Mau Liburan Tapi Kantong Pas-Pasan? Eits Jangan Khawatir, Coba Deh Lakukan Hal Ini Biar Liburanmu Jadi Tambah Asik


:

Melakukan rutinitas pekerjaan memang terkadang membuat kita menjadi bosan dan stres. Liburan menjadi salah satu cara agar bisa membangkitkan semangat kembali juga membuat rileks sejenak dari segala rutinitas. Banyak orang yang ingin pergi liburan, entah itu karena ingin sekedar refreshing atau hanya ingin berjalan-jalan ke tempat baru saja. Namun sayangnya, banyak juga yang mengurungkan niat itu karena tidak ada biaya.

Sebenarnya kita bisa liburan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya lho, tapi enggak semua orang tahu apa yang harus dilakukan agar bisa menekan budget liburan. Nah buat kamu yang ingin liburan yang asik tanpa membuat dompetmu jebol, coba deh intip lima cara ini :

1. Cari Informasi

pexels-photo-40120
via pexels.com

Satu hal penting sebelum pergi liburan adalah mencari informasi. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang objek wisata yang akan kamu kunjungi dan lakukan juga survei untuk mengetahui apakah tempat itu cocok dengan espektasi liburan yang kamu inginkan atau tidak. Survei itu bisa dilakukan melalui searching di internet, buku-buku wisata, dan travel agent.

2. Pergi Di Hari Biasa Bukan Musim Liburan

et08ioo6qvzlbkjmgldx
via cermati.com

Kamu pasti tahu pada saat musim liburan bakal banyak orang yang pergi berlibur mengunjungi wisata-wisata yang sama. Pasti enggak mau kan kalau liburanmu jadi menjengkelkan karena macet dimana-mana. Tidak cuma itu, harga tiket rekreasi pun akan jauh lebih mahal dibanding hari biasanya. Jadi jika mau pergi liburan coba deh lakukan pada hari biasa saja. Positifnya kamu bisa lebih leluasa menikmati liburan karena suasananya lebih sepi dan tentunya menghemat budget.

3. Bawa Uang Tunai

Screenshot_3
via vavim.com

Usahakan untuk selalu membawa uang tunai saat pergi liburan karena dengan membawa uang tunai kamu bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan. Kamu bisa tahu langsung berapa uang yang tersisa dan berpikir lebih sebelum mengeluarkan uang. Berbeda halnya jika hanya mengandalkan kartu kredit saja tanpa membawa uang tunai, karena kamu enggak akan sadar berapa banyak uang yang sudah diambil dari kartu kredit dan tahu-tahu ternyata sudah menghabiskan uang banyak.

4. Catatlah Semua Pengeluaran

Screenshot_1
via pexels.com

Salah satu hal yang terpenting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu yaitu dengan selalu mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun. Hal ini dapat membantu kamu mengatur kemana aja uangmu mengalir dan kamu bisa mengetahui berapa uang yang tersisa. Dengan mencatat semua pengeluaran ini bakal menekan kemungkinan untuk boros juga menghindari biaya-biaya yang tidak perlu.

5. Belanja Seperlunya

Screenshot_2
via pexels.com

Setiap liburan pasti kamu ingin membeli buah tangan untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Eits tapi jangan jadikan belanja menjadi priotas utama kamu jika tidak ingin kehabisan uang karena belanja bisa menjadi sumber utama kamu selama liburan. Jadi berbelanjalah seperlunya dan carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus seperti di pasar tradisional akan lebih murah dibandingkan di toko-toko cendramata.


 

Selain 5 poin di atas, menurutmu adakah hal lain berdasarkan pengalamanmu yang bisa dilakukan supaya bisa berlibur sekaligus berhemat? Tuliskan di kolom komentar ya!

Komentar:

Komentar