Pengen Merubah Pola Tidur yang Nggak Teratur? Sekarang Saatnya Kamu Membiasakan Tubuhmu Tidur Teratur dengan Cara Ini


Sudah jadi rahasia umum kalau orang dewasa itu butuh waktu tidur minimal enam jam (saat malam hari, bukan siang-siang, ya!). Tapi buat beberapa orang, tugas dan pekerjaan memaksa mereka untuk tidur kurang dari kebutuhan yang seharusnya. Ada juga orang yang membiasakan diri tidur dengan waktu yang lama, sampai lebih dari sembilan jam misalnya, terutama pada hari-hari libur.

Kebiasaan semacam ini nggak bagus untuk kesehatan, dan kamu pasti tahu betul soal ini. Am I rite?

Untuk merubah kebiasaan jelek perihal waktu tidur, ada baiknya kamu mencoba trik yang dirangkum dari beberapa sumber ini.

 1. Tidur Berlebihan? Kurangi Waktu Tidur Kamu!

funny-sleep-0
via theberry.com

Menimbang rutinitas yang harus kamu kerjakan setiap hari, maka yang paling penting di sini adalah mendapatkan batas waktu tidur minimal, yaitu enam jam. Dan untuk bisa melakukan itu, kamu harus membiasakan diri kamu sendiri. Jangan sampai terbiasa tidur lebih dari delapan jam.

Caranya? Pertama, kamu mesti terbiasa dengan jadwal bangun tidur yang sama setiap hari. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyetel alarm setiap jam 5 subuh, misalnya. Lakukan ini setiap hari, baik itu hari kerja/sekolah/kuliah maupun libur. Tapi ingat, jangan tidur lagi setelah kamu bangun, kecuali kalau kamu kurang tidur. Ganti waktu tidur kamu dengan mencuri waktu beberapa menit di siang hari.

Langkah kedua, biasakan diri kamu untuk menggeser lebih lama waktu tidur kamu selama 20 menit saat minggu pertama kamu memulai trik ini. Jadi, kalau misalnya kamu biasa tidur jam sembilan malam, selanjutnya kamu tidur jam 21.20.

Ketiga, tunda jadwal tidur selama 40 menit pada minggu berikutnya, dan keempat, geser jadi satu jam seminggu berselang. Jadi pada minggu ketiga, kamu pergi tidur pada jam 22.00.

Untuk selanjutnya, kamu harus terus menggeser waktu tidur kamu selama 20 menit sampai kamu bisa tidur tepat pada pukul 23.00 dan bangun jam 05.00. Enam jam waktu tidur pun bisa tercapai.

Nah, tapi percuma aja mengatur jadwal tidur seperti ini kalau kamu susah tidur, kan? Tenang, ada cara ini nih.

2. Kurang Tidur, Aktivitas Jadi Nggak Maksimal

1421940293241
via foxnews.com

Untuk mengatasi insomnia atau mendapatkan tidur yang berkualitas, sebenarnya ada cara INI dan INI. Tapi, sekarang kita lihat cara alternatif lain, yakni dengan bantuan aplikasi.

Ya, kalau kamu belum tahu, sekarang udah ada aplikasi yang bisa membantu kamu terlelap tidur, lho! Kamu unduh aja aplikasi-aplikasi seperti Sleep Genius, Relax & Sleep by Glenn Harold, Pzizz, atau Sound Asleep di ponsel kamu. Tinggal kamu pilih deh aplikasi mana yang paling cocok buat kamu.

3. Pengen Cara Lainnya? Coba “Bermeditasi”!

meditation1
via solybreath.com

Kamu pernah ngalamin susah tidur sehari atau beberapa hari sebelum momen penting dalam hidup kamu? Seperti misalnya susah tidur sebelum tes masuk kerja/kuliah atau karena ada kencan dengan orang yang selama ini kamu incar. Kalau jawabnya iya, nggak apa-apa, kok. Itu normal, karena kamu terlalu antusias, gugup, atau senang sampai-sampai kamu susah tidur.

Tapi kurang tidur pas “hari besar” pun bisa berakibat fatal buat kamu. Kamu harus tenang!

Maka dari itu, coba deh metode “4-7-8” ini. Caranya, tarik napas secara perlahan selama 4 detik (jangan 4 menit, kelamaan!). Lalu tahan napas kamu selama 7 detik berikutnya sebelum menghembuskannya lagi secara pelan-pelan selama 8 detik lewat mulut kamu. Setelah selesai, semoga kamu bisa tidur tanpa memikirkan acara yang sebenarnya baru akan mulai beberapa jam ke depan itu.

Satu hal lainnya, tidur siang itu penting buat beberapa orang. Tapi, jangan lama-lama juga. Idealnya, tidur siang itu maksimal setengah sampai satu jam aja.

Sesibuk-sibuknya kamu, jangan pernah meremehkan aktivitas tidur, ya! Begitu juga sebaliknya, sesantai-santainya kamu di hari libur, nggak bagus lho tidur berlebihan. Waktu tidur kamu yang hilang di hari-hari biasa nggak akan bisa digantikan dengan berlama-lama tidur di hari libur.

- Advertisement -
Shares 57

Komentar:

Komentar