Weekend Rapi! 7 Perlengkapan Rumah Ini Sering Dipakai Tapi Paling Jarang Dibersihkan

Yuk, beberes rumah

:

Weekend merupakan waktu yang tepat untuk beberes perlengkapan rumah. Mulai dari menyapu, mengepel rumah, hingga mengubah tata letak furnitur agar tampak lebih fresh. Lantai rumah, meja, dan kursi merupakan hal umum yang dibersihkan saat kita beberes rumah, tapi tahukah kamu ada perlengkapan rumah yang setiap hari kita pakai tapi hampir tidak pernah kita bersihkan seperti yang dilansir dari Reader’s Digest berikut ini.

1. Bantal dan guling

via shopmarriott.com

Yup, setiap hari pasti kamu menggunakan dua benda ini saat tidur. Mungkin kamu termasuk orang yang rutin mengganti seprei, tapi pernahkah terpikirkan untuk mencuci dua benda tersebut? Ternyata kamu bisa loh mencuci bantal dan guling di mesin cuci. Kamu cukup pilih mode gentle wash, lalu tambahkan air hangat dan sabun bayi untuk menghindari bau apek karena lama kering. Jangan lupa keringkan dengan mesin cuci dan jemur di area yang terkena sinar matahari langsung.

2. Kulkas

via kitchenaid.com

Selama ini kamu menggunakan kulkas untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet. Padahal perlengkapan rumah satu ini juga butuh dibersihkan agar makanan yang kamu simpan tetap segar dan terhindar dari bau tak sedap. Kamu bisa mengosongkan kulkas sambil memilah-milah barang yang harus dibuang atau masih bisa disimpan. Gunakan sabun pencuci piring dan lap yang lembut untuk membersihkan bagian dalam kulkas.


3. Lemari dapur

via lineuponlinepercussion.com

Piring, gelas, mangkuk, dan segala peralatan makan lainnya pasti sering dong kamu cuci setelah sehabis digunakan. Tapi bagaimana dengan lemari penyimpanan peralatan makan tersebut? Pernahkah kamu membersihkannya? Yuk, bersihkan dengan hanya menggunakan lap basah dan lap kering.

4. Segala macam kartu di dompet

via moneyning.com

Membersihkan kartu-kartu di dompet? Agak aneh memang, tapi masuk akal kok. Baik itu kartu ATM, KTP, atau segala jenis kartu lainnya pasti pernah kamu dan orang lain sentuh dengan tangan yang kurang bersih. Agar kartu-kartu tersebut tetap bersih kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu basah yang mengandung antibakteri, lalu biarkan kering.

5. Tempat sampah

via insauga.com

Walaupun judulnya tempat sampah, bukan berarti kamu tidak perlu membersihkannya. Saat truk pengangkut sampah datang adalah waktu yang tepat untuk membersihkannya. Kamu hanya cukup menyiramnya dengan air dan cairan desinfektan agar tempat sampah tidak berbau busuk dan tetap bersih. Jangan diabaikan ya perlengkapan rumah satu ini.

6. Komputer dan layar TV

via arstechnica.net

Kedua benda ini sering menjadi sasaran tempat berkumpulnya debu karena banyak sela-sela kecil di dalamnya. Untuk membersihkannya, kamu butuh vacuum cleaner ukuran mini untuk menyedot debu di komputer. Nah, untuk layar TV kamu bisa gunakan lap fiber, agar cepat kering dan tidak merusak layar.

7. Mainan anak

via youtube.com

Kalau punya anak kecil di rumah, kebersihan mainan anak harus diperhatikan loh! Anak sering membawa keluar mainannya lalu menaruhnya begitu saja di dalam rumah. Nah, bisa nih kamu manfaatkan weekend ini untuk mencuci segala mainan anak yang ada.

Nggak ada salahnya kan mengisi akhir pekan dengan membersihkan perlengkapan rumah di atas?

 

 

Komentar:

Komentar