Ingin Tetep Fit Selama Puasa? Nih 6 Tips Olahraga Saat Ramadan!

via philly.com

:

Puasa memang selalu diidentikkan dengan hemat energi. Tapi, ini bukan berarti kamu bisa males-malesan seharian dan ngelewatin olahraga gitu aja. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa juga harus menjadi fokus utamamu.

Olahraga saat Ramadan memang terlihat berat. Apalagi, kalau kamu nggak tahu tips dan triknya.

Nah, biar nggak kerasa berat lagi, intip deh 6 tips olahraga saat Ramadan. Siapa tahu bisa kamu praktekin bareng saudara di rumah.

1. Waktu tepat untuk berolahraga

via instagram.com/thesaaddaughter

Timing adalah bagian paling penting dalam hidup, termasuk menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan puasa.

Biar energimu nggak terkuras dan mengalami dehidrasi, sebaiknya kamu berolahraga menjelang waktu berbuka. Dengan begitu, energi dapat kembali terpenuhi saat berbuka.

Selain itu, kamu juga bisa berolahraga ringan setelah salat Tarawih atau menjelang sahur. Cara ini akan membuat tubuh tetap bugar tanpa dehidrasi atau kehilangan banyak energi.

2. Lakukan setelah hari ke-10

via http://kennedyfundinglendinglounge.com

7 sampai 10 hari pertama puasa adalah waktu untuk tubuh menyesuaikan jam makan. Kalau kamu biasanya makan jam 12 siang, tubuh juga akan merasa lapar pada jam-jam tersebut. Hal ini karena tubuh belum terbiasa menyimpan energi yang kamu dapatkan dari makan sahur.


Setelah 10 hari, tubuh biasanya sudah terbiasa dengan ritme baru ini. Kamu juga bisa memulai olahraga setelah 10 hari berpuasa.

3. Atur waktu sebaik mungkin

via shopify.com

Selama Ramadan, fokusmu tentu tertuju untuk beribadah. Tapi, pastikan kamu mengatur waktu dengan baik. Manajemen waktu yang baik akan membantumu menjaga energi selama berpuasa.

Ini juga akan membantumu menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga, apakah sebelum berbuka, setelah Tarawih, atau sebelum sahur.

4. Pilih olahraga yang tepat

via ohmymedia.cc

Sebelum Ramadan kamu mungkin melakukan olahraga untuk membentuk bagian-bagian tertentu tubuhmu, seperti perut, lengan, atau dada. Latihan-latihan ini biasanya cukup berat dilakukan selama puasa.

Untuk itu, kamu bisa memilih olahraga yang lebih ringan. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga kebugaran tubuh, bukan membentuk bagian tubuh tertentu.

5. Kenali kondisi tubuh

via philly.com

Olahraga saat Ramadan memang penting, tapi kamu juga harus tahu kondisi tubuhmu. Kalau memang merasa lemas atau kehabisan energi, jangan paksakan tubuh untuk berolahraga.

6. Jangan lewatkan sahur

via discountmantra.in

Bangun pukul 3 pagi memang sulit kalau kamu nggak terbiasa. Tapi, kamu tetap harus bangun untuk sahur. Sahur adalah jalan utama mengisi kebutuhan energi yang diperlukan untuk beraktivitas seharian.

Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang tepat. Usahakan menu makan sahur terdiri dari karbohidrat, protein, serat, lemak, dan vitamin. Ini akan membantumu menjaga kebugaran tubuh.

Kamu adalah orang yang paling tahu kondisi tubuhmu, kamu juga yang tahu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Kunci utamanya adalah jangan memaksakan diri dan temukan waktu yang tepat. Gampang kan?

Dinar Firda Rosa :Jangan lupa piknik!