Ternyata Ini 7 Tips Hidup Sehat ala Kak Seto yang Bikin Dia Selalu Terlihat Muda dan Sehat

Kalau ditanya siapakah orang di Indonesia yang selalu muda? Tentu jawabannya adalah Kak Seto. Usianya sudah 67 tahun lho, tapi dia masih tetap dipanggil “Kak”. Apakah akan tiba hari saat Kak Seto dipanggil Pak Seto atau Opa Seto? Entahlah.

Nggak usah pedulikan dulu deh soal panggilannya. Toh, Kak Seto sampai sekarang masih terlihat segar dan bugar ‘kan? Kebetulan di acara PopCon Asia 2018, Kak Seto membagikan rahasianya lho.  Sederhana sih tipsnya, Kak Seto hanya terbiasa GEMBIRA. Sesederhana itu? Ya, tapi bukan gembira biasa. Masing-masing huruf dalam kata tersebut memiliki makna tersendiri.

Kak Seto di Acara Pop Con Asia 2018/Selipan/Raja Lubis

Yuk kita simak apa saja sih tips hidup sehat ala Kak Seto.

G – Gerak (jangan mager)

Huruf pertama dari GEMBIRA adalah G yang diartikan Gerak. Menurut Kak Seto, di zaman serba mudah dan praktis ini, aktivitas gerak seseorang cenderung sedikit, apalagi bagi yang jarang/nggak pernah olahraga. Mau beli pulsa tinggak buka handphone, lapar juga tinggal pesan makana. Begitu mudahnya hidup kita yang tak disadari membuat kita males gerak (mager).

Terus bagaimana cara kak Seto supaya nggak mager? Percaya nggak percaya, Kak Seto masih bisa push up sebanyak 80 kali. Bahkan kemarin Kak Seto menantang pengunjung untuk adu push-up. Tapi ternyata nggak ada yang berani.

Asal jangan lari dari kenyataan ya,

Kalau belum bisa seperti Kak Seto, dia pun menambahkan bahwa gerak bisa dilakukan dengan cara sederhana. Misalnya menggunakan tangga (bukan eskalator/lift) jika sedang ada di tempat umum. Tapi apakah masih ada tempat umum yang menggunakan tangga selain tangga darurat? Pasti ada lah.

E – Emosi Cerdas

Kata Kak Seto, penting juga lho untuk mengelola emosi. Kalau kita dengar kata emosi, pasti tertuju pada hal-hal yang negatif seperti marah, kesal, takut, dan lain sebagainya. Padahal senang, bahagia juga termasuk emosi yang harus dikelola.

Kata kak Seto lagi, boleh saja kita marah. Manusiawi kok. Tapi marahnya coba disalurkan pada hal-hal yang positif. Kak Seto menyontohkan kalau dia sedang marah, dia lebih memilih bernyanyi dengan suara lantang.

Jogetin aja say.

M – Makan yang sehat dan teratur

Kak Seto termasuk vegetarian lho. Itu tuh, orang yang makannya sayur-sayuran doang, nggak makan daging-dagingan. Kamu bisa nggak ikutin tips yang satu ini? Kalau belum bisa ya nggak apa-apa, bertahap saja. Yang penting makannya teratur dan kebutuhan gizinya terpenuhi untuk aktivitas sehari-hari.

Ayo ah merapat ke warteg terdekat

B – Beribadah dan Berdoa

Sebagai manusia yang beragama, tentu kita juga perlu mendekatkan diri terhadap Tuhan. Kata Kak Seto, dengan sering beribadah, membuat hidup kita lebih tenang dan menjadikan pikiran dan jiwa kita juga sehat.

Curhatnya tuh di sini

I – Istirahat yang Cukup

Nah, ini juga penting. Selagi ada waktu untuk istirahat, istirahatlah. Kak Seto sendiri biasanya tidur 8 jam sehari. Kalau kamu berapa jam?

Yang penting merem

R – Ramah

Tahu aktor kung fu, Jet Li ‘kan? Nah, kata dia selama belajar Kung Fu, senjata yang paling ampuh adalah senyuman. Perbanyak senyum dan ramah pada setiap orang. Tapi jangan senyum-senyum sendiri pas nggak ada orang ya!

Senyumlah untuk semua orang, tapi hatimu jangan. Eea

A – Amanah

Kunci hidup sehat yang terakhir adalah amanah. Artinya, lakukan peran kita sebaik mungkin. Kak Seto mencontohkan, jika pelajar belajarlah dengan rajin. Pekerja, lalukan pekerjaan sesuai tanggungjawabnya. Apapun yang kita perbuat, lakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati.

Kalau gurunya gini sih, belajar pasti rajin.

Gimana? Tertarik buat coba praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Raja Lubis: Observer Head of Television & Serial Film in Forum Film Bandung (FFB), Indonesian film observer, and blogger.
Related Post
Leave a Comment