Ngulik Fitur ‘Tersembunyi’ dari Google Maps Yuk!

Berapa fitur yang sudah kamu ketahui?

Siapa sih yang nggak kenal sama Google Maps? Hampir semua orang yang punya smartphone pasti familiar dengan aplikasi navigasi milik Google ini. Nah, biasanya ‘kan ada sebagian orang yang cuma pakai aplikasi ini buat navigasi dari titik A ke titik B. Terus kalau sudah sampai ya dimatiin. Padahal ada beberapa fitur yang cukup membantu lho di aplikasi saingan Waze ini.

Disebut tersembunyi, fitur yang dimaksud nggak bisa dibilang tersembunyi banget sih. Disebut tersembunyi karena kalau kamu nggak pernah ngulik sendiri, ya kamu nggak akan pernah tahu.

via noticias.sapo.mz

Lantas apa saja sih fitur ‘tersembunyi’ pada Google Maps yang wajib kamu ketahui? Ini dia daftarnya. Oh iya, ini saya cobanya via Android ya.

1. Mampir, bang

Pengen navigasi dari stasiun ke tempat wisata tapi mau mampir dulu jemput teman di kostannya? Bisa.

Atur titik keberangkatan dan tujuan kamu, terus pencet ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Habis itu pencet ‘Add Stop’ dan masukin lokasi kost teman kamu. Nah, habis itu tinggal ikuti arahan yang diberikan oleh Google seperti biasa.

2. Nggak paketan, bang

Untuk hasil navigasi yang maksimal, Google Maps menggunakan bantuan internet dalam memandu kita. Nah, gimana kalau posisi mau jalan, tapi kamu nggak mau paketan karena pulsa lagi tipis? Usaha dikit lah. Kamu bisa numpang tethering atau cari Wi-Fi terdekat, lalu simpan cakupan lokasi yang pengin kamu jelajahi dengan tombol ‘Download’. Selama kamu masih berada di area yang kamu simpan, kamu bisa menggunakan Google Maps tanpa internet alias offline.

3. Ganjil genap, bang

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta dan ingin mendapatkan navigasi sesuai aturan ganjil-genap, kamu bisa menggunakan fitur ini di Google Maps. Caranya gampang kok. Setelah buka aplikasi, pilih menu ‘Driving‘ yang ada di bagian bawah, terus pilih plat nomormu itu ganjil (odd) atau genap (even). Habis itu tinggal kamu simpan deh.

Terus kalau misal mau ganti plat nomor di Maps gimana? Pencet menu baris tiga di pojok kiri atas, masuk ke Settings, terus scroll sampai nemu Navigation Settings, habis itu pencet Avoid odd-even traffic fines. Beres, deh.

4. Shareloc, bang

Nggak cuma di aplikasi messenger seperti Telegram atau Whatsapp, di Google Maps kamu juga bisa share location. Caranya tinggal buka menu hamburger (garis tiga di pojok kiri atas), pilih ‘Location Sharing‘, tentukan durasi, dan tinggal pilih mau kamu bagikan lewat mana.

Mau lewat SMS? Bisa! Lewat aplikasi messenger atau DM Instagram? Juga bisa! Pilih saja pilihan More kalau mau shareloc via aplikasi.

5. Cari tempat wisata yang asoy, bang

Mau cari tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di daerah tertentu? Bisa juga kok. Ketika pertama kali buka Google Maps, arahkan ke daerah yang ingin kamu cari tahu, terus pencet menu Explore yang ada di bagian bawah. Setelah itu pilihapa kamu mau cari restoran, tempat wisata, gym, museum, perpustakaan, warkop, minimarket, sampai ATM yang ada di daerah tersebut. Praktis banget, ‘kan?

Mungkin itu dulu sih fitur tersembunyi dari Google Maps yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kalau kamu mengetahui fitur lain yang belum ada dalam daftar, jangan sungkan-sungkan buat dituliskan di kolom komentar ya.

- Advertisement -
Shares 6

Komentar:

Komentar