Waduh, Gawat! Ini 6 Fakta Tentang Orang Kesepian yang Wajib Kamu Tau!


PreviousPage 1 of 2

Beberapa orang nggak bisa hidup tanpa teman, sebab bersama teman mereka bisa berbagi suka dan duka. Bagi orang seperti ini, nggak punya teman akan memberikan beban tersendiri baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Namun, beberapa lainnya merasa nyaman menghabiskan waktu sendiri tanpa adanya teman atau orang-orang yang mereka sayangi. Padahal, disadari atau nggak, hal ini membawa dampak buruk bagi kesehatan. Guy Winch, seorang psikolog dan penulis buku Emotional First Aid: Healing Rejection, Guilt, Failure, and Other Everyday Hurts memaparkan fakta-fakta mengenai betapa bahayanya menjadi seorang kesepian yang berdampak ‘kematian’. Simak yuk, siapa tahu kamu salah satunya!

1.Insomnia merupakan salah satu gejala seseorang mengalami kesepian

%image_alt%
sleeping girl via tumblr.com

Salah satu gejala kesepian yang patut diwaspadai adalah ketika kamu merasa susah tidur. American Academy of Sleeping Medicine mengungkap bahwa orang yang kesepian seringkali merasa sulit tidur dan mengalami insomnia. Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 95 partisipan di Dakota Selatan. Peneliti menemukan bahwa orang yang merasa paling kesepian memiliki tingkat gangguan tidur dan insomnia yang lebih tinggi.

2. Karena merindukan pergaulan sosial, mandi dalam waktu yang lama adalah solusinya

%image_alt%
bathroom via pinterest.com

Penyebab orang yang kesepian membutuhkan waktu yang lama ketika mandi adalah karena baginya, hangatnya air yang menyentuh kulit bisa menjadi pengganti rasa kesepian dari pergaulan sosial. Hal tersebut diungkapkan oleh John A Bargh melalui penelitiannya yang dipublikasikan di jurnal Emotion. Duh, jangan sampe deh, ya!

3. Kecintaan pada harta bisa menyebabkan kesepian. Kurangnya interaksi sosial menjadi pemicunya

tumblr_n8ifybS2MT1t7tshlo1_500.jpg (500×500)
lovely things via pinterest.com

Dijelaskan dalam situs Everyday Health, orang yang kesepian memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap barang yang dimilikinya. Misalnya makeup, gadget, dan lain sebagainya. Rasa kesepian berkaitan dengan kecintaan seseorang terhadap harta benda mereka. Kecintaan pada harta benda akan membuat orang kurang interaksi sosial, hal ini memicu rasa kesepian serta menurunkan tingkat kebahagiaan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Shares 556
PreviousPage 1 of 2

Komentar:

Komentar