7 Trik Jadul yang Pasti Pernah Kamu Pakai waktu Masih Kecil, Sekarang pun Masih Berguna lho

Di bulan Februari tuh ada berapa hari sih?

:

Nggak semua hal yang ada di dunia ini butuh perhitungan rumit untuk ditemukan solusinya. Cara-cara simpel pun bisa jadi kunci yang kita butuhkan untuk memecahkan masalah.

Sayangnya, karena masalah umur, kita kadang lupa menggunakan “kunci” tersebut. Seperti 7 trik jadul ini, meski sangat mudah dipraktikkan, kita udah jarang menggunakannya. Contoh nyatanya, saya sendiri.

Coba deh ingat lagi trik-trik jadul yang sering diajarkan waktu kamu masih duduk di bangku SD.

1. Perkalian 6-9

via googleusercontent.com

Sebagian besar orang tentu bisa melakukan perkalian lebih dari 5 dengan mudah. Tapi, buat kamu yang lemah dalam berhitung, nggak perlu cemas saat menunggu uang kembalian dari penjaga warung! Nggak perlu juga buka-buka kalkulator. Daripada dipakai buat ngupil doang, manfaatkan jari-jari kamu dalam urusan berhitung.

2. Perkalian 11

via tipsiana.com

Perkalian 11 sih kelihatannya memang susah dilakukan secara manual. Padahal kamu cuma perlu menjumlahkan untuk menemukan hasilnya. Seperti contoh di atas misalnya. Gampang banget ‘kan?!

3. Mengukur sudut

via brightside.me

Mengukur sudut tuh susah-susah gampang. Kalau ada busur mah, pasti gampang banget. Urusan jadi rumit jika kamu nggak punya busur. Kecuali kalau kamu punya kemampuan membuat busur dari nol hanya dalam waktu kurang dari 3,5 menit. Tapi sayangnya, saya sendiri masih belum menemukan orang yang punya kemampuan sedahsyat itu.

Jadi solusinya praktisnya? Telapak dan jari tangan bakal sangat berguna. Kamu cuma harus membuka telapak tangan lebar-lebar: dari jari kelingking ke ibu jari, sudut yang terbentuk secara berurutan adalah 0, 30, 45, 60, dan 90.


4. Mengukur tanpa penggaris

via brightside.me

Mengukur tanpa penggaris sepertinya bukan sesuatu keniscayaan yang bisa terjadi di dunia fana ini. Tapi itu karena kamu lupa atau nggak tahu triknya.

Jika kamu melipat jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis, jarak yang akan terbentuk antara ibu jari ke kelingking adalah sekitar 20 cm. Sementara jari telunjuk dan ibu jari yang dibentangkan akan membentuk jarak sekitar 18 cm.

5. Menghitung jumlah hari dalam sebulan

via brightside.me

Susah menghafalkan jumlah hari dalam tiap bulan? Kamu wajib mencoba trik jadul ini. Cukup dengan mengepalkan tangan dan melihat pada buku-buku jari, kamu akan temukan jawabannya.

Setiap bagian yang menonjol menandakan bulan yang memiliki 31 hari, sedangkan bagian lekukan menandakan bulan yang berjumlah 30 hari. Yang sedikit berbeda adalah bagian bulan Februari yang berjumlah 28 atau 29 hari.

6. Uji kualitas baterai

via brightside.me

Untuk menguji sebuah baterai masih menyala atau nggak, kamu nggak perlu lagi AVOmeter. Setahu saya, jarang juga sih orang yang sengaja beli AVOmeter. Jumlahnya pasti kalah jauh sama orang yang sengaja beli kupat tahu petis.

Caranya sendiri gampang. Coba jatuhkan baterai 1 hingga 2 cm di atas meja. Baterai yang terguling menandakan bahwa isinya sudah kosong. Gampang banget ‘kan?

Keterlaluan deh kalau kamu sampai kesulitan.

7. Uji kualitas telur

via joanasrecipes.com

Kalau trik jadul yang satu ini mah, cocok banget buat anak kost biar nggak zonk. Apalagi buat kamu yang hobi nyimpen telur berlama-lama. Mau tahu cara membedakan telur yang masih bagus dengan yang tidak?

Gampang! Kamu cuma perlu memasukkan telur ke dalam air. Telur yang masih baik akan tenggelam dalam air, dan telur yang sudah terlalu lama disimpan akan mengambang.

Wah… Ternyata hal-hal di atas, meskipun jadul dan sederhana, masih berguna banget. Sayang, waktu masih SD jarang ada yang mengajarkan kita trik mendapatkan pacar hanya dalam dua hari. Kalau ada mah, nggak ada lagi jomblo yang tersiksa.

Eh, nggak tahu juga ya kalau anak SD zaman sekarang.

Komentar:

Komentar