Teman Kerja Kamu Bikin Panas Hati? Inilah 6 Cara Ampuh Mengatasinya

Tenang, begini caranya biar adem!

Baik di kantor atau sekolah selalu saja ada orang yang membuat tak enak hati. Baik tingkah lakunya atau pun caranya berbicara. Akibatnya, kita jadi tak nyaman berlama-lama di dekatnya.

Sayangnya, kita tak bisa terus menerus menghindar. Sebab, mau tak mau kita tentu akan terlibat dengannya soal pekerjaan. Untuk itu, daripada terus menghindar, coba atasi rasa tak nyaman yang ada.

Jika tak tahu harus memulai dari mana, coba lakukan 6 strategi mudah ini. Memang tak serta merta menghilangkan rasa tak suka, tapi bisa membuat kita merasa sedikit nyaman. Yuk, coba!

1. Jalin komunikasi

via caproasia.com

Komunikasi adalah kunci sebuah hubungan, baik dalam hubungan pasangan atau pun hubungan dengan rekan di kantor. Untuk itu, coba jalin komunikasi dengan orang yang membuatmu tak nyaman. Siapa tahu yang terjadi selama ini cuma kesalahpahaman.

2. Cobalah jadi pendengar

via enkirelations.com

Pada dasarnya, manusia lebih suka didengarkan daripada jadi pendengar. Untuk itu, kali ini cobalah jadi pendengar. Kamu bisa melakukan kontak mata dan mengikuti gerakannya agar pembicaraan makin nyambung.

3. Tetap tenang

via learning-mind.com

Ketenangan merupakan cara untuk mengendalikan emosi diri. Cobalah untuk tetap tenang meski kamu merasa sangat marah. Ingat, keputusan yang diambil saat sedang emosi tak pernah menjadi keputusan yang baik. Tetaplah tenang dan menjadi pekerja profesional.

4. Gunakan bahasa tubuh yang baik

via picjumbo.com

Dalam sebuah hubungan, bahasa tubuh adalah hal yang sangat berpengaruh, apalagi dalam urusan pekerjaan. Untuk itu, biasakan untuk menampilkan bahasa tubuh yang baik saat di kantor. Meski orang yang kamu ajak bicara mungkin tak kamu sukai.

5. Fokus pada perubahan positif

via candyboximages.com

Saat tak menyukai seseorang, kita biasanya akan fokus pada keburukannya saja. Kali ini, coba lebih fokus pada sisi positifnya. Kamu mungkin tak menyukai caranya berbicara atau perilakunya pada orang lain, tapi coba perhatikan kinerjanya. Jika kamu menemukan kebaikan pada dirinya, coba pahami itu.

6. Tentukan tujuan bersama

via glassdoor.com

Ketidaksukaanmu pada teman kerja juga bisa didasari oleh prinsip dan tujuan yang berbeda. Oleh karena itu, kamu bisa membicarakan hal ini dengan teman kantor yang membuatmu tak nyaman. Berbicara secara langsung akan membuatmu lebih nyaman untuk menghapus kesalahpahaman yang ada.

Terkadang, kita membenci atau tidak menyukai seseorang bukan karena orang itu buruk. Namun, karena ada kesalahpahaman yang terjadi.

Untuk itu, daripada terus membenci dan merasa tak nyaman, cobalah untuk membicarakannya secara langsung. Kamu juga harus memahami sudut pandangnya saat berbicara. Tak mudah memang, tapi rasa tak suka perlahan akan mulai menghilang.

- Advertisement -
Shares 5

Komentar:

Komentar