bisa kamu anggap sepele. Untuk itu, kamu harus bisa menemukan orang yang benar-benar tepat.

Temukan orang yang mengertimu dengan baik. Tanpa kerja sama yang baik antara suami istri, tentu pernikahan nggak akan berhasil. Sebelum menikah, pastikan si dia paham betul kondisi keuanganmu dan mau diajak hemat bersama.

Jumlah gajimu saat ini sebenarnya bukan masalah besar kalau kamu bisa memanajemennya dengan baik. Ingat, uang itu bisa dicari asal kamu mau berusaha.

2 Shares

Komentar:

Komentar