Jangan Remehkan Ampas Kopi! Ini 6 Manfaatnya yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Maksudnya bukan kopi sachet ya

:

Bicara tentang kopi, kita nggak bisa melepaskannya dari sosok makhluk halus atau hantu yang lagi merasuki orang. Iya ‘kan? Kalau orang lagi kesurupan, ada 97,17 persen kemungkinan dia bakal minta diseduhkan kopi. Itu memang salah satu ciri khas yang aneh dari hantu Indonesia. Nggak pernah ada ceritanya Drakula minta kopi.

“Gaaaah, aku adalah Count Dracul! Aing menta kapucino! Sekalian, tolong buatkan motif love di kopinya, biar bisa aku posting di IG. Oh iya, follow IG aku ya: @therealdracula.”

Jadi curiga nih, apa makhluk halus di Indonesia menganggap semua manusia itu barista? Dan kenapa manusia selalu nurut-nurut aja kalau minta diseduhkan kopi sama hantu? Sekali-kali suruh mereka bikin sendiri dong, biar nggak keenakan!

Anyway, kita lupakan dulu soal hantu dan dedemit. Karena biar bagaimanapun, kopi itu dasarnya konsumsi untuk manusia, bukan hantu. Jangan sampai kamu terjerumus ke dalam golongan orang yang suka menyuguhkan kopi buat hantu. Minum saja kopinya sama kamu sendiri.

Tapi tunggu dulu! Setelah menghabiskan secangkir kopi nikmat, kamu jangan langsung buang ampasnya. Ampas kopi ternyata punya 6 manfaat ini.

1. Kopi bisa diandalkan buat menyingkirkan bau tak sedap

via lifebuzz.com

Kamu punya pengalaman mencium bau tak sedap yang bersumber dari kulkas (atau mungkin kamar tidur kamu)? Daripada hidung kamu tersiksa, kamu bisa menyiasatinya dengan memasukkan sekantung bubuk kopi di sekitar sumber bau. Aroma kopi pasti bisa mengalahkan bau yang tak sedap.

Catatan: kopi kurang bisa diandalkan untuk menyingkirkan bau badan tak sedap.

2. Dibikin lilin aroma terapi? Bisa banget

via lifebuzz.com

Nggak cuma mengusir rasa kantuk, aroma kopi juga menenangkan pikiran. Coba deh bikin lilin aroma terapi dari kopi, siapa tahu bisa ningkatin mood. Terutama kalau pikiran kamu sering kusut.

3. Kopi juga berguna saat kamu punya acara bakar-bakaran bareng teman

via lifebuzz.com

Sebelum kamu mulai menyalakan api, taburkan ampas kopi di atas kayu. Tujuannya, biar abunya nggak terbang kemana-mana dan menganggu acara santai kamu.

4. Kopi bisa jadi pengganti sabun

via lifebuzz.com

Kamu yang hobi masak pasti pernah ditempeli bau amis di tangan. Meskipun udah cuci tangan pakai sabun, biasanya bau amis susah hilangnya. Untuk mengatasinya, coba deh cuci tangan pakai ampas kopi. Nggak cuma menghilangkan bau, tangan kamu juga bisa lebih halus, sehalus kulit putri raja.

5. Usir serangga menganggu dengan aroma kopi

via lifebuzz.com

Di musim hujan, biasanya rumah sering dimasuki serangga. Kalau kamu merasa terganggu dengan kehadiran mereka, taburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang sering didatangi serangga. Cara alami ini nggak cuma murah meriah, tapi juga baik untuk lingkungan.

Tapi jangan langsung ditaburkan di lantai ya. Simpan bubuk kopi di dalam wadah.

6. Kopinya nikmat, ampasnya bikin cantik

via glowpink.com

Sekilas pandang, ampas kopi memang kelihatan nggak ada gunanya. Kecuali kalau kamu adalah agen rahasia yang suka menyelinap ke markas musuh di tengah malam, kamu bisa mengoleskan bubuk kopi ke muka sebagai kamuflase.

Walaupun kamu bukan agen rahasia, kamu masih bisa memakaikan ampas kopi ke muka. Tapi campur dulu ampas kopinya dengan minyak zaitun untuk membuat pasta scrub yang bisa menghaluskan kulit. Atau kamu bisa mencampurnya dengan madu untuk membuat masker dengan efek menenangkan.

Jadi mulai sekarang, saat kamu selesai minum kopi di kafe, bekal ampasnya dan bawa pulang ke rumah. Sayang ‘kan, daripada dibuang?

593 Shares

Komentar:

Komentar