Bingung Kapan Untuk Buang atau Simpan Make Up? Ini Nih Masa Kedaluwarsa yang Sebenarnya

Masih ingat nggak kapan pertama kali membuka produk make up?

:

Buat para cewek-cewek nih, ada berapa banyak make up yang kamu miliki? Pastinya lebih dari 5 jenis dong ya. Sepertinya halnya produk makanan atau minuman, make up memiliki masa kedaluwarsanya sendiri. Terkadang produk kecantikan ini tidak mencantumkan masa kedaluwarsanya, sehingga membuat kamu bingung apakah produk tersebut masih layak pakai atau sudah harus dibuang. Dilansir dari Cosmopolitan, ini petunjuk yang bisa menentukan apakah produk kecantikanmu masih bisa dipakai atau tidak.

Perhatikan PAO

make up tanda pao

via onedio.co

Setiap produk pasti memiliki tanda PAO (Period After Opening) sebagai petunjuk kapan harus membuang produk setelah pertama kali dibuka. Meskipun idealnya beberapa produk memiliki masa kedaluwarsa seperti berikut ini.

1. Micellar Water, 6 bulan

make up micellar water

via indiranyan.com

Menggunakan micellar water untuk menghapus make up memang sedang trend saat ini. Biasanya produk ini dikemas dalam botol berukuran besar. Tapi, karena bahan utama produk ini adalah air maka kamu harus menghabiskan produk ini dalam 6 bulan saja. Jika tidak, bakteri akan mulai tumbuh karena sering terekspos dengan udara.


2. Toner, 6 bulan – 1 tahun

make up toner

via today.com

Masa pemakaian toner memang lebih lama dibanding micellar water karena beberapa produk ini telah menambahkan komposisi yang membuatnya lebih awet. Jika tonermu sudah mulai berubah warna, bau, dan kekentalan, maka segera buang.

3. Moisturizer, 1 tahun

make up moisturizer

via burkewilliamsspa.com

Jika kamu termasuk orang yang memilih moisturizer dari bahan alami (preservative free) maka jangan mengharapkan bisa menggunakannya selama bertahun-tahun. Ikuti petunjuk PAO agar kulitmu tidak iritasi nantinya.

4. Concealer dan Foundation, 1 tahun

make up foundation

via ysislorenna.com

Entah berbentuk cream, liquid, ataupun powder, kedua produk ini memiliki kandungan minyak untuk menghasilkan tekstur yang halus dan mudah dicampur. Keberadaan minyak ini bahkan bisa memperpendek PAO, sehingga jika produk sudah mulai sedikit berubah maka segera buang saja. Sebagai alternatif penggunaan concealer untu menutupi kantung mata, bisa lakukan dengan menggunakan sendok dingin loh.

5. Bedak, 2 tahun

make up powder

via priceline.com.au

Kalau kamu termasuk orang yang jarang memakai bedak saat ke luar rumah, bukan berarti kamu bisa memyimpan produk tersebut bertahun-tahun. Meskipun jarang dipakai, tapi setelah produk tersebut dibuka kamu harus menghabiskannya dalam jangka waktu 2 tahun saja!

6. Eyeshadow, 6 bulan-2 tahun

make up eyeshadow

via ulta.com

Untuk eyeshadow berbahan cream, kamu hanya bisa menggunakannya selama 6 bulan. Hal ini karena hydrating agent dalam kandungan eyeshadow membuatnya menjadi tidak tahan lama. Berbeda dengan eyeshadow berbahan powder yang bisa tahan hingga 2 tahun. Nah, kalau mau irit udah tau kan harus pilih produk yang mana.

7. Mascara, 4-6 bulan

make up mascara

via stylecraze.com

Surprise! Produk yang bisa membuat bulu matamu kece badai ini ternyata hanya bisa bertahan 4-6 bulan saja loh. Dan yang harus diingat, jangan pernah berbagi mascara dengan orang lain karena bisa men-transfer bakteri ke mata kamu.

8. Eyeliner, 6 bulan-1 tahun

make up eyeliner

via youtube.com

Untuk eyeliner berbentul liquid, kamu hanya bisa menggunakannya selama 6 bulan saja. Sedangkan untuk eyeliner berbentuk pensil, kamu bisa menggunakan selama 1 tahun. Tapi, jika kamu terasa gatal saat pemakaian, segera buang eyeliner tersebut.

9. Lip Balm, 1 tahun

make up lip balm

via doterra.com

Punya lip balm dalam bentuk jar atau pot? Hmm, harus ekstra hati-hati nih. Penggunaan menggunakan tangan rentan memindahkan bakteri dari tangan ke produk sehingga membuatnya tidak tahan lama. Lip balm berbentuk tube lebih tahan hingga 1 tahun dibanding bentuk jar atau pot.

10. Lipstick, 2 tahun

make up lipstick

via well.blogs.nytimes.com

Kalau kamu masuk kategori yang hobi membeli berbagai macam lipstick, harus ingat loh. Masa pemakaian lipstickmu cuma 2 tahun saja! Duh, sayang banget kalau harus membuang lipstick mahal-mahal.

Daripada sayang dibuang, lebih baik kamu bijak dalam membeli produk make up. 

 

Komentar:

Komentar