Malu dengan Perut Buncit? Sebaiknya Kamu Harus Mulai Perhatikan 9 Hal ini

9 hal ini gampang dilakukan kok, asal bisa berkomitmen dan konsisten

Buat kamu yang membaca artikel ini sambil tiduran dan mengelus-elus perut buncitmu, ada 9 hal yang perlu kamu perhatikan kalau ingin mengecilkan lingkar perutmu. Memang kamu nggak akan bisa langsung langsing dalam hanya beberapa hari atau beberapa minggu. Tapi setidaknya, 9 hal ini bisa menjadi pondasi untuk beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan.

Ahli gizi dan ahli diet bernama Andy Bellatti membeberkan apa yang harus kamu lakukan dan apa yang harus kamu hindari kalau ingin perutmu kembali ke ukuran normal. 9 hal tersebut antara lain:

1. Isi cairan tubuh dengan air putih, bukan air rasa-rasa

via pexels.com

Cairan yang masuk ke tubuh mampu mengatur bentuk sel yang ada di dalam tubuh kita. Kalau tubuh kita kekurangan cairan, atau dinamakan dehidrasi, sel-sel tersebut akan mengkerut. Bellatti merekomendasikan untuk mengganti air rasa-rasa dengan air putih, karena gula yang terdapat di air rasa-rasa tersebut merupakan salah satu penyebab perut buncitmu.

2. Jangan mengganti makanan dengan snack bar atau jus

via pexels.com

Kalau kamu sedang diet, jangan membatasi apa yang kamu makan. Kalau kamu hanya mengkonsumsi snack bar, air, atau jus, hal tersebut berpotensi menurunkan gula darah sehingga hasrat ngemilmu bakal semakin meningkat dan mengalami perubahan emosi secara cepat dan tidak stabil / mood swing.

3. Kurangi sodium

via fitday.com

Apabila kamu mengkonsumsi terlalu banyak sodium, kamu bisa mengalami pembengkakan dan perut kembung. Menurut Bellatti, sodium bersifat menahan air, sehingga apabila kamu mengurangi sodium maka hal itu bisa mengurangi pembengkakan pada tubuhmu.

4. Kurangi, bukan menghindari

via angeliquepanagos.com

Ada perbedaan yang signifikan antara mengurangi apa yang kamu makan dengan menolak makanan tertentu. Apabila kamu termasuk tipe yang menghindari makanan, misal gula atau garam, maka akan ada kecenderungan kamu bakal menggantinya dengan makanan lain. Apabila gizi pada makanan pengganti tersebut ternyata malah kurang, hal ini bisa membahayakan tubuh. Maka dari itu, pada poin 3, yang disarankan adalah mengurangi sodium, bukan menghindari sepenuhnya.

5. Isi dengan serat

via ecowatch.com

Menurut penulis Michael Pollan, yang benar adalah porsi makan jangan berlebihan dan perbanyak sayuran. Bellatti juga menambahkan bahwa sayuran, buah, whole grains, biji-bijian, dan kacang merupakan sumber vitamin dan serat yang baik karena mereka bisa membuatmu cepat kenyang dan tidak mudah lapar.

6. Jangan bergantung pada pil atau bubuk diet

via nyforseniors.com

Menurut Bellatti, permasalahan pada pil atau bubuk diet adalah benda tersebut tidak mengandung gizi dari buah atau sayuran secara keseluruhan. Kita juga tidak bisa membandingkan apakah pil atau bubuk diet setara dengan semangkuk buah dan sayuran. Belum lagi kita tidak tahu ada penambahan zat apa ke dalam pil atau bubuk diet tersebut.

7. Perhatikan porsi makan

via talkingpretty.com

Secara tidak sadar, porsi makan bisa semakin banyak dari hari ke hari. Ketika sudah terbiasa dengan porsi yang besar, maka terkadang kita merasa kurang ketika dihadapkan pada porsi makanan yang lebih sedikit. Maka dari itu, kurangi sedikit demi sedikit porsi makanmu sampai kamu terbiasa. Yang harus kamu perhatikan, normalnya dalam seminggu kita hanya bisa menurunkan berat badan sekitar 0,5-1,5 kg. Apabila ternyata berat badanmu turun terlalu banyak, berarti porsi makanmu perlu kamu tambah sedikit.

8. Terlalu fokus pada kalori

via shapesense.com

Terlalu fokus pada kalori dapat berbahaya karena terkadang kita menyampingkan hal yang lain. Misal, kita memesan menu rendah kalori di restoran, tapi ternyata makanan tersebut mengandung banyak sodium. Yang ada tubuh kita malah teracuni banyak sodium. Berat badan turun tapi malah terkena resiko yang lain kan sama aja jadinya.

9. Jangan berharap pada keajaiban

via pexels.com

Seperti yang dijelaskan di poin nomor tujuh, dalam seminggu normalnya berat kita bisa turun hanya 0,5-1,5 kg. Apabila ada sesuatu yang menjanjikan lebih dari itu, jangan dipercaya karena tubuhmu yang jadi taruhannya, entah kembung, pembengkakan, atau kelelahan karena gula darah yang drop.

Tetap berkomitmen dan konsisten kalau ingin mengecilkan perut buncit, memang hasilnya nggak bisa kamu nikmati dalam waktu dekat, tapi hal tersebut bisa menjadi pondasi yang kuat untuk masa depan. Ada yang mau memulai hidup sehat dan mengecilkan lingkar perut?

- Advertisement -
Shares 44

Komentar:

Komentar