5 Alasan Kenapa Kamu Harus Buktikan Efek Mendengarkan Musik Tiap Hari

Efeknya luar biasa

:

“Without music, life would be a mistake” – Nietzsche

Kalimat di atas, jika diterjemahkan memakai Gugel Translet, akan menjadi: “Tanpa musik, hidup akan menjadi suatu kesalahan.”

Perkataan Abang Nietzsche itu ada benarnya juga. Bayangkan skenario ini: kamu baru putus dengan si doi. Kegalauan pun melanda hati dan pikiran kamu. Buat sebagian besar orang, hal pertama yang bakal dilakukan buat menghibur diri salah satunya adalah mendengarkan musik. Ajaib! Setelah itu mood kamu pun berangsur-angsur membaik.

Kok bisa sih? Apa kira-kira yang membuat musik bisa mempengaruhi kita seperti itu?

Ternyata musik memang mempunyai hal-hal tertentu di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk manusia, khususnya kesehatan mental. Dilansir dari Lifehack, berikut adalah 5 hal yang menunjukkan the power of love music:

1. Membuat Orang Merasa Senang

via pexels.com

Bukan sekadar bikin senyum. Dari hasil penelitian, musik ternyata memang bisa mempengaruhi otak kita dengan membantu produksi hormon dopamin — hormon yang bisa bikin kamu merasa senang.

Kalau kamu memang tipe orang yang mendengarkan musik ketika bersedih, mendengar lagu upbeat yang memiliki melodi yang ceria pasti bisa bikin kamu tersenyum kembali sedikit demi sedikit.


2. Memperkuat Ingatan

Ada sebuah film dokumenter berjudul Alive Inside: A Story Of Music & Memory. Film itu menunjukan penelitian tentang manfaat musik pada pasien yang menderita Alzheimer dan demensia (pikun). Para pasien tersebut diberi terapi musik, dan hasilnya mereka memiliki respons yang baik pada musik yang mereka dengar, khususnya musik yang mereka sukai.

Selain itu, musik juga bisa membuat seseorang lebih pintar. Beberapa penelitian mengatakan kalau kamu memainkan musik klasik seperti Mozart, kamu bisa menjadi lebih pintar, khususnya di bidang kecerdasan verbal. Penelitian lain bahkan mengatakan bahwa orang yang memiliki pengalaman dengan musik punya nilai yang lebih tinggi pada ujian kognitif dibandingkan mereka yang tidak.

Wah, nggak nyangka musik bisa punya pengaruh seperti itu ya.

3. Menumbuhkan Semangat

via pexels.com

Kalau kamu sedang lari pagi dan mendengarkan musik yang bersemangat, kamu pasti terbawa bersemangat. Ternyata itu bukan tanpa alasan.

Riset yang dilakukan oleh Marcelo Bigliassi membuktikan bahwa pelari yang mendengarkan musik bertempo cepat (yang bisa membangun motivasi), kecepatan lari mereka pun akan meningkat. Hal sebaliknya terjadi ketika mereka berlari dengan musik yang menenangkan atau tanpa musik sama sekali.

4. Mengurangi Rasa Lapar

via pexels.com

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Georgia Tech University, kalau kamu mendengar musik lembut di tempat yang pencahayaannya agak redup, kalori yang ada di tubuh kamu akan berkurang. Kamu bahkan bisa lebih menikmati hidangan yang akan kamu makan lho.

Jadi, kalau kamu ingin menurunkan berat badan, daripada pusing memikirkan diet yang kadang-kadang nggak realistis dan justru kadang berbahaya. Coba cara ini deh.

Tapi olahraga harus tetap jalan. Mendengarkan musik doang nggak akan bikin berat badan turun drastis secara ajaib.

5. Membantu Penyembuhan

via pexels.com

Kayaknya kita semua tahu bahwa stres bisa membawa penyakit. Tapi stres bisa diturunkan dengan bantuan musik. Kok bisa? Ternyata musik juga membantu mengeluarkan hormon kortisol yang akan melawan efek dari stres.

Musik juga bisa mengurangi rasa sakit. Menurut penelitian dari Drexel University, terapi musik bisa membantu mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita kanker. Tapi musik yang dipilih harus yang menenangkan.

Selain itu, mendengarkan musik klasik sebelum tidur akan membuat kamu tertidur dengan lebih nyenyak. Jadi, kalau kamu susah tidur karena gelisah, coba dengarkan musik yang menenangkan.

Wah, selain jadi bahasa universal, musik ternyata punya banyak sekali manfaatnya ya. Apa kamu sudah pernah merasakan manfaatnya? Kalau belum, coba salah satu tips di atas dan buktikan sendiri. Selamat mencoba!

Komentar:

Komentar