Masih Sering Lakukan 4 Hal Ini? Itu Bisa Jadi Tanda Kamu Boros!

Kamu boros nggak?

Menurut pendapatmu, kamu termasuk orang yang boros dalam mengelola keuangan nggak?

Kalau bingung menjawabnya, coba deh lihat lagi pendapatanmu tentang pengeluaranmu bulan ini atau bulan kemarin. Terus perhatikan juga uang itu kamu pakai untuk apa saja, barang-barang nggak penting apa yang sudah kamu beli, dan seberapa banyak yang kamu habiskan untuk sekadar menuruti “lapar mata”?

Hmm… ada kemungkinan kamu bukan orang yang suka mencatat pengeluaran setiap bulan ya. Kalau gitu caranya, kamu bisa pakai 4 tanda ini untuk mencari tahu apakah kamu termasuk orang yang boros atau bukan.

1. Belanja secara emosional

via liveuniversity.it

Umumnya sih orang belanja memang karena lagi butuh. Tapi orang boros akan belanja untuk memenuhi “kebutuhan emosi” mereka. Menurut mereka, dengan belanja maka hidup bakal tenang.

Contoh gampangnya, kamu pergi belanja setelah bertengkar dengan pasangan atau saat skripsi lagi-lagi direvisi sama dosen pembimbing. Alasannya sih untuk meredam emosi. Padahal nggak nyambung juga ‘kan?

2. Dikit-dikit mikirin uang

via makeuseof.com

Apa yang kamu pikirkan saat membaca ini? Jumlah uang di dompet dan saldo rekening? Kalau iya, kemungkinan besar kamu memang orang yang boros.

- Advertisement -

Nggak semua masalah bisa diselesaikan dengan banyaknya uang yang kamu punya. Tapi bagi mereka yang boros, selama masih ada sejumlah uang untuk dibelanjakan, mereka akan merasa kalau hidup mereka baik-baik saja.

Tapi, kalau uang di dompet mulai menipis dan saldo rekening udah sekarat, masalah seakan nggak ada kelarnya bagi orang boros.

3. Nggak jujur sama pasangan

via livemint.com

Pasangan, apalagi yang sudah nikah harusnya saling jujur, termasuk soal penghasilan dan pengeluaran. Nah, kalau kamu sering menyembunyikan pengeluaran dari pasangan, mungkin kamu adalah orang yang boros.

Biasanya, mereka yang boros nggak ingin pasangannya tahu kalau mereka terlalu banyak menghamburkan uang. Apalagi, jika yang dibeli bukan kebutuhan pokok, seperti tas, jam tangan, atau baju. Padahal, beberapa waktu sebelumnya sudah membeli barang serupa.

4. Tagihan menumpuk

via wisebread.com

Berapa banyak tagihan yang belum kamu bayar bulan ini? Mulai dari tagihan listrik dan air, sampai kartu kredit?

Seharusnya tiap menerima gaji, kebutuhan pokok seperti tagihan listrik dan air akan dibayarkan terlebih dulu. Tapi, kalau kamu masih belum bayar juga sampai akhir bulan dan membiarkannya menunggak hingga berbulan-bulan cuma untuk membeli barang yang kamu pengen, artinya kamu boros.

Menyenangkan diri sendiri dengan membeli barang-barang tertentu memang nggak dilarang. Tapi, kamu juga harus punya prioritas dan tahu mana yang lebih penting.

Memang nggak gampang sih ngilangin sifat boros, tapi kamu harus nyoba pelan-pelan dong. Misalnya, dengan mengurangi intensitas belanja atau main di mall tiap bulannya.

- Advertisement -
Shares 6

Komentar:

Komentar